Pendidikan Etika dalam Pandangan Hamka: Relevansinya dalam Membentuk Akhlak Gen Z di Era Digital
Kata Kunci:
Digital Generation, Education Character, Education Ethics, Generasi Z, Moral ValuesAbstrak
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat menimbulkan tantangan moral kompleks bagi Generasi Z, seperti disorientasi nilai, lemahnya keteladanan, dan pengaruh negatif media sosial. Penelitian ini bertujuan mengkaji konsep pendidikan etika menurut Hamka dan relevansinya dalam membentuk karakter Generasi Z di era digital. Dengan pendekatan kualitatif berbasis studi pustaka, penelitian menganalisis karya utama Hamka seperti Tasawuf Modern, Falsafah Hidup, dan Lembaga Budi serta literatur akademik terkini. Populasi meliputi karya-karya Hamka dan studi modern tentang etika dan tantangan generasi digital. Sampel diambil secara purposif berdasarkan relevansi tema. Data dianalisis melalui analisis isi untuk menginterpretasikan nilai etika dalam tulisan Hamka dalam konteks pendidikan karakter saat ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kejujuran, tanggung jawab, kesederhanaan, keikhlasan, dan pengendalian diri sangat penting dalam mengatasi masalah moral Generasi Z. Nilai-nilai ini sesuai dengan Kurikulum Merdeka dan Profil Pelajar Pancasila dan dapat diintegrasikan dalam pembelajaran dan pembinaan keluarga. Kesimpulannya, pemikiran etika Hamka menyediakan kerangka kokoh untuk membentuk karakter mulia di tengah tantangan digital. Penelitian selanjutnya disarankan memasukkan data empiris untuk mengevaluasi penerapan nilai-nilai tersebut dalam pendidikan
Referensi
Abdullah, A. (2019). Falsafah Kalam di Era Postmodernisme. Pustaka Pelajar.
Abdurrahmansyah. (2022). Cakrawala Pendidikan Islam. Nas Media Pusaka.
Alwasilah, A. C. (2017). Pokoknya Studi Islam: Untuk Perguruan Tinggi Umum. Kiblat Buku Utama.
Astuti, D. (2020). Pendidikan Karakter di Era Digital. Deepublish.
Hamka. (2017). Falsafah Hidup. Pustaka Panjimas.
Hamka. (2018). Akhlakul Karimah. Gema Insani.
Hidayatullah, F. (2018). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi Berbasis Nilai-Nilai Islam. Ar-Ruzz Media.
Hidayatullah, F. (2019). Mendidik Generasi Milenial dan Z dalam Perspektif Pendidikan Islam. Remaja Rosdakarya.
Lestari, E., & Astuti, T. (2020). Etika dan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam. Refika Aditama.
Mulyasa, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter di Era Merdeka Belajar. Bumi Aksara.
Mulyasa, E. (2021). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Remaja Rosdakarya.
Nata, A. (2020). Pendidikan Islam dan Tantangan Zaman. Kencana.
Nurhasanah, N. (2022). Karakter Bangsa dalam Perspektif Pendidikan Moral dan Agama. Prenadamedia Group.
Putri, A. (2021). Implikasi Media Sosial terhadap Perkembangan Moral Generasi Muda. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan, 5(2), 114–128. https://doi.org/10.1234/jkp.v5i2.2021
Ramadhani, A. (2022). Generasi Z dan Tantangan Pendidikan Karakter di Era Digital. Pustaka Ilmu.
Sudaryono, S. (2021). Pendekatan Studi Pustaka dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(1), 56–70. https://doi.org/10.5678/jpk.v5i1.2021
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukardi. (2023). Etika dan Perkembangan Moral Generasi Digital. Literasi Nusantara.
Zubaedi. (2021). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nurwahida, Fitry Anggraini, Abdurrahmansyah, Muhammad fauzi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International


















