Implementasi Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi Pada Mata Pelajaran PAI di SMA Trensains Tebuireng Jombang

Penulis

  • Anjir Faghnawy Achmada Universitas Hasyim Asy'ari
  • Fitria Muktisari Universitas Hasyim Asy’ari Jombang, Indonesia
  • Della Elya Kuswati Universitas Hasyim Asy’ari Jombang, Indonesia
  • Daud Universitas Hasyim Asy’ari Jombang, Indonesia
  • Rofiatul Hosna Universitas Hasyim Asy’ari Jombang, Indonesia

Kata Kunci:

Metode Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Teknologi, Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Penelitian ini berfokus pada penerapan metode pembelajaran berbasis teknologi dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Trensains Jombang. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan (1) implementasi, (2) faktor pendukung dan penghambat, serta (3) efektivitas penggunaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan subjek penelitian yaitu guru PAI dan siswa kelas XI, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran berbasis teknologi diimplementasikan melalui penggunaan media seperti video, Canva, Quizizz, dan Google Form. Media ini membuat pembelajaran lebih interaktif, kontekstual, dan menarik, serta sesuai dengan gaya belajar siswa yang beragam, (2) faktor pendukung penerapan meliputi fasilitas laboratorium komputer, akses internet, antusiasme siswa terhadap teknologi, dan kolaborasi guru melalui forum MGMP. Sementara itu, hambatan yang ditemukan adalah keterbatasan perangkat, gangguan jaringan, serta perlunya pengawasan intensif agar siswa tetap fokus, (3) secara keseluruhan, pembelajaran berbasis teknologi di SMA Trensains Jombang efektif meningkatkan partisipasi, motivasi, dan kemampuan berpikir kritis siswa. Selain itu, penerapan ini menjadikan pembelajaran lebih hidup, relevan, serta aplikatif, terutama dalam memperdalam nilai-nilai keislaman yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Referensi

Fauzan, M., Sulaeman, M., & Soraiya, S. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran Terahadap Minat Belajar Peserta Didik Studi Survei di SMK Bina Pangudi Luhur. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12862–12869.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (36th ed.). Remaja Rosdakarya.

Munawir, & Juwanti, R. D. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Karakter Generasi Milenial. Qiro’ah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 14(1), 90–96.

Nursyam, A. (2019). Peningkatan minat belajar siswa melalui media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(1), 811–819.

Piqriani, Y. N., & Amin, A. (2023). Inovasi pembelajaran PAI berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2559–2565.

Rasyid, R., Fajri, M. N., Wihda, K., Ihwan, M. Z. M., & Agus, M. F. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Basicedu, 8(2), 1278–1285.

Saputra, I. (2016). Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Minat Belajar Mandiri Siswa SMK. E-Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif-S1, 12(2).

Sugiyono, P. D. (2018). Quantitative, qualitative, and R&D research methods. In ALFABETA.

Susilawati, E., Pratiwi, G. R., & Abdullah, I. (2021). Peran pendidikan dalam kemajuan peradaban bangsa. Online Prosiding Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 1(1), 62–76.

Suyuti, H. (2021). Teknologi pembelajaran pai. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 68–73.

Waluyo, B. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis ICT. JURNAL AN-NUR: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 7(02), 229–250.

Yulianti. (2021). Pentingnya pendidikan karakter untuk membangun generasi emas indonesia. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 28–35.

Zahra, A., Syachruroji, A., & Rokmanah, S. (2023). Meningkatkan minat belajar peserta didik melalui media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 22649–22657.

Zaidah, A., Hidayatulloh, A., Mahariyanti, E., Irwansah, I., Prayunisa, F., Azizi, A., Rasyidi, M., Muttaqin, M. Z. H., & Muhsinun, M. (2023). Pentingnya Pendidikan Dalam Rangka Membangun Motivasi Pelajar Untuk Melanjutkan ke Jenjang Perguruan Tinggi. DEVOTE: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(2), 163–166.

Diterbitkan

2025-09-20

Cara Mengutip

Faghnawy Achmada, A., Fitria Muktisari, Della Elya Kuswati, Daud, & Rofiatul Hosna. (2025). Implementasi Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi Pada Mata Pelajaran PAI di SMA Trensains Tebuireng Jombang. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 9(2). Diambil dari https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/389