PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH MATERI AZAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS II MIS DARUL MUHSININ KECAMATAN SUNGAI KANAN

Authors

  • ARSYAD RIPAI SIREGAR STIT AL-BUKHARY
  • Bukhari Is
  • Suryatik

DOI:

https://doi.org/10.58822/tbq.v7i2.163

Keywords:

Hasil Belajar, Fikih, Metode Demonstrasi.

Abstract

Pada saat penulis melakukan prapenelitian di MIS Darul Muhsinin, Penulis melihat masih ada sebagian siswa yang memiliki kreativitas dan motivasi yang tergolong rendah dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat disebabkan oleh metode pembelajaran yang digunakan kurang tepat misalnya tidak sesuai atau factor lainnya, hal ini mendorong penulis untuk menelitinya lebih dalam.
Hasil belajar yang penulis maksud adalah sebuah perubahan tingkah laku didalam diri seseorang, perubahan tersebut menyangkut aspek kepribadian. Dapat diambil kesimpulan bahwasannya hasil belajar merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari adanya interaksi, proses dan evaluasi belajar. Interaksi antara peserta didik dan pendidik untuk melakukan proses pembelajaran dan mengevaluasi hasil belajar. Tidak terlepas dari metode dan model pembelajaran yang digunakan.
Adapun Metodologi penelitian yang dilakukan didalam penulisan skripsi ialah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode ini untuk mengungkapkan apakahmodel pembelajaran demonstrasidapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Fikih pada materi Azan di MIS Darul Muhsinin.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada materi azan yang ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar dari siklus kedua, dimana peningkatan tersebut mencapai 66,1 (9,30%).

References

Afandi Muhammad,2013. Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. UNISSULA PRESS, Oktober, Sultan Agung Press, Semarang.

Aisida Sufinatin,2017, Aplikasi Model Problem Based Learning SebagaiMotivasi Dalam Pembelajaran Fikih, An-Nuha

Aqib Zainal, M. Chotibuddin 2018. Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas, September, CV Budi Darma, Yogyakarta.

Arikunto Suharsimi, 2002, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan,

Rineka Cipta, Jakarta.

Arikunto Suharsimi, 2010, Prosedur Penelitian, : Rineka Cipta, Jakarta.

Armuza Arham, 2010, Rahasia Dasyatnya Azan hayya alal falah,

Kaukaba Dipantara, Yogyakarta.

Darmani, 2017, Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran,

CV BUDI DARMA UTAMA, Yogyakarta.

Hariyanto Roni Bhidju, 2020, Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Demostrasi, CV. Multimedia Edukasi, Jakarta.

Huda Miftahul,2013, Model-model Pengajaran Dan Pembelajaran,

Pustaka Belajar, Yogjakarta.

Iskandar Bukhari, 2017, Panduan Penelitian Karya Ilmiah dan Skripsi, STITA.

, 2017, Pendidikan Kejujuran Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Kejuruan Kabupaten Labuhanbatu Sumatera Utara, Tarbiyah bin Qalam, Jurnal Pendidikan Agama dan Sains, Medan

Lubis Hasanah Leli, 2019, Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, Vol III Edisi. 1 Juli-Desember.

Moleong J Lexy,2012, Metode Penelitian Kualitatif : Remaja Rosdakarya, Bandung.

Kamila Nu’tih,2015, Konsep Ilmu Pendidikan Menurut Imam Al- Ghazali, Medan.

Keputusan Mentri Agama Republik Indonesia Nomor : 165 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Pada Madrasah.

Keputusan Mentri Agama Republik Indonesia, KMA Nomor 183 Tahun 2019, Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jendral Pendidikan Islam, Jl. Lapangan Banteng Barat No 3-4 Lantai 6-7 Jakarta 10110.

Keputusan Mentri Agama No 165 Tahun 2014, Pedoman Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab, Jakarta : Depag

Maksum Sukron M, 2010, Dasyatnya azan Pustaka Marwa,

Yogyakarta

Mudawam Syafaul,2012, Syari’ah-Fikih-Hukum Islam : Studi Tentang Konstruksi Pemikiran Kontemporer ( Asy-Syir’ah: Jurnal Ilmu Syari’ah dan Hukum, Vol. 46 No II Juli-Desember, Mendalami Potensi Pemikiran Untuk Memahami (Tafaqqub) Bagaimana Hukum Berlaku, Dimana Hukum Berlaku, Kepada Siapa Hukum Diberlakukan dan Bagaimana Menetapkan Hukum.

Mudlofir Ali, Evi Fatimah Rusydiyah,2019, Desain Pembelajaran Inovatif, PT Rja Grafindo Persada, Jakarta.

Mughaniyah Jawad Muhammad, 2007, Fikih Lima Madzhab: Ja’fari, Hanafi, Maliki, Syafi’i, Hambali/Muhammad Jawad Mughniyah. Penerbit Lentera, Jakarta.

Mulyasa E 2006, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Rosda Karya, Bandung.

Munadi Yudi, 2010, Media Pembelajaran : Sebuah Pendekatan Baru, Gaung Persda Perss, Jakarta.

Nasih Mujin Ahmad, 2009, Metode dan Tehnik Pembelajaran Agama Islam : PT Refika Aditama, Bandung.

Nurhasanah Siti, A. Sobandi,2016, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol I No. 1, Agustus, Tentang Minat Belajar Sebagai Determina Hasil Belajar Siswa.

Parnawi Alfi, 2019 Psikologi Belajar, CV Budi Utama, April, Jogyakarta.

Peraturan Mentri Agama Republik Indonesia No 2 Tahun 2008, Tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah

Rahmad, 2017 Pendidikan Agama Islam Multidisipliner, LKIS Yogyakarta.

Rohani Ahmad 2004, Pengelolaan Pembelajaran, : PT Rineka Cipta Jakarta.

Rosyid Zaipul Moh, Mustajab Aminol Rosid Abdullah, 2019,

Prestasi Belajar,CV Literasi Nusantara, Januari, Malang.

Siwoyo Dwi, 2008, Ilmu Pendidikan,: UNY Press, Yogyakarta.

Samsudin, 2016, Upaya Peningkatan Pengetahuan Siswa Kelas V Sdn 26 Sintang Terhadap Materi Azan dan Iqomah Melalui Metode Demonstrasi, November, Yogyakarta.

Suardi Moh, 2018, Belajar dan Pembelajaran, CV Budi Utama, Maret,

Sudjono Anas, 2014, Pengantar Statistik Pendidikan, Cet-25 Rajawali Press, Jakarta.

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Kuantatif, Kualitatif Dan R&D Alfabet, Bandung.

Suprayitno Aldi, 2020, Menyusun PTK ERA 4.0, CV Budi Utama, Yogyakarta.

Supriadi, 2017 Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Fikih, Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, Volume 3, Tentang Pembelajara secara secara langsung ( Demonstrasi ).

Suryabrata, Sumadi 2000, Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi, , Andi Offset, Yogyakarta.

Susanto Ahmad, 2013, Teori Belajar & Pembelajaran, Fajar Intepratama Mandiri, Prenadamedia Group, Mei, Jakarta.

Syafaq Hammis, 2015, Pengantar Studi Islam, Cet-ke5 : UINSA Press, Surabaya.

Syah Muhibbin, 2013, Psikologi Pendidikan, Cet-18, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Syahputra Edy,2020, Snowbal Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar, Haura Publising, Maret, Sukabumi.

Wardani Kristi, 2010, Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Menurut Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara, Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education : Join Conference UPI& UPSI, Indonesia, 8-10 November, Bandung.

Warsah Idi,2020, Pendidikan Islam Dalam Keluarga, Tunas Gemilang Press, Yogyakarta.

Downloads

Published

25-12-2023

How to Cite

ARSYAD RIPAI SIREGAR, Bukhari Is, & Suryatik. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH MATERI AZAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS II MIS DARUL MUHSININ KECAMATAN SUNGAI KANAN. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 7(2). https://doi.org/10.58822/tbq.v7i2.163