IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN LURING DI MASA PANDEMI COVID-19 SD NEGERI 31 HAJORAN

Penulis

  • Anggili Pratama STIT Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Mia Audina Ananda STIT AL-BUKHARY LABUHANBATU

Kata Kunci:

Pembelajaran luring, covid-19, Sekolah Dasar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran
luring di masa pandemi Covid-19 di SD Negeri 31 Hajoran. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Informan dalam ini adalah kepala
sekolah, guru dan siswa kelas VI SD Negeri 31 Hajoran. Teknik Pengumpulan data
yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data
menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pelaksanaan pembelajaran pada masa
pandemi Covid-19 meliputi: 1) Guru membuat modul belajar mandiri dan lembar
tugas siswa. 2) Pembelajaran dilakukan dengan pembelajaran tatap muka di sekolah
dengan jadwal bergantian dan durasi pembelajaran singkat. 3) Guru melakukan
bimbingan belajar ke rumah siswa.

Diterbitkan

2022-12-09

Cara Mengutip

Anggili Pratama, & Mia Audina Ananda. (2022). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN LURING DI MASA PANDEMI COVID-19 SD NEGERI 31 HAJORAN. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 5(1). Diambil dari https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/58

Terbitan

Bagian

Articles