Pengaruh Media Sosial Islami Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Madrasah Tsanawiyah Di Labuhanbatu Sumatera Utara
DOI:
https://doi.org/10.58822/tbq.v9i1.273Keywords:
Media Sosial Islami, Pembentukan Karakter, Siswa Madrasah Tsanawiyah, Religiositas, Literasi Digital, Pendidikan Karakter, Islam Moderat, Pendidikan NonformalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media sosial Islami terhadap pembentukan karakter siswa Madrasah Tsanawiyah di Indonesia. Media sosial, yang menjadi salah satu platform paling populer di kalangan remaja, berpotensi besar dalam membentuk nilai dan perilaku siswa, terutama dalam aspek religiusitas dan kepribadian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) pada sejumlah siswa di beberapa madrasah di Labuhanbatu Sumatera Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial Islami memberikan dampak yang signifikan dalam pembentukan karakter siswa, terutama dalam hal peningkatan religiusitas, kedisiplinan, tanggung jawab, dan kejujuran. Siswa yang secara aktif mengakses konten Islami di media sosial cenderung menunjukkan perilaku yang lebih baik di lingkungan madrasah dan kehidupan sehari-hari. Meskipun demikian, hasil penelitian juga mengungkapkan tantangan terkait dengan rendahnya literasi digital keagamaan di kalangan siswa, serta potensi paparan terhadap konten yang tidak moderat atau menyesatkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media sosial Islami dapat berfungsi sebagai alat yang efektif untuk pembentukan karakter siswa Madrasah Tsanawiyah, dengan syarat adanya bimbingan yang tepat dari guru dan orang tua dalam mengarahkan siswa untuk mengakses dan memanfaatkan konten yang sesuai dengan nilai-nilai Islam yang moderat dan damai. Oleh karena itu, penting bagi madrasah dan keluarga untuk bekerja sama dalam memanfaatkan potensi media sosial Islami secara positif dalam mendukung pendidikan karakter siswa.
References
Aini, S., & Santosa, B. (2023). Pengaruh Dzikir Terhadap Kesehatan Mental Santri di MTs Terpadu Pondok Pesantren Haji Abdul Karim Syu’aib. Journal of Educational Management and Strategy, 2(1), 11–20. https://doi.org/10.57255/jemast.v2i1.224
Mildawati, T., & Tangngareng, T. (2023). Jenis-Jenis Pendidikan (Formal, Nonformal Dan Informal) Dalam Perspektif Islam. Vifada Journal of Education, 1(2), 01–28. https://doi.org/10.70184/w33a8b87
Nidaurrohmah. (2025). Peran Konselor Sekolah Dalam Membantu Siswa Menentukan Pilihan Studi Lanjut. Jurnal Ilmu Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 7–13. https://doi.org/10.70134/bikoling.v2i1.342
Nurhabibi, N., Arifannisa, A., Ismail, D., Kuswandi, D., Anggraeni, A. F. D. G., & Aji, Y. A. (2025). Strategi Lembaga Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di Era Digital. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi, 5(2).
Ridho, H. N., Kosim, A., & Abidin, J. (2024). Peran Budaya Sekolah Dalam Membangun Karakter Islami di Madrasah Tsanawiyah Hasanah Fathimiyah Cikarang. Indonesian Research Journal on Education, 4(1), 240-245.
Romli, M., & Sofa, A. R. (2025). Integrasi Al-Qur’an dan Al-Hadits dalam pengembangan pendidikan Islam di Madrasah Tsanawiyah Thoiyyib Hasyim Jorongan Leces Probolinggo: Tantangan dan peluang dalam menyongsong era digital dan globalisasi. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 127-139.
F.X Susanto. (2022). Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Mutu Lulusan Siswa Di Sekolah Satuan Pendidikan Kerjasama. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 315–322. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i4.379
Rahmatullah, F. M., Maulana, M. Z., & Mahbubi, M. (2025). Internalisasi Nilai-Nilai Akidah Dalam Pembelajaran Qur'an Hadis Untuk Meningkatkan Karakteristik Siswa Madrasah Tsanawiyah. Spectrum: Journal of Islamic Studies, 1(1).
Rosyidah, A. N., & Ismeirita, I. (2023). Analisis Penggunaan Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik (Studi Kasus Di Smpn 20 Bekasi). Research and Development Journal of Education, 9(1), 34-44.
Rusydi, I. (2021). Penguatan pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di Madrasah. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 7(1), 75-83.
Rifai, A., Jamali, J., & Juanda, A. (2024). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Kebangsaan dan Keagamaan sebagai Upaya Pembentukan Akhlak Di Lingkungan Sekolah (Study Kasus di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Indramayu). Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 7340-7351.
Setiawan, H., & Darmastuti, R. (2021). Strategi Komunikasi Radio Suara Salatiga Dalam Upaya Mendapatkan Loyalitas Pendengar Di Era Digital (Studi Konvergensi Media Dengan Pendekatan Budaya Lokal). Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 13(2), 159–174. https://doi.org/10.23917/komuniti.v13i2.14089
Yesya Vatria Barasa, Ayu Nurmala, Reva Fisalsabila, Deswita Fitriyani, Ariani Galuh Pangastuti, & April Laksana. (2024). Pengaruh Human Relations Terhadap Interaksi & Perilaku Remaja di Media Sosial. Konsensus : Jurnal Ilmu Pertahanan, Hukum Dan Ilmu Komunikasi, 1(6), 166–173. https://doi.org/10.62383/konsensus.v1i6.480
Yazidul Busthomi. (2020). Kepemimpinan Kiai dalam Mengembangkan Kurikulum Pendidikan di Pondok Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 93–110. https://doi.org/10.37286/ojs.v6i1.69
Zalsabella P, D., Ulfatul C, E., & Kamal, M. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Nilai Karakter dan Moral Anak di Masa Pandemi. Journal of Islamic Education, 9(1), 43–63. https://doi.org/10.18860/jie.v9i1.22808
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yuli Yani, Abdullah, Syahruddin Damanik, Siti Aminah Hasibuan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International