Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Rantau Selatan

Penulis

  • Eka Putri Damayanti Siagian Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Syahraini Ritonga Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Muhammad Rusli Universitas Al Washliyah Labuhanbatu

DOI:

https://doi.org/10.58822/tbq.v9i1.293

Kata Kunci:

STAD, pembelajaran kooperatif, hasil belajar, model pembelajaran, Biologi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative lerning tipe STAD terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Rantau Selatan. Penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu eksperimen dan kelas kontrol, kelas eksperimen yaitu kelas X-4 diajarkan menggunaka metode pembelajaran cooperative tipe stad dan kelas kontrol yaitu kelas X-1 diajarkan dengan metode ceramah yaitu hanya meminta siswa memperhatikan materi yang diberikan oleh guru. Pengumpulan data dilakukan melalui bentuk tes, jumlah bentuk tes berupa 30 saol. Analisis data menggunakan uji stasistik t-test untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model cooperative learning tipe STAD. Siswa kelas eksperimen menunjukkan pemahaman yang lebih baik, model cooperative learning tipe stad terbuktik efektif dalam hasil belajar siswa. Rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen adalah 82,42 dan meningkat menjadi 92,37 nilai post test, menunjukkan peningkaan sebesar. Sementara nilai pre-test kelas kontrol yang tidak menggunakan model cooperative learning tipe STAD hanya mengalami peningkatan dari 87,17 menjadi 88,45 menunjukkan peningkatan sebesar. Hasil hipotesis t-hitung 4,13 > t-tabel 2,000 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Penolakan H0 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai post-test siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol.

Referensi

Abd Rahman Bp (Juni 2022). Pengertian Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam. 2(1), 1-8. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/download/7757/4690

Anisa Miftahul Jannah (September 2024). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe STAD Bebantuan Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 06 Lubuklinggau. Pendes: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 9(1). 707-713. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/download/18679/8096/73835

Awaluddin (Desember 2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) Terhadap Motivasi Dan Kemandirian Belajar Pada Rotasigaris Yang Berputar Di Kelas XI SMA Negeri 3 Pemekasan. Pendes: Jurnal Ilmiah Pendididkan Dasar. 9(4). 223-233. Https://Journal.Unpas.Ac.Id/Index.Php/Pendas/Article/View/23313/11095

Chinta prameswari (november 2024). pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar bentuk aljabar siswa. Jurnal cindekia: jurnal pendidikan matematika. 08(03). 2183-2188.

Gilang Eko Setyo Suharjono (2024). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Model Kooperati Tipe STAD Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. 7(2). 257-269. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/78492/30371

I Komang Gede Sudarsana (Mei 2021). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Indonesia Jurnal Of Educational Developement. 2(1). 167-186. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/ijed/article/download/1087/945/4059

Made Suparmini (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar. Jurnal Of Education Action Research. 5(1). 67-73. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/31559/17751

Miza Nina Adini (September 2023). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar IPA SMP PAB 10 Medan Estate. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI. 10(3). 610-620. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1940.

Moh.Zaini (2024). PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF IIMAM AL GHAZALI DAN RELEVASINYA DI ERA SOCIETY 5.0. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi. 11(1). 174-193. https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/EDUSAINTEK/article/download/1001/659/.

Muhammad Maulana Ikhsan (1-31 Oktober 2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Discovery: Jurnal Ilmu Pengetahuan. 9(2). 85-95. https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/discovery/article/view/6654/3442

Nurjanah (2023). Pembelajaran defiensi pada kurikulum merdeka di sekolah dasar berbasi modul digital. Pendes: jurnal ilmiah pendidikan dasar. 9(01). 1669-1678. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/download/8081/3062/32732

Putri Ayu Mahalini (April 2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA N4 Jeneponto. Jurnal Of Educational Technology, Curriculum Learning, And Communication. 3(2). 38-44. https://ojs.unm.ac.id/JETCLC/article/download/37851/pdf

Diterbitkan

2025-06-11

Cara Mengutip

Eka Putri Damayanti Siagian, Syahraini Ritonga, & Muhammad Rusli. (2025). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Rantau Selatan. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 9(1). https://doi.org/10.58822/tbq.v9i1.293