MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI MADARASAH IBTIDAIYAH SEI BEROMBANG

Penulis

  • Haris Suwondo STIT Al-Bukhary Labuhanbatu

Kata Kunci:

Quantum Learning, Hasil Belajar matematika

Abstrak

Dalam dunia pendidikan selalu ada saja permasalahan yang dapat menghambat
motivasi anak dalam hal belajar, salah satunya yaitu kurangnya kemampuan guru
untuk memotivasi itu sendiri dan pada akhirnya siswa menjadi tidak bergairah
dalam belajar, cendrung acuh tak acuh sehingga mengakibatkan hasil belajar
yang kurang maksimal. Bertolak dari kasus tersebut maka penulis berupaya untuk
menanamkan kembali gairah belajar siswa dengan cara memotivasi mereka melalui
model quantum learning, sesuai namanya “quantum” yang diadopsi dari pelajaran
ilmu Fisika yang artinya interaksi yang mengubah energy menjadi cahaya. Dalam
hal ini quantum lerning yaitu model yang dapat merubah berbagai interaksi menjadi
sebuah kegiatan belajar, Dari analogi tersebut Quantum leraning juga bisa dikatakan
semua proses belajar yang dapat mengasah pengetahuan dan daya pikir siswa, serta
dapat membuat sebuah pembelajaran menjadi hal yang menyenangkan dan tentunya
bermanfaat.
Pelajaran matematika bagi sebagian peserta didik adalah sebuah pelajaran
yang menakutkan, hal ini dikarenakan ketidak pahaman peserta didik mengenai
materi yang terdapat pada pelajaran Matematika. Ketidak pahaman itulah yang
harus dientaskan oleh guru, jika peserta didik sudah paham maka mereka akan
bisa menyukai pelajaran matematika. Maka yang harus dilakukan oleh guru adalah
bagaimana peserta didik bisa menyukai pelajaran matematika, caranya adalah
dengan menggunakan model pembelajaran yang menyenangkan yang membuat
peserta didik merasa nyaman dan tenang dalam mempelajari sebuah materi pelajaran.
Model quantum dapat merubah berbagai interaksi menjadi sebuah kegiatan belajar,
Dari analogi tersebut Quantum leraning juga bisa dikatakan semua proses belajar
yang dapat mengasah pengetahuan dan daya pikir siswa, serta dapat.

Diterbitkan

2022-12-09

Cara Mengutip

Haris Suwondo. (2022). MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI MADARASAH IBTIDAIYAH SEI BEROMBANG. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 5(1). Diambil dari https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/54

Terbitan

Bagian

Articles