LITERASI DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI: PENTINGNYA LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AWAL ANAK USIA DINI

Penulis

  • Uswatun Hasanah Masra Tangse STIT Al-Bukhary Labuhanbatu

Kata Kunci:

—kemampuan membaca, anak usia dini, membaca awal, literasi

Abstrak

Keberhasilan seorang anak di sekolah tergantung pada sebagian pengembangan
keterampilan membaca dan menulis yang diperoleh ketika anak berusia dini. Namun,
tidak banyak orangtua yang belum membiasakan membaca kepada anak-anak
mereka. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor yang ditemukan terhadap
kemampuan membaca awal pada anak usia dini. Metode penelitian dalam artikel ini
adalah kajian literature yang didukung dari beberapa data-data karya tulis ilmiah,
kemudian dikaji untuk dihubungkan dengan penelitian sebagai pemecahan masalah.
Literasi dimaknai dengan kemampuan membaca awal pada anak usia dini memiliki
beberapa kelemahan dan keunggulan tersendiri bagi anak, walaupun tidak semua
anak dapat diukur keberhasilannya dari membaca maupun menulis saja. Hal ini
juga memiliki faktor mengapa kemampuan membaca anak mempunyai kelemahan.
Hasil menunjukkan bahwa kemampuan membaca awal anak besar dipengaruhi oleh
lingkungan literasi khususnya di rumah. Keikutsertaan orangtua dalam kegiatan
membaca bersama anak dapat menunjang kesuksesan anak di sekolah. Hal ini
perlu diketahui agar orangtua mengetahui pentingnya membangun lingkungan
literasi yang baik di rumah untuk mendukung perkembangan kemampuan membaca
permulaan anak.

Diterbitkan

2022-12-11

Cara Mengutip

Uswatun Hasanah Masra Tangse. (2022). LITERASI DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI: PENTINGNYA LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AWAL ANAK USIA DINI. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 6(1). Diambil dari https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/76

Terbitan

Bagian

Articles