Pengaruh Penerapan Model Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI SMA N 1 Kualuh Selatan

Penulis

  • Sopianah Siregar Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
  • Erlia Utami Panjaitan Universitas Al Washliyah Labuhanbatu, Indonesia
  • Witma Novita Atnur Universitas Al Washliyah Labuhanbatu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58822/tbq.v9i1.286

Kata Kunci:

Pembelajaran, Think Talk Write, Hasil belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI SMA N 1 Kualuh Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa, variabel bebas yaitu model Think Talk Write. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu, kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol, dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen. Untuk mengetahui hasil belajar siswa instrument yang digunakan adalah tes yang berupa soal pilihan berganda yang terdiri dari 20 item soal. Analisis data menggunakan uji dependent sampel t-test dan diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, dihasilkan nilai t pada kelas eksperimen adalah 36,615, maka thitung>ttabel (36,615>1,699). Adapun nilai t pada kelas kontrol adalah 32,338, maka thitung>ttabel (32,338>1,699). Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, dengan kata lain bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan model pembelajaran Think Talk Write terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA N 1 Kualuh Selatan.

Referensi

Sumarni, S. (2019). Model penelitian dan pengembangan (R&D) lima tahap (MANTAP). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan, 1(1), 6.

Gistra, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas X SMA 2 Payakumbuh. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Sumatra Barat.

Kusumaningrum, Diah. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Pokok Fungsi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Wonodadi. Skripsi. Kediri:Universitas Nusantara.

Safitri, Hana (2017). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Min 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Suparya, I. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Disekolah Dasar. Widyacarva. 2(2): 19-24.

Herliani (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (Ttw) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata P Pelajaran Biologi di SMA Negeri 8 Samarinda. Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS. 1:13.

Hamdani, A. D., & Dewi, D. A. (2021). Pendidikan kewarganegaraan dalam kehidupan bersosialisasi dan membangun karakter bangsa pada siswa sekolah dasar. konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 13(1), 105–113.

Diterbitkan

2025-06-11

Cara Mengutip

Sopianah Siregar, Erlia Utami Panjaitan, & Witma Novita Atnur. (2025). Pengaruh Penerapan Model Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI SMA N 1 Kualuh Selatan. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 9(1). https://doi.org/10.58822/tbq.v9i1.286