PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIKIH SALAT JAMAK DAN QASAR PADA SISWA KELAS III MIS RAUDLATUL ULUUM
DOI:
https://doi.org/10.58822/tbq.v8i2.192Keywords:
Metode Demonstrasi, dan Hasil BelajarAbstract
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar pembelajaran fikih pada siswa Kelas III MIS Raudlatul Uluum Aek Nabara tahun pelajaran 2023 – 2024. Penelitian bertujuan untuk mengethaui peningkatan hasil belajar pada pelajaran fikih menggunakan metode demonstrasi pada siswa Kelas III MIS Raudlatul Uluum Aek Nabara tahun pelajaran 2023 – 2024.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penelitian adalah siswa Kelas III yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode demonstrasi. Hasil penelitian menunjukkan telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklus. Pada hasil pengamatan prasiklus, nilai rata-rata 34 siswa. Jumlah yang berhasil (7%) siswa dan yang belum berhasil (28%), pada siklus I terjadi peningkatan siswa yang berhasil dari 7 orang menjadi 14 orang (40%). Maka dari itu diperlukan siklus II. Sementara pada siklus II diperoleh siswa yang berhasil 33 orang (94%). Dengan demikian peningkatan hasil belajar fikih materi salat jamak dan qasar MIS Raudlatul Uluum Aek Nabara sebesar 94%.
Hal ini membuktikan bahwa siklus selanjutnya tidak diperlukan, oleh karena itu, dengan menggunakan metode demonstrasi telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran fikih siswa Kelas III MIS Raudlatul Uluum Aek Nabra tahun pelajaran 2023 – 2024.
References
Afifah Abu, 2020, Belajar Wudu, Penerbit Zam-zam, Solo.
Al-Tadzkiyyah, 2018, Jurnal Pendidikan Islam volume 9
Arsyad, Azhar, 2013, Media Pembelajaran, PT. Raja Grafindi Persada, Jakarta.
Atmadja Wiria Rochiati, 2020, Metode Penelitian Tindakan Kelas, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Bahrelsy, Hussein, Hadits Shahih Bukhari Muslim, Surabaya, CV. Karya Utama
Bukhari Is dkk, 2020, Bimbingan dan Konseling, CV. Manhaji, Medan.
Bukhari, Suryatik, 2017, Panduan Penulisan Karya Ilmiah dan Skripsi, STITA
Departemen Agama RI, 2018, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Penerbit Halim, Surabaya.
Departemen Agama, 2019, Al-Qur’an dan Terjemahan, Penerbit CV. Al-Jama Narud Ali, Bandung.
E.Kosasih, 2014, Strategi Belajar Implementasi Kurikulum 2013, Y. Ramawidya, Bandung.
Fathurrahman Mohammad & Sulistyorini, 2012, Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta.
Harsono, 2019, Metode Penelitian Pendidikan¸Sukoharjo, Jasmine
Heriyanti, Sukroyanti, 2018, Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan, e-santika volume 2 number 1.
Herry, 2015, Pengaruh minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa (online) (http:/rikoyutra.blospot.com) diakses tanggal 7 September 2021.
Istirani D. Pulungan, 2019, Ensiklopedi Pendidikan, PT. Media Persada, Medan
Muhammad Fathurrahman, 2015, model-model pembelajaran inovatif, Ar-Ruzz 22 Media, Jogjakarta.
Rahmad, 2017, Pendidikan Agama Islam, Multi Disipliner, LKIS Yogyakarta.
Ridho Muh. Rosyid, 2019, Fikih, Penerbit PT. Tiga Serangkai Mandiri, Solo
Sanjaya Wirna, 2017, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar proses Pendidikan Kencana, Jakarta.
Sudjana Nana, 2018, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Susanto Ahmad, 2013, teori belajar & pembelajaran (Fajar Interpratama Mandiri, prenada media grup), Jakarta.
Tafsir Ahmad, Ilmu Pendidikan Islam, 2013, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 IKA NURLAILA, suryatik, azhar, Jupriaman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International