UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V MIN MEDAN
Kata Kunci:
Hasil Belajar dan Model Pembelajaran Talking StickAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi gaya dengan menggunakan model
pembelajaran talking stick. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.
Sesuai dengan jenis penelitian, maka penelitian ini memiliki tahap-tahap penelitian
berupa siklus. Siklus pada penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, Siklus I dan
siklus II.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MIN Medan Maimun sebanyak
32 siswa.Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah tes tertulis, lembar
observasi, dan dokumentasi. Perolehan rata-rata nilai siklus I meningkat menjadi
68,43 jika dibandingkan dengan rata-rata nilai pra tindakan hanya 62,81. Pada
siklus II meningkat menjadi 84,06. Berdasarkan data tersebut bahwa pelaksanaan
pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran talking stick (tongkat
berbicara) meningkatkan hasil belajar siswa