Pengembangan E-Modul Pembelajaran Berbasis Web-Based Interactive Learning Pada Mata Pembelajaran Informatika Kelas Xi Di Sman 6 Padang Semester Genap
Keywords:
Modul, Informatika, Pembelajaran Interaktif Berbasis Web, FlipbookAbstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis web-based interactive learning pada mata pelajaran informatika kelas XI di SMA Negeri 6 Padang Semester Genap TA 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan penelitian (R&D). Subjek penelitian berjumlah 36 orang. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan (ADDIE) dengan langkah-langkah pengembangannya adalah sebagai berikut: (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation dan (5) evaluate. Modul berbasis web-based interactive learning dilakukan dengan uji validitas oleh para ahli secara keseluruhan penilaian uji validator terhadap tiga validator pada modul berbasis web-based interactive learning sebesar 94,33%, dapat diinterpretasikan sangat valid digunakan. Hasil uji praktikalitas terhadap tiga puluh siswa sebesar 88,52% dapat diinterpretasikan sangat praktis digunakan. Hasil uji efektivitas terhadap tiga puluh siswa sebesar 90,37% dapat diinterpretasikan sangat efektif digunakan. Kesimpulannya, berdasarkan penilaian beserta masukan para ahli serta hasil uji coba lapangan modul berbasis web-based interactive learning pada pembelajaran informatika yang sudah teruji validitas, praktikalitas, dan efektivitas untuk digunakan pada pembelajaran informatika kelas XI di SMAN 6 Padang.
References
Abdullah, A., Achmad, A., & Sahibu, S. (2021). Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Pemograman Web Berbasis Android. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 11(1), 45. https://doi.org/10.35585/inspir.v11i1.2626
Andrian, D. (2025). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE UNTUK TINGKAT SMA/MA.
Arif, A., Hakim, L., Susanti, S., & Bahtiar, M. D. (2023). Pelatihan Pembuatan dan Penggunaan E-Modul Perbankan Syariah sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Era Pandemi. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(1), 955–964. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i1.5022
Arifin, M. Z., & Qohar, A. (2024). Development of Web-Based Interactive Learning Media on Quadratic Equation Materials. EduMa: Mathematics education learning and teaching, 13(1), 10. https://doi.org/10.24235/eduma.v13i1.14447
Astuti, A., Rozan, A., Fadillah, N. N., & Nur, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Addie Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMKN 25 Jakarta. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(1), 145–154.
Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. (2024). SK BSKAP 032/H/KR/2024 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Nomor 021). https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1718471412_manage_file.pdf
Chairunisa, E. D., & Zamhari, A. (2022). Development E-modul of History Learning Strategy to Improve Student Digital Literacy. Jurnal Pendidikan Sejarah Criksetra, 11(1), 84–96.
Dermawan, & Fahmi, R. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Pembuatan Busana Industri. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(3), 508–515.
Dewi, N. K. A. M. A., & Suniasih, N. W. (2023). E-Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Kearifan Lokal Bali Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(1), 91–99. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.58348
Elvarita, A., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEKANIKA TANAH BERBASIS E-MODUL PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. 9(1), 1–7.
Firmansyah, F., & Purnama, E. D. (2022). Application of Multimedia-Based Learning Models Using Web-Based Learning Methods To Support Student Centered Learning in Sma Negeri 4 Bandung. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 2(2), 140–150. https://doi.org/10.46306/sm.v2i2.32
Harahap, O. F. M., Napitupulu, M., & Batubara, N. S. (2022). Media Pembelajaran, Teori dan Perspektif Penggunaan Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (CV. Azka P).
Heriani, N. A., Simanullang, T. L., Sembiring, E. B., Hutabarat, E., Manurung, J., Saraan, D. A., Ananda, L. J., & Ramadhani, A. (2025). Analisis Tantangan dan Strategi Guru dalam Pembelajaran Diferensiasi Kurikulum Merdeka di SDN 106811 Bandar Setia. Jurnal Pendidikan dan bahasa, 2(2).
Herlistiandar, M. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Video Animasi Interaktif Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPAS. UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG.
Husnita, L. (2024). Strategi Pembelajaran 5.0. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Nomor 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Isnaini, N., Listiadi, A., & Subroto, W. T. (2022). Validitas dan Kepraktisan E-Modul berbasis Kontekstual Mata Pelajaran OTK Sarana dan Prasarana untuk Peserta Didik Program Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 10(2), 157–166. https://doi.org/10.26740/jpap.v10n2.p157-166
Kurniawan, D., Putri, A. N., Febriana, Imaroh, M., Putra, R. Y. P., & Destriarini. (2024). Implementasi Pembelajaran Kreatif Produktif Mahasiswa Berbasis Informasi Web Pada Mata Kuliah Riset Operasi. Jurnal Inovasi Komputer, 1(1), 35–44.
Lastri, Y. (2023). Pengembangan Dan Pemanfaatan Bahan Ajar E-Modul Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1139–1146. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.1914
Lestari, E., Nulhakim, L., & Suryani, D. I. (2022). Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Journal of Science Education, 6(2), 338–345.
Menrisal, M., Rezi, F., & Rahmadhani, P. (2022). Pengembangan E-Learning Menggunakan PHP Native pada SMK Muhammadiyah 1 Padang. Jurnal Pti (Pendidikan Dan Teknologi Informasi) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universita Putra Indonesia “Yptk” Padang, 9(1), 25–30. https://doi.org/10.35134/jpti.v9i1.106
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Putri Rahma Marshanda, Popi Radyuli, Yuliawati Yunus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International


















