Media Pembelajaran Wordwall dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 33 Semarang

Penulis

  • Putri Nur Rahma Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Ferani Mulianingsih Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Kata Kunci:

Pendidikan, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Digital, Ilmu Pengetahuan Sosial, Wordwall

Abstrak

Pendidikan memegang peranan penting dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas serta mampu beradaptasi dengan tuntutan zaman modern. Sejalan dengan Kurikulum Merdeka di Indonesia, pembelajaran seharusnya berpusat pada siswa, kreatif, dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji integrasi Wordwall, sebuah platform pembelajaran digital, ke dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebagai bagian dari implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 33 Semarang. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi kelas, dan dokumentasi yang melibatkan siswa kelas VIII, guru, serta pimpinan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Wordwall meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan pemahaman konsep siswa. Formatnya yang interaktif membuat pembelajaran terasa seperti permainan dan mengurangi kejenuhan di kelas. Guru memanfaatkan Wordwall untuk kegiatan kuis, permainan, dan pengulangan materi, yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi. Namun demikian, ditemukan tantangan seperti keterbatasan akses perangkat dan koneksi internet. Meskipun begitu, kreativitas guru dan dukungan sekolah turut membantu menjaga efektivitas pembelajaran. Secara keseluruhan, Wordwall terbukti menjadi alat yang praktis dan selaras dengan semangat Merdeka Belajar, serta mampu meningkatkan pengalaman belajar dan kualitas pengajaran.

Referensi

Afina, A. N., & Nisa, A. N. S. (2023). Strategi guru ilmu pengetahuan sosial dalam mengatasi demotivasi belajar siswa kelas VIII di MTS Negeri 02 Tegal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2).

Andriyanto, R., & Anwar, K. (2023). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Smp Negeri 1 Bandungan. Sosiolium, 5(2), 176–187.

Anggila, W. (2022). Persepsi Guru Bidang Studi Ips Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Di Smp Negeri Sekecamatan Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur. In Http://Repository.Iainbengkulu.Ac.Id/10101/.

Candra, G. E., & Wahzudik, N. (2024). Teachers’ Interpretation Of The Merdeka Curriculum As A Policy Innovation: A Phenomenological Exploration. Indonesian Journal Of Curriculum And Educational Technology Studies, 12(1), 25–35. Https://Doi.Org/10.15294/Ijcets.V12i1.16283

Falaq, Y., Putri, N. A., Sholeh, Muh., & Utomo, C. B. (2022). Teori Pembelajaran Transformatif Pada Pendidikan Ips. Harmony: Jurnal Pembelajaran Ips Dan Pkn, 7(2). Https://Doi.Org/10.15294/Harmony.V7i2.61711

Farida Nugrahani. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa.

Fatmiyati, N. (2022). Persepsi Guru Kelas Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sdn 140 Seluma Pada Materi Matematika. Jurnal Pendidikan Tematik, 3(3).

Fitriani, T., & Mulianingsih, F. (2024). Hambatan Guru Ips Dalam Implementasi Standar Proses Kurikulum Merdeka Di Smp Negeri 22 Semarang. Sosiolium, 6(2), 2025.

Ghozali, S. A., & Irawan, Y. L. (2024). Implementasi Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Sebagai Media Interaktif Dan Menarik Pada Mata Pelajaran Ips Di Smpn 16 Malang. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(4). Https://Doi.Org/10.17977/Um063.V4.I4.2024.4

Ginanjar, A., Putri, N. A., Sayidatun Nisa, A. N., Christian Putra, G. M., & Wiranto, A. P. (2025). Making Digital School: Digital-Based Social Studies Learning With Indigenous Knowledge. International Journal Of Multicultural And Multireligious Understanding (Ijmmu), 12(2), 268–282. Https://Doi.Org/10.18415/Ijmmu.V12i2.6482

Hermanto, F., Ulya, H., & Putri, N. A. (2025). Tantangan Dan Peluang Pengembangan Kurikulum Kolaboratif Dalam Lingkungan Pendidikan Merdeka Belajar. Journal Of Innovation Research And Knowledge, 4(8).

Indawati, D., Ferdiawati, F., Profesi Guru Pra Jabatan, P., Ilmu Sosial Dan Hukum, F., & Negeri Surabaya, U. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbantu Media Wordwall Pada Mata Pelajaran Ips. Pendas:Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4076–4087.

Lestari, D., & Mulianingsih, F. (2025). Analysis Of Social Studies Teachers’ Readiness In Implementing Inclusive Education At Junior High School 30 Semarang. International Journal Of Research And Review, 12, 62–72. Https://Doi.Org/10.52403/Ijrr.20250607

Merisa, N., & Naskah, H. (2023). Pengelolaan Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Disiplin Siswa Di Smp Negeri 3 Pangandaran (Vol. 1, Issue 1). Https://Glorespublication.Org/Index.Php/Sosiosaintika

Mulianingsih, F. (2017). Fenomena Rob Semarang Sebagai Sumber Belajar Ips. Harmony: Jurnal Pembelajaran Ips Dan Pkn, 2(1).

Rahmadani, D. K., Maheswari, N. I., Kurniawati, A., & Rednawati, U. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall Untuk Meningkatkan Pemahaman Konseptual Peserta Didik Materi Perdagangan Internasional Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Smpn 6 Sidoarjo (Studi Kasus Kelas Viii Di Smp Negeri 6 Sidoarjo). Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4398–4409.

Risqiyah, U. N., & Mulianingsih, F. (2022). Pengaruh Media Vlog (Video Blogging) Mitigasi Bencana Covid 19 Terhadap Hasil Belajar Ips Smp N 02 Randudongkal Pemalang. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran Ips, 4(1). Https://Doi.Org/10.15294/Sosiolium.V4i1.56239

Safitri, S. D., & Purnomo, A. (2025). Understanding Students’ Learning Styles And Its Implementation In History Learning By Teachers At Two State Madrasah Aliyah In Magelang Regency. International Journal Of Research And Review, 12, 249–258. Https://Doi.Org/10.52403/Ijrr.20250430

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Cv. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Cv. Alfabeta.

Susilo, A., Anwar, K., & S, L. A. (2024). Peran Pembelajaran Sejarah Dalam Membangun Karakter Bangsa Menuju Kemajuan Dan Persatuan. Journal Of Education And Instruction (Joeai), 7, 547–560. Https://Doi.Org/10.31539/Joeai.V7i2.12832

Ulul Azmi, F. S., Purnomo, A., & Mulianingsih, F. (2019). Kreativitas Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Di Smp Negeri 34 Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran Ips, 1(2). Https://Doi.Org/10.15294/Sosiolium.V1i2.36419

Wahyudi, I., & Ahmad, R. (2021). Ki Hadjar Dewantara’s Education Concept And Its Relevance To Education In Indonesia. Literasi Nusantara, 2(1). Https://Doi.Org/10.21107/Literasinusantara.V2n1.289

Yunita, & Hermanto, F. (2024). Problematika Dalam Pembelajaran Ips Pada Eramerdeka Belajar Di Smpn 16 Semarang. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran Ips, 6, 105–112. Https://Doi.Org/10.15294/Sosiolium.V6i2.8044

Za, M., Rahmiwati, & Ansar. (2024). Systematic Literature Review (Slr):Peningkatan Hasil Belajar Ips Murid Sd Melalui Penggunaan Media Berbasis Wordwall. Jurnal Ilmiah Pena, 16(01), 2089–8118. Https://Doi.Org/10.51336

Diterbitkan

2025-08-22

Cara Mengutip

Putri Nur Rahma, & Ferani Mulianingsih. (2025). Media Pembelajaran Wordwall dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 33 Semarang. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 9(2). Diambil dari https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/356