MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENCIPTAKAN KOMUNIKASI ORGANISASI DI MTS SWASTA AL-ITTIHADIYAH JL. BROMO NO 25 MEDAN
Kata Kunci:
Manajemen, Kepemimpinan, Komunikasi OrganisasiAbstrak
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian
kualitatif. Yaitu suatu cara yang mampu mengungkapkan fakta secara jelas tentang
fenomena-fenomena yang terjadi dilapangan dan dipaparkan dalam hasil penelitian.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumen.
Tekhnik analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Teknik penjamin keabsahan data didasarkan pada empat kategori yaitu:
kepercayaan, keteralihan, ketergantungan dan kepastian, diuji secara triangulasi.
Hasil penelitian ini mengungkapkan empat temuan yaitu: 1) Manajemen kepala
madrasah di MTs Swasta Al-Ittihadiyah Medan sudah mengalami peningkatan
dari sebelumnya. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan kepala madrasah dalam
mengelola madrasah sesuai dengan fungsi-fungsi manajemen seperti, adanya
program kerja yang teratur, proses pembelajaran yang berdasarkan atas kurikulum
dan memiliki RPP, kegiatan pembelajaran yang disiplin dan rasa tanggung jawab
yang tinggi 2) Proses komunikasi yang dilakukan oleh kepala madrasah secara
langsung dilakukan atau tatap muka, serta tidak hanya memberikan kritikan kepada
guru, akan tetapi kepala madrasah juga meminta guru untuk memberikan saran
atau kritikan kepada kepala madrasah yang bersifat membangun untuk kemajuan
madrasah. 3) Faktor-faktor pendukung dan penghambat komunikasi organisasi di
MTs Swasta Al-Ittihadiyah Medan, yaitu faktor pendukung sarana dan prasarana,
faktor tanggung jawab, faktor dukungan dan pembinaan, Menciptakan suasasan
kekeluargaan antar personil, Kepala madrasah terus mengkoordinir para personil. 4) Mengadakan kegiatan/membuat
kegiatan seperti ekstrakurikuler,
Membimbing guru dalam membuat
RPP, Sering melakukan dialog baik
itu langsung maupun tidak langsung