Pengembangan Model Pendidikan Islam Berbasis Literasi Digital Untuk Generasi Alpha Di Indonesia

Authors

  • Sudirman Sudirman Universitas Battuta Medan
  • Leli Hasanah Lubis Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-bukhary Labuhanbatu
  • Ali Sadikin Ritonga Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-bukhary Labuhanbatu
  • Khoirun Nisak Sekolah Tinggi Agama Islam Tapanuli Padangsidimpuan
  • Cynthia Sekolah Tinggi Agama Islam Samora Pematangsiantar

Keywords:

Generasi Alpha, Literasi Islam, Pendidikan Islam, Teknologi Digital, Media Pembelajaran, Kompetensi Guru

Abstract

Generasi Alpha, yang lahir sejak tahun 2010 ke atas, tumbuh dalam era digital dengan kemampuan teknologi yang tinggi dan gaya belajar visual-interaktif. Mereka memiliki kecepatan dalam mengakses informasi, namun juga menghadapi tantangan seperti rentang perhatian yang pendek dan risiko paparan konten digital tanpa bimbingan moral. Literasi Islam pada generasi ini menjadi perhatian utama karena mudah terpapar konten yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Islam, sementara media pembelajaran Islam berbasis teknologi masih sangat terbatas. Kurangnya pendampingan dari orang tua dan keterbatasan kompetensi guru dalam penggunaan teknologi semakin memperburuk kondisi ini. Penelitian ini bertujuan untuk memahami fenomena rendahnya literasi Islam di kalangan Generasi Alpha serta merancang model pendidikan Islam berbasis teknologi yang efektif dan relevan dengan karakteristik mereka. Metode kualitatif deskriptif digunakan dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi pada guru Pendidikan Agama Islam, orang tua, dan siswa di tingkat Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Hasil penelitian menunjukkan perlunya pengembangan media pembelajaran digital interaktif, peningkatan kompetensi guru dalam teknologi, serta sinergi antara sekolah, orang tua, dan lingkungan sosial digital untuk meningkatkan literasi Islam secara efektif dan berkelanjutan.

References

Alvizar, Alvizar, ‘Pola Modern Organisasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam’, Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 4.2 (2023), pp. 115–30

Desmufita Sari, Dian, ‘Mendidik Generasi Alpha Dalam Membangun Sikap Mandiri, Sosial Dan Tanggung Jawab’ (Iain Bengkulu, 2020)

Gusli, Ramadhoni Aulia, and others, ‘Inovasi Kurikulum Pendidikan Islam Era 4.0 Di MTsN 1 Pariaman’, Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5.1 (2024), pp. 77–88

Iksan, Iksan, ‘Analisis Implementasi Kurikulum Kecakapan Dasar Keagamaan (KDK) Dalam Meningkatkan Ketaatan Beribadah Siswa SMPN 2 Mojokerto’, in Proceedings of Annual Islamic Conference for Learning and Management, 2024, I, pp. 311–27

Isti’ana, Ais, ‘Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam’, Indonesian Research Journal on Education, 4.1 (2024), pp. 302–10

Khoiriah, Beta Hana, Sutarto Sutarto, and Deri Wanto, ‘Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Bagi Peserta Didik Di Ra Tunas Literasi Qur’ani’ (Institut Agama Islam Negeri Curup, 2023)

Kurniawan, Fajar Fahrozi, and others, ‘Mengintegrasikan Teori Pembelajaran Konstruktivis Melalui Teknologi Digital Dalam Pendidikan Islam’, Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 16.1 (2024), pp. 82–89

Lubis, Sri Mentari, ‘Problematika Pendidikan Agama Islam Anak Generasi Alfa Dalam Keluarga Di Kampung Jawa Kelurahan Wek IV Kecamatan Padangsidimpuan Utara’ (IAIN Padangsidimpuan, 2021)

Putri, Nur Amalia, and Fatkhur Rohman, ‘Evaluasi Dampak Program Literasi Al-Qur’an Terhadap Penguatan Karakter Religius Siswa Sekolah Menengah Pertama’, Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10.1 (2024), pp. 766–78

Rafsanjani, Toni Ardi, and Muhammad Abdur Razaq, ‘Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Terhadap Perkembangan Anak Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kriyan Jepara’, Profetika: Jurnal Studi Islam, 2019, pp. 16–29

Ramadhan, Muhammad Rizky, ‘Strategi Penanaman Pendidikan Karakter Generasi Alpha Perspektif Pendidikan Islam Dan Psikologi’, Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel), 10.2 (2024)

Rusmiatiningsih, Rusmiatiningsih, and Okky Rizkyantha, ‘Analisis Karakteristik Literasi Generasi Alpha Dan Implikasinya Terhadap Layanan Perpustakaan’, Tik Ilmeu: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 6.2 (2022), pp. 295–306

Salsabilah, Hanun, Faridi Faridi, and Dina Mardiana, ‘Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Melalui Forum Keputrian: Studi Di Madrasah Aliyah Bilingual Batu’, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8.4 (2023), pp. 2482–90

Sirajuddin, Sirajuddin, Buku Literasi Moderasi Beragama Di Indonesia (Penerbit. Zigie Utama, 2020)

Sulaeman, A, Darodjat Darodjat, and M Makhrus, ‘Information and Communication Technology Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, 2020, pp. 81–95

Utari, Anggie Sri, Misra Nova Dayantri, and Fatma Yulia, ‘Konsep Metodologi Pendidikan Islam Klasik Dan Relevansinya Dengan Masa Modern’, Reflektika, 19.1 (2024), pp. 141–70

Utomo, Edi, and Miftahir Rizqa, ‘Merdeka Belajar Dan Pendekatan Holistik: Pendidikan Islam Yang Terintegrasi’, Instructional Development Journal, 7.1 (2024), pp. 225–34

Wati, Kardila, ‘Kontribusi Pesantren Dalam Menghadapi Generasi Alpha Dan Tantangan Dunia Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0’ (IAIN Bengkulu, 2021)

Downloads

Published

26-07-2025

How to Cite

Sudirman, S., Leli Hasanah Lubis, Ali Sadikin Ritonga, Khoirun Nisak, & Cynthia. (2025). Pengembangan Model Pendidikan Islam Berbasis Literasi Digital Untuk Generasi Alpha Di Indonesia. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 9(2). Retrieved from https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/288