Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMKN 1 Lamongan
Kata Kunci:
Problem-Based Learning (PBL), Discovery Learning, Model PembelajaranAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa kurang dan keteratasan penerapan model pembelajaran pada mata pelajaran Laporan Keuangan Perusahaan Dagang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning dan Discovery Learning pada kelas XI Akuntansi SMKN 1 Lamongan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan desain True Experimental Design. Dengan sampel kelas XI Akuntansi 1 sebanyak 36 siswa dan XI Akuntansi 2 sebanyak 33 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data hasil belajar adalah tes yang dibagi menjadi 2 yaitu Pretest dan Posttest. Pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-test dengan membaca Equal Variances not assumed. Diperoleh hasil 0,010 < 0,05. Sehingga terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai posttest siswa pada kelas eksperimen sebesar 14,61. Sedangkan kelas kontrol sebesar 12,36. Hal tersebut menunjukkan jika nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol.
Referensi
A’yuni, Q., & Pradikto, S. (2025). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Penerapan Model Problem Based Learning Dan Inquiry Learning Serta Discovery Learning. Pragmatik : Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa Dan Pendidikan, 3(1), 228–240.
Ajai, J. T., Imoko, B. I., & Emmanuel, I. O. (2013). Comparison Of The Learning Effectiveness Of Problem-Based Learning ( PBL ) And Conventional Method Of Teaching Algebra. Journal Of Education And Practice, 4(1), 131–136.
Akhir, M., Siburian, J., & Effendi, M. H. (2023). A Study Comparison The Application Of Discovery Learning And Problem Based Learning Models On The Critical Thinking Ability. Integrated Science Education Journal, 4(2), 84–89. Https://Doi.Org/10.37251/Isej.V4i2.390
Aldalur, I., & Perez, A. (2023). Gamification And Discovery Learning: Motivating And Involving Students In The Learning Process. Heliyon, 9. Https://Doi.Org/10.1016/J.Heliyon.2023.E13135
Amin, M., Fauzi, A., & Rahmawati, D. (2023). Teknik Sampling Dalam Penelitian Pendidikan Ekonomi. Jurnal Metodologi Pendidikan, 9(1), 23–31. Https://Doi.Org/10.31227/Osf.Io/Pqr901
Anggraini, P. D., & Nugraheni, S. A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 4(2), 112–120. Https://Doi.Org/10.31227/Osf.Io/Xyz123
Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-Based Learning: Apa Dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal For Physics Education And Applied Physics, 3(1), 27–35. Http://Jurnal.Unsil.Ac.Id/Index.Php/Diffraction
Ardiansyah, R., & Sari, M. (2023). Pengujian Instrumen Hasil Belajar Menggunakan SPSS. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 89–97. Https://Doi.Org/10.31227/Osf.Io/Mno678
Arifianto, A., & Koeswanti, H. D. (2022). The Difference Between Problem Based Learning Model And Discovery Learning Model On Students’ Critical Thinking Ability. Journal For Lesson And Learning Studies, 5(2), 164–171. Https://Doi.Org/10.23887/Jlls.V5i2.49744
Aris Susanto. (2022). Pentingnya Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Ekonomi. Indonesia Emas Group.
Astrilova, A. (2021). Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Tahap 2, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Edunomika, 05(01).
Br. Purba, M. R., Siregar, W. W., & Lubis, A. W. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Dengan Discovery Learning Berbantu Eksperimen Pada Materi Redoks Di Sma Swasta Advent Medan. CHEDS: Journal Of Chemistry, Education, And Science, 4(2), 9–17. Https://Doi.Org/10.30743/Cheds.V4i2.3356
Disman, D., Ali, M., & Budi, S. (2021). Pendidikan Ekonomi Dalam Perspektif Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 45–58. Https://Doi.Org/10.31227/Osf.Io/Abc456
Dr. Adi Asmara, M. P., & Anisya Septiana, M. P. (2023). Model Pembelajaran Berbasah Masalah (M. Suardi (Ed.); 1st Ed.). CV. Azka Pustaka.
Emzir. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif Dan Kualitatif. Rajawali Pers.
Fadhlika, N. A., Hadi Wijoyo, S., & Herlambang, A. D. (2023). Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis (Studi Kasus: SMK Queen Al-Falah Kabupaten Kediri). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Komputer, 7(6), 3001–3008. Http://J-Ptiik.Ub.Ac.Id
Fathurrizqy, R., & Ulfatun, T. (2024). Penerapan Problem-Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar MYOB Siswa Akuntansi Di SMK Negeri 6 Surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 899–908.
Gao, Y., Ho, C., Wen, D., Liu, Y., Li, Q., Zheng, D., & Zhang, Y. (2024). Combination Of Problem-Based And Team-Based Learning In Clinical Teaching Of Plastic And Reconstructive Surgery. Chinese Journal Of Plastic And Reconstructive Surgery. Https://Doi.Org/10.1016/J.Cjprs.2024.11.005
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 IBM" SPSS" Statistics" (10th Ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gwee, M. C. E. (2009). Problem-Based Learning: A Strategic Learning System Design For The Education Of Healthcare Professionals In The 21st Century. Kaohsiung Journal Of Medical Sciences, 25(5), 231–239. Https://Doi.Org/10.1016/S1607-551X(09)70067-1
Hidayat, T., & Rindrayani, S. R. (2023). Perbedaan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Xi Ips Sma Negeri 1 Pakel. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(8), 764–770. Https://Doi.Org/10.55681/Armada.V1i8.727
Ilahi, M. T. (2012). Pembelajaran Discovery Strategi & Mental Vocational Skill. DIVA Press.
Isma, M., Sari, R. N., & Prasetyo, A. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 13(1), 33–42. Https://Doi.Org/10.21831/Jpv.V13i1.56789
Kebudayaan, K. P. Dan. (2020). Mengenal Model Pembelajaran Discovery Learning. Https://Gurudikdas.Dikdasmen.Go.Id/News/Mengenal-Model-Pembelajaran-Discovery-Learning?
Khasinah, S. (2021). Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan Dan Kelemahan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402–413. Https://Doi.Org/10.22373/Jm.V11i3.5821
Mardi, Fauzi, A., & Respati, D. K. (2021). Development Of Students’ Critical Thinking Skills Through Guided Discovery Learning (Gdl) And Problem-Based Learning Models (Pbl) In Accountancy Education*. Eurasian Journal Of Educational Research, 2021(95), 210–226. Https://Doi.Org/10.14689/EJER.2021.95.12
Marlina. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi Melalui Model Discovery Learning Pada Materi Persamaan Dasar Akuntansi Pada Siswa Kelas Xii Ips 2 Sma Negeri 1 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2022/2023. Education And Leaning Journal (ANTHOR), 1(6), 404–412.
Maslahah, M., Rica Wijayanti, R., & Aini, N. (2021). Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Sigma, 7(1), 21–29. Https://Doi.Org/10.36513/Sigma.V7i1.1184
Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175. Https://Doi.Org/10.57171/Jt.V3i2.335
Melva. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi Dasar Menyusun Neraca Lajur Perusahaan Jasa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Syntax Idea, 4(10), 1463–1470. Https://Doi.Org/10.46799/Syntax-Idea.V4i10.1977
Murphy, C., Connell, S., Gantley, M., & Barrett, T. (2025). Students’ Perspectives On The Congruence And Effectiveness Of A Problem-Based Learning Approach To Teach Recovery-Oriented Practice: A Mixed Method Study. Nurse Education In Practice, 84. Https://Doi.Org/10.1016/J.Nepr.2025.104298
Mustajab, W., & Sutarni, N. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa ( Kuasi Eksperimen Pada Materi Koperasi Di Kelas X IPS Di SMAN 30 Kabupaten Tangerang ). Didaktika : Jurnal Kependidikan, 13(3), 3523–3538.
Mustikaningrum, D., Maryono, D., & Yuana, R. A. (2020). Eksperimentasi Discovery Learning Dan Project Based Learning Kombinasi College Ball Ditinjau Dari Minat Pada Materi Kontrol Percabangan Kelas X Smk Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan (JIPTEK), 13(1), 30–36. Https://Doi.Org/10.20961/Jiptek.V13i1.24278
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. 659–663.
Patandung, F., & Panggua, M. (2022). Strategi Pembelajaran Akuntansi Berbasis Kompetensi Di SMK. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 8(2), 77–85. Https://Doi.Org/10.31227/Osf.Io/Def789
Prof. Dr. Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Prof. Dr. Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. ALFABETA.
Purba, M. R. B., Siregar, W. W., & Lubis, A. W. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model PBL Dan DL Pada Materi Redoks. CHEDS: Journal Of Chemistry, Education, And Science, 4(2), 9–17. Https://Doi.Org/10.30743/Cheds.V4i2.3356
Sahade, & Ngampo, M. Y. A. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( Pbl ) Pada Kelas Xii Ips Sma. Jurnal Penelitian Pendidikan Insani, 20(1), 54–60.
Salmia, N., & Hidayat, T. (2023). Analisis Data Eksperimen Pendidikan Menggunakan SPSS. Jurnal Statistika Pendidikan, 7(2), 44–52. Https://Doi.Org/10.31227/Osf.Io/Stu234
Saputra, H. (2020). “Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning).” Perpustakaan IAI Agus Salim, April, 9. Http://Repository.Uin-Malang.Ac.Id/4643/
Sari, D. A. (2023). Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Digital Repository Universitas Jember, 1–93.
Sari, E., Ahiri, J., & Hindaryatiningsih, N. (2022). Perbedaan Hasil Belajar Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah Siswa Yang Diajar Dengan Model Discovery Learning Dan Problem Based Learning. Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 2(3), 96–103. Https://Doi.Org/10.36709/Jpa.V2i3.27
Sihotang, I. M., & Ramadani, T. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Di SMK Swasta Budi Agung Medan T.A 2022/2023. Education Journal Of Indonesia, 4(2), 33–36. Https://Doi.Org/10.30596/Eji.V4i2.3344
Siwy, J. J., Dame, J. M., & Ranti, D. (2022). Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dan Model Pembelajaran Discovery Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Dan Bisnis Di Kelas X Smk Fajar Moyongkota. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 55–62. Https://Doi.Org/10.53682/Jpeunima.V3i2.5226
Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(03), 283–294. Https://Doi.Org/10.59141/Japendi.V1i03.33
Sudaryono, A. (2022). Metodologi Penelitian Pendidikan. Rajawali Pers.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Subroto, T. (2021). Pembelajaran Akuntansi Berbasis Proyek Dalam Kurikulum SMK. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 55–63. Https://Doi.Org/10.31227/Osf.Io/Jkl345
Suniasih, N. W. (2021). The Effectiveness Of Discovery Learning Model And Problem-Based Learning Using Animated Media To Improve Science Learning Outcomes. Proceedings Of The 2nd International Conference On Technology And Educational Science (ICTES 2020), 540, 38–46. Https://Doi.Org/10.2991/Assehr.K.210407.211
Wardhana, A., Nugroho, D., & Lestari, W. (2023). Pendidikan Vokasi Dan Tantangan Pembelajaran Akuntansi Di Era Digital. Jurnal Pendidikan Vokasional, 14(1), 21–30. Https://Doi.Org/10.31227/Osf.Io/Ghi012
Widiarochmawati, N. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Antara Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Two Stay Two Stray Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas Xi Smkn 2 Tuban Tahun Ajaran 2017 / 2018. Jurnal Oportunitas Unirow Tuban, 01(01), 50–55.
Yusup, F. (2021). Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Pendidikan. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 12(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.21831/Jep.V12i1.45678
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Alieffatul Amri Maf'ull, Agung Listiadi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International