Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa SMK Negeri 9 Medan
Kata Kunci:
Pendidikan Agama, Karakter SiswaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana implementasi pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter siswa di SMK 9 Medan, bentuk-bentuk kegiatan yang mendukung, faktor pendukung dan penghambat serta dampak nyata yang terlihat dalam perilaku siswa. (a) berdasarkan hasil observasi sementara di SMK 9 Medan, bahwa sekolah ini telah melakukan upaya yang signifikan dalam membentuk karakter siswa melalui Pendidikan Agama Islam, program-program religius seperti salat dhuha, dan dzuhur berjamaah, pembacaan Al-QUR’AN, dan kegiatan ekstrakulikuler keagamaan seperti rohis telah menjadi wadah pembentukan karakter siswa yang berlandaskan niali-nilai Islami. Namun, masih terdapat juga beberapa tantangan yang di hadapi dalam prosses pembinaan karakter secara menyeluruh, seperti perbedaan latar belakang sosial dan budaya siswa, kurangnya peran serta orang tua, pengaruh lingkungan pergaulan, serta keterbatasan waktu dan tenaga pengajar. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang tepat dan dukungan dari berbagai pihak untuk meningkatkan efektivitas pembinaan karakter siswa di SMK 9 Medan. (b) penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan akan di analisis untuk mengetahui bagaimana peran pembelajaran PAI serta orang tua dalam pembinaan akhlak, dan pengaruh lingkungan pergaulan, serta keterbatasan waktu dan tenaga pengajar menjadi kendala yang kerap di hadapi dalam proses pembinaan karakter secara menyeluruh.
Referensi
Bahasa, T. P. K. P. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia (A. J. Purnamasari (Ed.); Ketiga). Balai Pustaka. https://elibrary.bsi.ac.id/readbook/206204/kamus-besar-bahasa-indonesia
Hasrian Rudi Setiawan, D. A. (2021). Menjadi Pendidik Profesional. In Umsu Press.
Langeveld, M. J. (1949). Beknoptemtheoretische Paedagogiek (Pertama (ed.)). https://balaiyanpus.jogjaprov.go.id/opac/detail-opac?id=294268
Lickona, T. (2004). Character Matters How To Help Our Children Develop Good Judgment, Integrity And Other Essential Virtues (C. Wearthersbee (Ed.); Pertama). Simon & Schuster. https://books.google.co.id/books?id=DydVrHfRf3IC&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
LICKONA, T. (2016). Character Matters = Persoalan Karakter : Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas, dan Kebajikan Penting Lainnya (P. P. UNJ (ed.); KE EMPAT). PT Bumi Aksara. http://digitallib.pps.unj.ac.id/index.php?p=show_detail&id=93580&keywords=
Manshuruddin, Rozana, S., & Abrianto, D. (2019). Character Education in Modern Islamic Boarding Schools: a Model From Indonesia. European Journal of Social Sciences Studies , 4(4), 174–184. https://doi.org/10.5281/zenodo.3382110
Muis, M. A., Pratama, A., Sahara, I., Yuniarti, I., & Putri, S. A. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Bangsa di Era Globalisasi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(7), 7172–7177. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.4872
Muslich, M. (2022). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional (D. N. Sutini (Ed.); Pertama). Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=o_uRpwAACAAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
Nofiaturrahmah, F. (2017). Pendidikan Karakter yang Menyenangkan (Studi di PAUD Shofa Azzahro). ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 181. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2357
Sitompul, D. A. dan H. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dan Sikap Inovatif Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 1 No 1(ISSN: 2407-7488), 50–62. https://doi.org/https//doi.org/10.24114/jtikp.v1/1.1869
Tafsir, A. (2014). Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam (R. Rosdakarya (ed.); pertama). Remaja Rosdakarya. https://dpk.kepriprov.go.id/opac/detail/3nh5b
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Selly Syafitri, Danny Abrianto

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International