Perancangan dan Pembuatan Game Edukasi Berbasis Adobe Animate CC Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VIII
Kata Kunci:
Game Edukasi, Adobe Animate CC, Media PembelajaranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat game edukasi berbasis Adobe Animate CC sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Informatika untuk siswa kelas VIII di SMP Semen Padang . Permasalahan dalam pembelajaran konvensional seperti metode ceramah yang monoton, kurangnya pemanfaatan teknologi, serta rendahnya minat belajar siswa menjadi dasar pengembangan media ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang mencakup tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate. Hasil validasi dari tiga validator menunjukkan bahwa media tergolong sangat valid (rata-rata 93,57%), praktikalitas oleh siswa menunjukkan kategori sangat praktis (86,04%), dan efektivitas penggunaan dalam pembelajaran dikategorikan cukup efektif (72,33%). Game edukasi ini dirancang untuk menyajikan pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan melalui kuis dan puzzle yang selaras dengan materi Informatika.
Referensi
Aini, S., & Mufti, F., (2022). Using Adobe Animate CC Software in Designing Interactive Multimedia Based on Cognitive Conflict in Straight Motion. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 8 (5). 2350-2361
Farlin, F., (2024). Perancangan dan Pembuatan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Android pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X Perhotelan di SMK Negeri 9 Padang Tahun Ajaran 2023/2024. Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematika . 1 (4). 01-11.
Hasnita, S., dkk. (2024). Rancang Bangun Game Edukasi Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X SMK N 4 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8 (2), 19617-19630
Icih Tresnaasih, Modul Pembelajaran SMA Biologi : Sistem Gerak Pada Manusia Biologi Kelas XI, (Jakarta: Kemendikbud, 2020), h. 9.
Larasati, I., (2024). Perancangan dan Pembuatan Media Pembelajaran Game Edukasi Menggunakan Adobe Animate CC Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 39 Padang Tahun Ajaran 2023/2024.
Larasati, I., dkk, (2024). Perancangan dan Pembuatan Media Pembelajaran Game Edukasi Menggunakan Adobe Animate CC Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 39 Padang Tahun Ajaran 2023/2024. Journal of Exploratory Dynamic Problems, 1 (4), 77-86
Mardliyah, A., A, (2018). PENERAPAN GAME DALAM BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA SMP. 5 (1)
Najuah, dkk. (2022). Game Edukasi : Strategi dan Evaluasi Belajar Sesuai Abad 21. Medan : Yayasan Kita Menulis.
Rizal, F. (2021, 11 Maret). Tingkatkan Kesehatan Mental dengan Bermain Puzzle. Diakses pada 08 April 2023, dari https://www.halodoc.com/artikel/tingkatkan-kesehatan-mental-dengan-bermain-puzzle
Samin (2021). Berpikir Kritis Dengan Game Edukasi. Sumedang : CV. Mega Press Nusantara. Hal.6
Wijaya, I., Jusirwan, S., & Yunus, Y. (2024). Perancangan Dan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Animate Cc Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Konstruksi Dan Perumahan Kelas X Di Smkn 1 Padang. 8 (2). Hal 2423-2428
Wijaya, I. W., Lasmawan, I. W., & Suastra, I. W. (2020). Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 198–206.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Cut Zahwa Putri Naswadiah, Indra Wijaya, Doni Pernanda

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International


















