Kompetensi Profesional Guru Dalam Meningkatkan Etos Belajar Dan Kreativitas Siswa Di SMP Sains Tebuireng
Keywords:
Kompetensi, Profesional Guru, Etos Belajar, Kreativitas SiswaAbstract
Kompetensi profesional guru merupakan aspek krusial dalam proses pendidikan, mencakup penguasaan materi ajar, strategi pembelajaran, dan pemahaman karakteristik siswa. pentingnya peran guru sebagai faktor penentu keberhasilan proses pembelajaran, terutama dalam membentuk semangat belajar dan mendorong daya cipta siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan, mendeskripsikan, dan menganalisis (1) Etos belajar dan kreativitas siswa di SMP Sains Tebuireng (2) Kompetensi guru dalam meningkatkan etos belajar dan kreativitas siswa di SMP Sains (3) faktor pendukung dan penghambat kompetensi guru dalam meningkatkan etos belajar dan kreativitas siswa di SMP Sains. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini diperoleh melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru yang profesional mampu menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif, menyenangkan, dan bermakna. Guru tidak hanya menguasai materi pelajaran, tetapi juga memahami karakteristik siswa serta mampu menyesuaikan metode pengajaran untuk merangsang kreativitas dan membangun motivasi belajar. Faktor pendukung keberhasilan guru antara lain pelatihan rutin, kedisiplinan, dan komunikasi efektif, sedangkan faktor penghambatnya mencakup keterbatasan waktu, administrasi yang memberatkan, serta kurangnya inovasi pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa kompetensi profesional guru berkontribusi signifikan terhadap peningkatan etos belajar dan kreativitas siswa, sehingga perlu ditingkatkan secara terus-menerus melalui pengembangan keprofesian berkelanjutan.
References
Afriadi, P., & Aulia, S. M. (2022). Analisis Peran Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Seni Budaya di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Seni.
Ahmad Tanzeh, Metodologi Penelitian Praktis (Yogyakarta: Teras, 2011).
Amanita, N. (2021). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring Akuntansi Keuangan. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta
Arifin. (1995). Kapita selekta pendidikan (Islam dan umum). Jakarta: Bumi Aksara.
Arnild Augina Mekarisce, “Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat,” JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat 12, no. 3 (2020):.
Djarwo. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Universitas PGRI Semarang
Efendy, & Rini. (2021). Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kreatif dan Inovatif untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Fitri, D. A. N., & Suryana, D. (2022). Pembelajaran STEAM dalam mengembangkan kemampuan kreativitas anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai.
Hamid, A. (2020). Analisis Keterampilan Profesional Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(2).
Hosna, R. (2024). Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMP Sains Tebuireng Jombang. JMPI: Jurnal Manajemen, Pendidikan dan Pemikiran Islam.
http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU14-2005GuruDosen.pdf diakses 28 April 2025
https://sipuu.setkab.go.id/PUUdoc/7308/UU0202003.htm diakses 28 April 2025
John W. Creswell, Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2014).
Kemendikbudristek. (2025). Profil Pelajar Pancasila sebagai capaian Kurikulum Merdeka. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/
Kunandar. (1996). Guru profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan persiapan menghadapi sertifikasi guru. Jakarta: Elsas.
Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif.
Masfufah, S. (2022). Perkembangan Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Pionir.
Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Rosda, tp).
Ndraha, T. (1988). Manajemen perguruan tinggi. Jakarta: Bumi Aksara.
nuning Pratiwi, “Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi,” Jurnal Ilmiah DInamika Sosial 1 (2017).
Rahmawati, S., & Astuti, D. (2024). Peran Tenaga Pendidik dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di Era Kurikulum Merdeka. Sinar Dunia.
Sardiman, A. M. (2021). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Saud, U. S. (2009). Pengembangan profesi guru. Bandung: CV Alfabeta.
Sidiq, U., & Khoirussalim. (2021). Kepemimpinan pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya
Sinamo, J. (2008). Etos kerja profesional: Navigator Anda menuju sukses. Jakarta: PT Spirit Mahardika
Siregar, H. T. (2024). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar dalam pembelajaran PAI. Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2(2).
Sitepu, A. (2019). Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Video Digital. Jurnal Factum,.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeteis, 2015).
Sukenti, S. (2020). Kreativitas Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Thariqah.
Supriatna, N., & Maulidah, N. (2020). Pedagogi Kreatif. Bandung: UPI Press.
Tarich Yuandana. (2023). Teori dan Praktik: Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Madiun: CV Bayfa Cendekia Indonesia.
Tasmara, T. (2002). Membudayakan etos kerja Islam. Jakarta: Insan Press
Tobroni, M. (2015). Belajar dan pembelajaran: Teori dan praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Winarno Surakhmad, Pengatar Penelitian Ilmiah Dasar Metode Tehnik, (Bandung: Tarsito, 1990),
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alwan Khoiri, Rofiatul Hosna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International