Kesesuaian Materi Teknik Pemesinan SMK Dengan Kualifikasi Kerja Industri Pemesinan
Kata Kunci:
relevansi kurikulum, kualifikasi kerja, pendidikan pemesinanAbstrak
Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) lulusan SMK mencapai 9,42%, tertinggi dibandingkan jenjang pendidikan lainnya, mengindikasikan adanya kesenjangan antara kompetensi lulusan dengan kebutuhan industri pemesinan. Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat relevansi materi kejuruan Teknik Pemesinan di SMK terhadap kualifikasi kerja industri pemesinan dan mengidentifikasi kesenjangan kompetensi untuk perbaikan kurikulum. Metode menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan analisis perbandingan berbasis skala General Education Development (GED) terhadap 212 kompetensi kurikulum SMK dan 215 tugas operator industri melalui observasi langsung di PT. Sawit Riau Makmur dan analisis dokumen Kurikulum Merdeka SMK Negeri 1 Rokan Hilir. Analisis menunjukkan hanya 25,1% materi sangat relevan, 28,1% cukup relevan, dan 46,8% kurang relevan dengan tugas operator industri. Mata pelajaran Teknologi Mekanik memiliki relevansi tertinggi (49,02%), sedangkan Teknik Pemesinan Frais terendah (65,97% kurang relevan). Penggunaan mesin berbasis komputer di industri (60,16%) tidak sejalan dengan dominasi mesin konvensional di SMK (45,3%). Penelitian ini memberikan rekomendasi konkret untuk revisi kurikulum melalui peningkatan integrasi teknologi CNC, penambahan jam praktik untuk mata pelajaran dengan relevansi rendah, dan penguatan kerjasama industri-sekolah untuk meningkatkan kesiapan kerja lulusan SMK.
Referensi
Ariyansah, R., Hasan, F. N., Ramzah, H., Mugisidi, D., Sinduningrum, E., & Rahmatullah, A. F. (2023). Pendalaman Kompetensi Keahlian Kejuruan Teknik Permesinan Kepada Siswa SMKN 1 Cikarang Pusat. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(4), 4480-4485.
BPS Kabupaten Rokan Hilir (2025) Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT). Rokan Hilir
BPS. (2024). Direktori Industri Besar dan Sedang Rokan Hilir. Indonesia: BPS.
Chastanti, I., Layyinnati, I., Srimulat, F. E., Fiqri, C. I. A., Syafriyeti, R., Afriani, D. T., ... & Sitaresmi, P. D. W. (2024). Inovasi pembelajaran dan pendidikan: teknologi untuk peningkatan kualitas pendidikan.
Efendi, S., Sutadji, E., & Mukhadis, A. (2012). Pencapaian Kompetensi Prakerin Ditinjau dari Persepsi Siswa tentang Kualifikasi Tempat, Pembimbingan, dan Umpan Balik pada Keahlian Teknik Mesin SMK. Jurnal Pendidikan dan Vokasi, 35(2), 115-124.
Harahap, R. R., Ayu, N., Ananda, P., Triana, A. O., Putri, A. S., Sinaga, W. M. P., ... & Siahaan, S. H. (2025). Bunga Rampai Pengantar Pendidikan.
Kemenperin. (2017). Kemenperin Terbitkan Aturan Pendidikan Kejuruan Berbasis Industri. Diambil kembali dari Kementrian perindustrian Republik Indonesia: http://www.kemenperin.go.id/artikel/17009/Kemenperin-Terbitkan-Aturan-Pendidikan-Kejuruan-Berbasis-Industri
Kunia, M. Y., Suherman, A., & Ariyano, A. (2015). Relevansi Materi Mata Kuliah Bodi Otomotif Dan Materi Mata Pelajaran Teknik Perbaikan Bodi Otomotif Dengan Materi Uji Kompetensi Standar Bsnp. Journal of Mechanical Engineering Education (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin), 2(1), 76-83.
Morgeson, F. P., Spitzmuller, M., Garza, A. S., & Campion, M. A. (2016). Pay Attention! The Liabilities of Respondent Experience and Carelessness When Making Job Analysis Judgments. (D. E. Rupp, Penyunt.) Journal of Management Sagepub, 42 (7), 1904–1933. doi:10.1177/0149206314522298
Nugroho, S. (2017). Relevansi Jobsheet Uji Kompetensi Keahlian (Ukk) Sekolah Menengah Kejuruan Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan Tahun Pelajaran 2016/2017 Terhadap Kebutuhan Dunia Usaha/Industri (DUDI) Manufaktur (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Jakarta).
Ridho, R., Hamdani, A., & Noor, R. A. (2018). Relevansi Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Dengan Kompetensi Kerja Di Industri Otomotif. Journal of Mechanical Engineering, 5(2).
Srimulat, F. E., Syafriyeti, R., Syaputra, G., Ritonga, S., Putri, D., Putri, A., ... & Yusuf, N. W. (2024). Teori-Teori Pendidikan.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
U.S. Department of Labor. (2010). Dictionary of Occupational Titles (DOT): General Educational Development (GED).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Rasyid Ridho Harahap, Yolana Nursafti, Dahrul Aman Harahap

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International