IMPLEMENTASI PERKEMBANGAN BERBAHASA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI PAUD MIFTAHUL ILMI DESA TEBING LINGGAHARA

Penulis

  • Soybatul Aslamiah Ritonga STIT Al-Bukhary Labuhanbatu

Kata Kunci:

bahasa, metode bercerita

Abstrak

Perkembangan berbahasa anak usia dini melalui metode bercerita di PAUD
Miftahul Ilmi Tebing Linggahara. Perkembangan berbahasa (linguistic) adalah
pengolahan kata secara efektif, lisan maupun tulisan yang dikembangkan. Tujuannya
adalah menjadi komunikasi, memperluas wawasan dan intelektual dan dapat
membantu anak untuk bersosialisasi yang baik dengan lingkungan sekitar anak.
Motode bercerita adalah salah satu usaha yang dilakukan untuk mengembangkan
berbahasa pada anak usia dini. Oleh sebab itu, maka diangkat permasalahan pada
penelitian ini yaitu perkembangan berbahasa anak usia dini melalui metode bercerita
di PAUD Miftahul Ilmi Desa Tebing Linggahara. Jenis penelitian yang digunakan
dalam menjawab penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian siswa
dengan jumlah 44 anak kelompok B dan guru sebanyak 4 orang, teknik pengumpulan
data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah
perkembangan metode bercerita sudah berkembang pada anak usia dini. Dalam
pelaksanaan guru sudah optimal dalam menggunakan metode bercerita. Analisis
data kualitatif bersifat induktif yaitu suatu analisis berdasarkan data yang diperoleh,
kemudian dikembangkan.

Diterbitkan

2022-12-09

Cara Mengutip

Soybatul Aslamiah Ritonga. (2022). IMPLEMENTASI PERKEMBANGAN BERBAHASA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI PAUD MIFTAHUL ILMI DESA TEBING LINGGAHARA . Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 5(2). Diambil dari https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/70

Terbitan

Bagian

Articles