UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V MIN MEDAN

Penulis

  • Siti Aminah Hasibuan STIT Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Ismi Yulizar STIT AL-BUKHARY LABUHANBATU

Kata Kunci:

Hasil Belajar dan Model Pembelajaran Talking Stick

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi gaya dengan menggunakan model
pembelajaran talking stick. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.
Sesuai dengan jenis penelitian, maka penelitian ini memiliki tahap-tahap penelitian
berupa siklus. Siklus pada penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, Siklus I dan
siklus II.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MIN Medan Maimun sebanyak
32 siswa.Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah tes tertulis, lembar
observasi, dan dokumentasi. Perolehan rata-rata nilai siklus I meningkat menjadi
68,43 jika dibandingkan dengan rata-rata nilai pra tindakan hanya 62,81. Pada
siklus II meningkat menjadi 84,06. Berdasarkan data tersebut bahwa pelaksanaan
pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran talking stick (tongkat
berbicara) meningkatkan hasil belajar siswa

Diterbitkan

2022-12-11

Cara Mengutip

Siti Aminah Hasibuan, & Ismi Yulizar. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V MIN MEDAN. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 6(1). Diambil dari https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/78

Terbitan

Bagian

Articles