Hubungan Antara Literasi Digital, Kompetensi Guru, Dukungan Orang Tua, Dan Prestasi Akademik Siswa Kelas V MIN 2 Labuhanbatu

Authors

  • Dwina Putri STIT Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Daroe Iswatiningsih Universitas Muhammadiyah Malang
  • Syamsul Arifin Universitas Muhammadiyah Malang
  • Syanti Ericka Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.58822/tbq.v9i1.268

Keywords:

Literasi Digital, Prestasi Akademik, Siswa Sekolah Dasar, Pembelajaran Digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran literasi digital dalam meningkatkan prestasi akademik siswa kelas V MIN 2 Labuhanbatu. Menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, penelitian melibatkan siswa, guru, dan orang tua melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar, kemampuan berpikir kritis, serta pencapaian akademik siswa. Faktor pendukung utama meliputi kompetensi guru dalam penggunaan teknologi, dukungan orang tua, dan ketersediaan fasilitas digital. Namun, tantangan seperti keterbatasan infrastruktur dan kurangnya pelatihan literasi digital bagi guru dan orang tua masih perlu diatasi. Penelitian ini merekomendasikan penguatan literasi digital melalui pelatihan berkelanjutan, peningkatan fasilitas teknologi, dan integrasi kurikulum berbasis digital untuk mendukung pembelajaran yang lebih efektif di era globalisasi.

References

Amin, I. M. (2020). Peran literasi digital dalam meningkatkan pembelajaran pendidikan agama islam di kelas XI IIS 01 SMAI AL Maarif Singosari Malang.

Andriyani, F. M., Sembiring, M. G., & Prastati, T. (2024). Efektivitas E-Book dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Ditinjau dari Literasi Digital Sebagai Upaya Pemulihan Learning Loss (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(1), 297-311.

Imam Ghozali. 2006. Structuran Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Judijanto, L. (2024). Analisis Pengaruh Tingkat Literasi Digital Guru dan Siswa terhadap Kualitas Pembelajaran di Era Digital di Indonesia. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 2(02), 50-60.

Kusuma, P. S. B., & Ixfina, F. D. (2023). Learning Society Berbasis Literasi Digital Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Menuju Era 5.0 (Studi Kasus di MI Riyadlotul Uqul Kediri). Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(2), 255-267.

Nasution, I. A., Putri, D. P. D., & Munthe, M. Z. (2024). Potential And Challenges Of Implementing ArtificialIntelligence In The Field Of Education: Potensi Dan Tantangan Penerapan Artificial Intelligence Dalam Bidang Pendidikan. Zeniusi Journal, 1(1).

Putri, S. R., & Ahmadi, F. (2023). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Literasi Digital, Minat Baca dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 7(3), 446-455.

Resti, R., Wati, R. A., Ma’Arif, S., & Syarifuddin, S. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sebagai Alat Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(3), 1145-1157.

Ristanti, I., Insani, S. M., & Muslihin, H. Y. (2024). Peran Literasi Digital Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 4812-4821.

Saputra, I. A., Ramadhani, A., Khairunnisa, M. Z., & Ainiyah, N. (2024). Pengaruh Literasi Digital terhadap Prestasi Akademik Siswa Menengah Atas. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 25–31. https://doi.org/10.58706/jipp.v3n1.p25-31

Sari, D. N., & Alfiyan, A. R. (2023). Peran adaptasi game (gamifikasi) dalam pembelajaran untuk menguatkan literasi digital: Systematic literature review. Upgrade: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 43-52.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D Bandung: CV Alfabeta

Syerlita, R., & Siagian, I. (2024). Dampak Perkembangan Revolusi Industri 4.0 Terhadap Pendidikan Di Era Globalisasi Saat Ini. Journal on Education, 7(1), 3507-3515.

Yuniarto, B., & Yudha, R. P. (2021). Literasi digital sebagai penguatan pendidikan karakter menuju era society 5.0. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(2).

Zahra, K. L., & Ritonga, S. A. (2024). The Role of Teachers in Instilling Student Character Through Digital Literacy in The Society 5.0 Era: Peran Guru Dalam Menanamkan Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Di Era Masyarakat 5.0. Zeniusi Journal, 1(2), 44-54.

Downloads

Published

11-06-2025

How to Cite

Dwina Putri, Daroe Iswatiningsih, Syamsul Arifin, & Syanti Ericka. (2025). Hubungan Antara Literasi Digital, Kompetensi Guru, Dukungan Orang Tua, Dan Prestasi Akademik Siswa Kelas V MIN 2 Labuhanbatu . Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 9(1). https://doi.org/10.58822/tbq.v9i1.268