PENGARUH LINIERITAS KEILMUAN TERHADAP KEMAMPUAN MANAJERIAL GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DI RANTAUPRAPAT
Kata Kunci:
Keywords—Linieritas Keilmuan, Manajerial Guru, Madrasah Ibtidaiyah.Abstrak
Abstract—Abstak
Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, pemerintah
berusaha memperbaikinya melalui berbagai factor dinataranya
factor sarana dan prasarana, factor guru dan factor finansial
lainnya. Maka dalam penelitian ini penulis membahas masalah
pengaruh linieritas terhadap kemampuan manajerial guru
madrasah Ibtidaiyah.
Perbaikan secara terus menerus yang berkaitan dengan
kualifikasi pendidikan guru di madrasah, khususnya di
Madrasah Ibtidaiyah Rantauprapat mulai dari tingkat
kualifikasi pendidikan setara dengan SLTA yaitu Pendidikan
Guru Agama/sederjat, penyetaraan diploma II dan saat
sekarang ini tuntutan untuk kualifikasi pendidikan guru
dengan pendidikan strata 1 (S-1).
Upaya pemerintah melakukan peningkatan keprofesionalan
guru melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan
nomor 46 tahun 2016 dan Peraturan Menteri Pendidikan dan
kebudayaan RI Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas
Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Nomor 46
Tahun 2016 Tentang Penataan Linieritas Guru Bersertifikat
Pendidik.
Melihat kondisi yang terus menerus perbaikan tentang
kualifikasi pendidikan ini penulis membahas pengaruh
linieritas terhadap kemampuan manajerial guru madsarah.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian
kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data
melalui wawancara.
Hasil penelitian diperoleh bahwa linieritas seorang guru
meliputi linieritas kualifakasi akademik, linieritas sertifikat
kewenangan mengajar dalam bidang tertentu, serta linieritas
tugas yang diembannya mempunyai pengaruh yang kuat
terhadap kemampuan manajerial seorang guru.