Pengembangan Nalar Logika Realistik Matematis Berbasis Etnomatematika Dan Cooperatif Learning Pada Siswa SMPN 1 Marbau
Kata Kunci:
Penalaran Logika Realistik Matematis, Etnomatematika, Pembelajaran KooperatifAbstrak
Pengembangan penalaran logis realistik matematis merupakan suatu proses pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis, analitis, dan kritis melalui pendekatan matematika yang relevan dengan kehidupan nyata. Kemampuan ini menjadi salah satu keterampilan penting abad ke-21 yang harus dimiliki siswa agar mampu memecahkan masalah secara sistematis dan terstruktur. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa yang terlihat dari hasil belajar dan kurangnya keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX-1 yang berjumlah 23 orang. Instrumen penelitian terdiri atas lembar observasi keterlibatan siswa, angket motivasi, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran interaktif secara bertahap terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan skor observasi keterlibatan siswa pada setiap pertemuan, hasil angket motivasi yang menunjukkan kategori tinggi dan konsisten, serta peningkatan signifikan nilai posttest dari siklus I ke siklus II. Seluruh siswa berhasil mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran interaktif berbasis konteks realistik mampu meningkatkan penalaran logis matematis siswa secara optimal.
Referensi
Agustinayanti. (2023). Elektriese: Jurnal Sains Dan Teknologi Elektro. Https://Doi.Org/10.47709/Elektriese.V12i1.1559
Andini, H., Firmansyah, D., & Hakim, D. L. (2017). Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika).
Ariati, C., & Juandi, D. (2022a). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Penalaran Matematis: Systematic Literatur Review. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(5). Https://Doi.Org/10.22460/Jpmi.V5i5.1535-1550
Ariati, C., & Juandi, D. (2022b). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Penalaran Matematis: Systematic Literatur Review. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(5). Https://Doi.Org/10.22460/Jpmi.V5i5.1535-1550
Ervina, O. :, & Subekti, E. (2019). Menumbuh Kembangkan Berpikir Logis Dan Sikap Positif Terhadap Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik (Vol. 1).
Faoziyah, N., Rusadi Akhmad, G., & Setiawan, D. (2020a). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Pbl. Http://Ejournal.Mandalanursa.Org/Index.Php/Jupe/Index
Faoziyah, N., Rusadi Akhmad, G., & Setiawan, D. (2020b). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Pbl. Http://Ejournal.Mandalanursa.Org/Index.Php/Jupe/Index
Hasratuddin, R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Melalui Pendekatan Matematika Realistik.
Laila Hayati. (2021). Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa.
Nurmudi. (2019). Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa. In Jurnal Derivat (Vol. 6, Issue 2).
Rahmad Wahyudi. (2020). Elektriese: Jurnal Sains Dan Teknologi Elektro. Https://Doi.Org/10.47709/Elektriese.V12i1.1559
Ratna Natalia Mendrofa. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Nalar Siswa Pada Kelas X Smk Negeri 1 Gunung Sitoli Alooa.
Santoso Raharjo, M., Azhar, E., & Faradillah, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Pendidikan Matematika, 01.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Andira Pratiwi, Amin Harahap, Nurlina Ariani Harahap, , Sakinah Ubudiyah Siregar

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International