Strategi Penguatan Akidah Akhlak dalam Program Moderasi Beragama di Kampus IAIN Bone guna Mencegah Radikalisme dan Intoleransi

Penulis

  • Rosbiah Machmuddin Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone
  • Jumriani Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Kata Kunci:

moderasi beragama, akidah akhlak, radikalisme, intoleransi, pendidkan islam

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi penguatan nilai-nilai Akidah Akhlak dalam program moderasi beragama di lingkungan IAIN Bone sebagai langkah preventif terhadap radikalisme dan intoleransi. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi terhadap kebijakan serta praktik pembelajaran yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai moderasi seperti tawasuth (keseimbangan), i’tidal (keadilan), tasamuh (toleransi), dan muwathanah (kebangsaan) dalam mata kuliah Akidah Akhlak berkontribusi signifikan dalam membentuk karakter mahasiswa yang inklusif dan adaptif terhadap keberagaman. Namun demikian, tantangan masih ditemukan, terutama dalam hal miskonsepsi makna moderasi, keterbatasan pedagogi partisipatif, dan minimnya dukungan sistemik dari ekosistem kampus. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kurikulum eksplisit berbasis moderasi, pelatihan dosen dalam metode pembelajaran reflektif, serta pembentukan budaya kampus yang inklusif sebagai strategi komprehensif untuk menanggulangi paham radikal di kalangan mahasiswa.

Referensi

Afwadzi, B., & Miski, M. (2021). Religious moderation in Indonesian higher educations: literature review. Ulul Albab: Jurnal Studi Islam, 22(1), 78–91. http://repository.uin-malang.ac.id/9994/7/9994.pdf

Assaqqaf, A. (2023). Pembentukan sikap moderasi beragama melalui Akidah Akhlak di MA Cambalagi. Repositori UIN Alauddin Makassar. https://repositori.uin-alauddin.ac.id/

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme. (2022). Laporan tahunan: Tren radikalisme di kalangan mahasiswa. BNPT Press.

Era, O., Syafitri, L., & Mustaqim, M. (2023). Implementasi nilai moderasi beragama melalui Akidah Akhlak di MAN Lampung. Jurnal Pendidikan Dinasti, 5(2), 122–133.

Fitriyah, F., Abdullah, A., & Munir, M. (2024). Internalisasi nilai moderasi dalam pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah. Jurnal Dinasti Pendidikan, 6(1), 88–101. https://ejournal.dinasti.org/

Freire, P. (1970). Pedagogy of the oppressed. Herder and Herder.

Hasanah, U. (2024). Pendidikan Moderasi Beragama Sebagai Penangkal Radikalisme Perspektif Al-Qur’an. Repository PTIQ. https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1681/

Jackson, P. W. (1968). Life in classrooms. Holt, Rinehart and Winston.

Kementerian Agama RI. (2019). Moderasi beragama. Sekretariat Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kolb, D. A. (1984). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. Prentice-Hall.

Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.

Mezirow, J. (1997). Transformative learning: Theory to practice. New Directions for Adult and Continuing Education, 1997(74), 5–12. https://doi.org/10.1002/ace.7401

Muhammad, I. J. K. (2024). Implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran Akidah Akhlak. Repository Raden Intan. https://repository.radenintan.ac.id/32179/

Nuraeni, D., Ma’mur, I., & Sa’ad, S. (2024). Internalisasi Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 9(1), 33–46. https://jurnalp4i.com/index.php/social/article/view/3358

Rahmawati, R., Syamsul, S., & Aminah, A. (2022). Integrasi nilai moderasi dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MA Wali Songo. Kuras Institute. https://kurasinstitute.or.id/

Rahmawati, D., & Subandi, S. (2023). Integrasi nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran akidah akhlak. Indonesian Journal of Education, 12(2), 45–58. https://journal.kurasinstitute.com/index.php/jemal/article/view/595

Sudarmin, S., & Amaluddin, A. (2025). Penguatan Moderasi Beragama melalui Pendidikan Agama Islam. Journal of Humanities, Social and Education, 9(1), 1–14. https://jurnal.yayasanmeisyarainsanmadani.com/index.php/JHUSE/article/view/198

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.

Wahab, M. R. N. F. (2022). Moderasi Beragama dan Dialektika Akademik: Tren Kajian Moderasi Beragama di Indonesia Selama Covid-19. Jurnal Nalar, 16(1), 10–27. https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/nalar/article/view/5365

Zaimina, A. B. (2024). Literasi Digital dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Era Society 5.0. Jurnal Al-Adabiyah, 10(1), 1–12. https://al-adabiyah.uinkhas.ac.id/index.php/adabiyah/article/view/1093

Diterbitkan

2025-09-20

Cara Mengutip

Rosbiah Machmuddin, & Jumriani. (2025). Strategi Penguatan Akidah Akhlak dalam Program Moderasi Beragama di Kampus IAIN Bone guna Mencegah Radikalisme dan Intoleransi. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 9(2). Diambil dari https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/377