PENERAPAN METODE KARYA WISATA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IV MIS AN-NUR TEMBUNG
Kata Kunci:
Hasil Belajar, Metode Karya WisataAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui penerapan metode karya wisata
dalam meningkatkan hasil belajar siswa,
selain itu untuk mengetahui hasil belajar
siswa dan untuk mengetahui peningkatan
hasil belajar siswa pada bidang studi IPA
materi Sumber Daya Alam di kelas IV MIS
An-Nur Tembung.
Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas),
yaitu data yang dikumpulkan berasal dari hasil
wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi
dan dokumen lainnya. Data yang terkumpul
penulis analisis dengan menggunakan tehnik
pengumpulan data berupa Tes dan Observasi
serta teknik analisis data berupa Reduksi
Data, Paparan Data, dan Penyimpulan
Data. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas IV MIS An-Nur Tembung sebanyak
28 orang yang terdiri dari 12 laki-laki dan 16
perempuan. Pelaksanaan penelitian tindakan
kelas dilakukan dalam 2 siklus.
Pada siklus I sebelum menerapkan
metode Karya Wisata hasil belajar IPA
siswa memiliki nilai rata-rata 54,20 dan
ketuntasan klasikal sebesar 39,28%. Setelah
menerapkan pendekatan pembelajaran
dengan metode Karya Wisata diperoleh
nilai rata-rata tes hasil belajar siswa 61,42
dan ketuntasan klasikal sebesar 64,28%.
Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 80,35
dengan ketuntasan klasikal sebesar 89,28%.
Dapat disimpulkan bahwa penerapan
metode Karya Wisata dapat meningkatkan
hasil belajar siswa pada bidang studi IPA di
MIS An-Nur Tembung.
Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa penerapan metode Karya Wisata
pada bidang studi IPA di MIS An-Nur
Tembung sudah cukup memberikan motivasi
siswa, dibuktikan dengan hasil belajar dan
semangat belajar siswa yang meningkat dan
bertambah baik