PERAN ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK PADA MADRASAH IBTIDAIYAH LABUHANBATU

Penulis

  • Suryatik STIT Al-Bukhary Labuhanbatu

Kata Kunci:

Keywords — Orang tua, Perkembangan Kemampuan, Bahasa Anak.

Abstrak

Abstract—Abstak
Penelitian ini membahas tentang upaya meningkatkan
kemampuan berbahasa anak agar dapat mengembangkannya
dengan maksimal. Untuk mengembangkan kemampuan
berbahasa anak banyak factor yang berperan diantaranya
adalah orang tua, oleh karena itu orang tua harus dapat
membagi waktu untuk kelancaran pendidikan anak.
Permasalahan yang dihadapi banyak orangtua tidak
mempunyai waktu untuk memberi perhatian terhadap anaknya
khususnya ditingkat dasar akibatnya tujuan pendidikan secara
tidak tercapai. Hal ini harus mendapat perhatian untuk
mencari solusi permasahana tersebut. Orang tua adalah sosok
pemimpin dalam keluarga yang lahir melalui hubungan
biologis maupun sosial yang bertanggungjawab terhadap
anggota keluarga untuk kemaslahatan fisik maupun mentalnya.
Peran orang tua terhadap anak adalah menjaga dan
mengembangkan fisik maupun mentalnya sehingga dapat
meningkatkan keterampilan anak baik akademik maupun non
akademik.
Penelitian ini menggunakan metode survey dalam bentuk
deskriptif, wawancara dan studi kepustakaan (library research).
Subyek penelitian adalah orang tua siswa Madrasah Ibtidaiyah
Rantauprapat kelas I s/d III yang berjumlah 30 orang. Teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposif
sampling. Dimana sampel ditetapkan sebanyak 30 orang. Jenis
penelitian ini adalah penelitian yang

Diterbitkan

2022-11-29

Cara Mengutip

Suryatik. (2022). PERAN ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK PADA MADRASAH IBTIDAIYAH LABUHANBATU. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 3(1). Diambil dari https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/6

Terbitan

Bagian

Articles