PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA GENERASI QUR’ANI UJUNG BANDAR

Authors

  • Uswatun Hasanah Masra Tangse STIT Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Soybatul Aslamiah STIT Al-Bukhary
  • Ade Irmayani Pasaribu Mahasiswa PIAUD

DOI:

https://doi.org/10.58822/tbq.v6i2.89

Keywords:

Keywords: metode bercerita, kemampuan bahasa, anak usia dini

Abstract

Abstract—Abstrak
Pemerolehan Bahasa pada anak usia dini yaitu dimulai dari pendengaran
Bahasa di lingkungan anak. Perkembangan Bahasa merupakan kemampuan
anak dalam memperoleh kata secara efektif baik secara lisan maupun tulisan.
Perkembangan Bahasa juga membantu anak untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar dengan baik. Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan Bahasa
anak usia dini yaitu melalu metode bercerita. Penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan Bahasa anak usia
4-5 tahun di RA Generasi Qur’ani Ujung Bandar. Penelitian inni menggunakan
pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Teknik
pengumpulan datanya menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang diterapkan dalam uji hipotesis penelitian ini adalah menggunakan uji
– t dengan dibantu aplikasi program SPSS 20.0. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa terdapat pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan Bahasa anak usia
4-5 tahun. Metode bercerita juga dapat menjadi salah satu acuan orangtua untuk
membuat kegiatan bermain dirumah yang menarik.

Downloads

Published

24-12-2022

How to Cite

Uswatun Hasanah Masra Tangse, Soybatul Aslamiah, & Ade Irmayani Pasaribu. (2022). PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA GENERASI QUR’ANI UJUNG BANDAR. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 6(2). https://doi.org/10.58822/tbq.v6i2.89