PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B DI TK DIPONEGORO ASAM JAWA

Penulis

  • Soybatul Aslamiah Ritonga STIT Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Ade Irmayani Pasaribu Mahasiswa PIAUD STIT AL-BUKHARY LABUHANBATU

Kata Kunci:

permainan tradisional, kemampuan motorik kasar

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Permainan
Tradisional terhadap kemampuan Motorik Kasar Anak di TK Kelompok B Asam
Jawa. Penelitian ini dilakukan di TK Diponegoro Asam Jawa Tahun Pelajaran
2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi
eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design.
Subjek dalam penelitian ini adalah berjumlah 35 anak terdiri dari 17 anak
untuk kelompok eksperimen 1 dan 18 anak untuk kelas eksperimen 2. Teknik
pengumpulan data berupa instrument non tes kemampuan motorik kasar anak.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji deskripsi
data, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan uji
hipotesis yakni Paired Sample t-Test dapat dilihat bahwa taraf sig. (2-tailed)
sebesar 2,578, dengan 2,578>0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan motorik kasar anak dengan
menggunakan permainan tradisional engklek lebih tinggi (87,18) dari rata-rata
kemampuan motorik kasar anak dengan menggunakan permainan tradisional
lompat tali (84,89). Dengan demikian permainan tradisional berpengaruh
terhadap kemampuan motorik kasar anak Kelompok B di TK Diponegoro Asam
Jawa

Diterbitkan

2022-12-11

Cara Mengutip

Soybatul Aslamiah Ritonga, & Ade Irmayani Pasaribu. (2022). PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B DI TK DIPONEGORO ASAM JAWA. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 6(1). Diambil dari https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/74

Terbitan

Bagian

Articles