Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Dan Profesionalitas Guru: Studi Literatur
Kata Kunci:
Motivasi Kerja , Kinerja Guru, Profesional GuruAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mensintesis berbagai hasil penelitian terkait pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja dan profesionalitas guru. Melalui pendekatan studi literatur deskriptif-kualitatif, penulis menelaah 15 artikel ilmiah yang diterbitkan antara tahun 2015 hingga 2023. Hasil kajian menunjukkan bahwa motivasi kerja, baik intrinsik maupun ekstrinsik, memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kinerja dan profesionalitas guru di berbagai jenjang pendidikan. Guru yang termotivasi cenderung lebih inovatif, disiplin, bertanggung jawab, dan menjadi teladan di lingkungan sekolah. Selain itu, motivasi juga mendorong guru untuk terus mengembangkan kompetensinya. Meskipun terdapat faktor eksternal seperti insentif, kebijakan sekolah, dan iklim kerja, namun motivasi kerja terbukti sebagai faktor internal paling dominan yang menentukan kinerja dan profesionalitas guru. Studi ini juga menyoroti pentingnya dukungan sistemik untuk menjaga motivasi guru, serta membuka peluang riset lanjutan mengenai dinamika motivasi guru dalam konteks PNS vs non-PNS, adopsi teknologi pembelajaran, dan tantangan pascapandemi. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam merancang kebijakan peningkatan mutu pendidikan berbasis penguatan motivasi kerja guru.
Kata Kunci: Motivasi Kerja, Kinerja Guru, Profesionalitas Guru
Referensi
Alhusaini, A., Kristiawan, M., & Eddy, S. (2020). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan.
Arifatul, F. S., Assaniyah A. A., & Bunayya N. R., (2024). Faktor yang Mempengaruhi Kedisiplinan untuk Meningkatkan Efektivitas Kinerja Guru Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies, 7(3), 241–248.
Ayu I. P., & Delfi E. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak . Jurnal Basicedu, 6(3), 2580–3735.
Desvan A,, & Syahril D. (2025). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(3), 5535–5548.
Dewi, R. S., Kurniaitun, T. C., & Abubakar. (2018). Kemampuan Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1), 150–159. https://doi.org/10.17509/jap.v25i1.11581
Dewi, T. anggia. (2015). Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Sma Se-Kota Malang. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro), 3(1), 24–35. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.148
Hartanti, A. S., & Yuniarsih, T. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 167–175. https://doi.org/10.55719/jt.v9i1.1149
Mariana. (2018). Profesionalitas Guru Dalam Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Lawang Wetan Musi Banyuasin. Muaddib Islamic Education Journal, 1(1), 63–72.
Mokhamad S., Noor M,, & Titik H. (2023). PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN IKLIM ORGANISASI SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI . Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 12(2), 251–252.
Nabela, S., Fitria, H., & Nurkhalis. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesionalitas dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 2(1), 12–16. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32253
Nurfadilah, I., & Farihah, U. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 3(1), 105–128. https://doi.org/10.35719/jieman.v3i1.70
Putra, I. W. A., & Negara, I. G. A. O. (2021). Kontribusi Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SD. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 95–104. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32253
Sarumaha, S. (2020). Motivasi Kerja dan Profesionalisme terhadap Kinerja Guru di Nias Selatan. Jurnal Pendidikan Profesi.
Segantara, I. W., Yudana, I. M., & Sunu, I. G. P. (2017). Etos Kerja, Kompetensi, dan Motivasi terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan dan Evaluasi.
Urwatul W., Endang W., & Rasiman. (2023). Pengaruh Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja, dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 4(2), 640–647.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Abdul Khobir, Nailal Mubarokah, Nur Rahmaliya Aula Haanie, Diva Khasanadia

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International