PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWAKELAS IV SDN 09 BILAH HULU DESA N-3 AEK NABARAKEC. BILAH HULU KAB. LABUHANBATU

Authors

  • AYUB BAHARUNA STITA
  • sahbuki ritonga
  • ali sadikin
  • jupriaman

DOI:

https://doi.org/10.58822/tbq.v8i2.187

Keywords:

peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

Abstract

Masalah pokok penelitian ini adalah sejauh mana peran dan pengaruh guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN 09 Bilah Hulu Desa N- 3 Aek Nabara Kab. Labuhan Batu. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahi sejauh mana metode yang guru gunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN 09 Bilah Hulu Desa N-3 Aek Nabara Kab. Labuhan Batu.

Penelitian ini bertujuan tuntuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN 09 Bilah Hulu Desa N-3 Aek Nabara Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu. Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini 1. Bagaimana peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV di SDN 09 Bilah Hulu Desa N-3 Aek Nabara Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu. 2 Bagaimana motivasi belajar siswa kelas IV di SDN 09 Bilah Hulu Desa N-3 Aek Nabara Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskripstif, penelitian yang mendeskripsikan kejadian yang bersumber pada kejadian alamiah di lokasi penelitian dilaksanakan.

Penelitian ini dilaksanakan di SDN 09 Bilah Hulu Desa N-3 Aek Nabara Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Motivasi belajar pada siswa SDN 09 Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu perlu ditingkatkan, karena ada beberapa faktor yang menyebabkan siswa kurang bersemangat untuk belajar diantaranya kondisi pengelolaan kelas, penyampaian motivasi yang kurang, penyampaian materi yang kurang menarik, siswa yang masih gemar untuk bermain dan dikarenakan umur yang masih sangat muda perlu perlakuan khusus agar semangat dalam belajar siswa meningkat.

References

Ahmadi, Abu &Trijoko,2013, Strategi Belajar Mengajar,Bandung:Pustaka Setia. Amini, 2012 Profesi keguruan, Medan: Perdana Publishing.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia,Jakarta: Balai Pustaka

Leli Hasanah Lubis, Proses Pembentukan Akidah Dan Akhlak Pada Siswa Sekolah Dasar Alam Sahara, Tarbiyatul Bukhary, Jurnal Pendidikan, Agama Dan Sains, VI.1.

Lexy J. Moleong,2012 Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

Maruf Cahyono,2015,Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 194.Jakarta: Marja.

Muhammad Nurdin, 2015, Kiat menjadi guru profesional, Yogyakarta:Prisma Shopie Yogyakarta.

Purwa Atmaja Prawira,2013,Psikologi Pendidikan dalam Perspektif baru.Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Rulam Ahmadi, 2014, Pengantar pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Rusman, 2017, Model-Model pembelajaran mengembangkan profesionalismegur, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Supriadi,2014, Kinerja Guru, Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.

Syamsul Kurniawan,2013, Pendidikan karekter konsep & Implementasinya secara terpadu dilingkungan keluarga, sekolah, perguruan tinggi & masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sardiman, 2013, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pres.

Salim dan Syahrum, 2016, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Citapustaka Media

Sugiyono,2015, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Nomor. 14. Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen.

Wahyudin Nur Nasution,2015, Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI), Medan: Perdana Publishing.

Wina Sanjaya, 2015, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Published

25-12-2024

How to Cite

AYUB BAHARUNA, sahbuki ritonga, ali sadikin, & jupriaman. (2024). PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWAKELAS IV SDN 09 BILAH HULU DESA N-3 AEK NABARAKEC. BILAH HULU KAB. LABUHANBATU. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 8(2). https://doi.org/10.58822/tbq.v8i2.187