Pengaruh Literasi Teknologi Dan Infrastruktur Teknologi Dalam Upaya Memaksimalkan Pendidikan Kewarganegaraan Digital (Studi Korelasi Pada SMA Negeri Di Kota Sukabumi)
Kata Kunci:
Literasi Teknologi, Infrastruktur Teknologi, Pendidikan Kewarganegaraan Digital, Sekolah Menengah AtasAbstrak
Era digital menuntut transformasi pendidikan yang mengintegrasikan literasi teknologi dan infrastruktur teknologi untuk mendukung pendidikan kewarganegaraan digital. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh literasi teknologi dan infrastruktur teknologi dalam memaksimalkan pendidikan kewarganegaraan digital pada siswa SMA Negeri di Kota Sukabumi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif asosiatif. Sampel penelitian terdiri dari 309 siswa SMAN di Kota Sukabumi yang dipilih melalui teknik sampling probabilitas. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner terstruktur dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan SPSS AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi teknologi berpengaruh positif signifikan terhadap pendidikan kewarganegaraan digital dengan koefisien β = 0,530 (p < 0,001), menunjukkan bahwa peningkatan literasi teknologi akan meningkatkan pemahaman kewarganegaraan digital sebesar 53%. Infrastruktur teknologi juga berpengaruh positif signifikan dengan koefisien β = 0,147, meskipun pengaruhnya lebih kecil dibandingkan literasi teknologi. Secara simultan, kombinasi literasi teknologi dan infrastruktur teknologi menjelaskan 36% variasi pendidikan kewarganegaraan digital (R² = 0,360). Temuan mengindikasikan bahwa literasi teknologi merupakan prediktor utama keberhasilan pendidikan kewarganegaraan digital, sementara infrastruktur teknologi berperan sebagai fasilitator pendukung. Penelitian ini merekomendasikan pendekatan holistik dalam pengembangan kebijakan pendidikan digital yang mengintegrasikan peningkatan literasi teknologi siswa dengan
Referensi
Afrizal Purba, M., & Defriyando, A. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pendidikan dan Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 3(25), 96–101. https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/3621
Ageng Sine, Y., Pahriyah, S., Ani, S. I., Japar, M., & Kardiman, Y. (2025). Inovasi Pembelajaran Pkn Di Era Digital Dengan Pemanfaatan Teknologi Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa. Social: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 5(2), 484–494.
Amelia, D., Setiaji, B., Primadewi, K., Habibah, U., Lounggina, T., Peny, L., Rajagukguk, K. P., Nugraha, D., Safitri, W., Wahab, A., Larisu, Z., Setiaji, B., & Dharta, F. Y. (2023). Metode Penelitian Kuantitafi. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Aulita, D., Nurazizah, F., Meilinda, L., & Nugraha, D. (2024). Social Media As Source Study Generation Millennials. Journal Economic and Economic Education, 1(1), 36–40.
Dewi, A. E. R., & Hasmirati, H. (2022). Pengaruh Kesiapan Siswa dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi terhadap Kebijakan Merdeka Belajar Menyongsong Era Industri 5.0. Al-Musannif, 4(1), 29–42. https://doi.org/10.56324/al-musannif.v4i1.58
Dwi Azzahra, R., & Aryani, Z. (2024). Revolusi kurikulum membangun masa depan Pendidikandunia dijital. Jurnal Insan Cita Pendidikan, 3(1), 1–12.
Firdaus, K., Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, I., Ritonga, M., & Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, I. (2024). Peran Teknologi Dalam Mengatasi Krisis Pendidikan. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 9(1), 43–57. https://ejurnal.stkip-pessel.ac.id/index.php/kp/article/view/303
Ginanjar, D. (2024). The Effect of Online Learning on Student Achievement in Elementary Schools in Indonesia 1*. Eastasouth Proceeding of Humanities and Social Sciences (EPHSS), 43–52. https://asj.eastasouth-institute.com/index.php/ephss43
Ginanjar, D. (2025). Membangun Sistem Paten Yang Adaptif Untuk Algoritma. Jurnal Rechten: Riset Hukum Dan Hak Asasi Manusia Membangun, 7(1), 40–49.
Ginanjar, D., Fajar Firdausyi, M., Suswandy, S., Tresna Andini, N., Program Studi PPKN, D., PGRI Sukabumi, S., Karamat No, J., Gunungpuyuh, K., Sukabumi, K., & Barat, J. (2022). Perlindungan HAM dalam Era Digital: Tantangan dan Solusi Hukum. Journal on Education, 04(04), 2080–2094.
Ginanjar, D., Firman, M., Sunandi, I., Purnama, W. W., & Maharani, N. (2024). Evolusi Pendidikan Kewarganegaraan: dari Pendekatan Berbasis Pengetahuan ke Perspektif yang Lebih Luas. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 4(4), 57–64. https://doi.org/10.55606/cendekia.v4i4.3263
Ginanjar, D., & Lubis, A. F. (2022). Urgensi Perlindungan Data Pribadi Dalam Menjamin Keamanan Data. Jurnal Hukum Dan HAM Wara Sains, 1(01), 21–26. https://doi.org/10.58812/jhhws.v1i01.7
Ginanjar, D., & Purnama, W. W. (2023). Optimizing Legal Strategies: Combating Corruption through Anti-Corruption Education in Universities. Veteran Law Review, 6(2), 122–132. https://doi.org/10.35586/velrev.v6i2.6477
Husna, M., Syarif, U., & Jakarta, H. (2024). Strategi Pembelajaran Berbasis Digital Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Muftiatul Husna, 166(2), 166–178. https://www.jurnal.zarilgapari.org/index.php/faizi
I’tikaf, M. A. (2024). AL MIKRAJ Integrasi Teknologi dalam Pendidikan Karakter: Membangun Generasi Berkarakter di Era Digital. Al-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 5(1), 1837–1847.
Muhammad Ridlwan, Almaytasa Munfarikah, Lana Camelya, & Muhammad Nofan Zulfahmi. (2025). Peran Perpustakaan Digital Dalam Pembelajaran Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar. Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(1), 195–205. https://doi.org/10.61132/semantik.v3i1.1400
Nurkamila, A., Rahmalia, N., & Rachman, chsan F. (2024). Tantangan Dan Peluang Pendidikan Literasi Digital Dalam Konteks SDGS 2030. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 138–144.
Pratiwi, A., & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 65–80. https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066
Putra, J. E., Sobandi, A., & Aisah, A. (2024). The urgency of digital technology in education: a systematic literature review. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 224. https://doi.org/10.29210/1202423960
Putra, L. D., Shiddiq, A. J., Khafi, I., & Nugroho, B. (2024). Integrasi Teknologi Immersive learning Dalam Pembelajaran Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 4(2), 218–230. https://doi.org/10.32665/jurmia.v4i2.3349
Putrayasa, I. M., Suwindia, I. G., & Ari Winangun, I. M. (2024). Transformasi literasi di era digital: tantangan dan peluang untuk generasi muda. Education and Social Sciences Review, 5(2), 156. https://doi.org/10.29210/07essr501400
Sari Br Marbun, E., Saida Destiani, T., & Fauzi Rachman, I. (2024). Meningkatkan Kesehatan, Pendidikan dan Ekonomi Dengan Literasi Digital Pada SDGs 2030. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik , 1(3), 81–92.
Septiana Elyus, D., Ayu Wardani, A., & Wulandari, A. (2025). Peran Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Era Digital. 15(1), 66. https://doi.org/10.15642/jkpi.2025.15.1.66-76
Sholihatin, E., Haryono, N., Dwi Aprilisanda, I., Widoretno, A. A., Korika Swasti, I., Kusumastuti, E., & Febrianita, R. (2021). Peningkatan Literasi Digital Era New Normal: Studi Kasus Pembelajaran Daring Mahasiswa Akuntansi UPN Veteran Jawa Timur. Akuntansi : Jurnal Akuntansi Integratif, 7(1), 83–103. https://doi.org/10.29080/jai.v7i1.457
Sumarni, Y., & Muhibbin, A. (2024). Mengintgrasikan Teknologi AI untuk Pembelajaran PKN yang Interaktif di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(04), 223–239.
Tenri, A., Said, T., & Syukur, L. O. (2025). Kolaborasi Keluarga Melalui Teknologi dalam Membangun Literasi Digital Anak di Era Transformasi Digital Era Society 5 . 0. 4, 1–8. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/1860-Article Text-5715-1-10-20250529 (1).pdf
Urifah, D., Hayati, M., & Hasanah, N. (2024). Tantangan Dan Peluang : Pendidikan Karakter Sebagai. Jurnal Prodi PGMI, 9(2), 1–13.
Yusra, & Sesmiarni, Z. (2025). Pemanfaatan Platform Digital dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 393–405. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Denda Ginanjar, Sri Rahayu Pudjiastuti, Suidat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International