Analisis Penggunaan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Di SMP Al-Mukmin Benteng Hilir
DOI:
https://doi.org/10.58822/tbq.v9i1.279Kata Kunci:
Metode Cooperative Integrated Reading And Composition, Hasil Belajar AqidahAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang pembelajaran dan pemahaman Aqidah bagi siswa kelas VIII SMP Al Mukmin, dengan upaya pendekatan menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini dengan menggunakan metode penelitian tindekan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kenaikan yang signifikan hasil belajar aqidah dengan penerapan langkah-langkah model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition. Dalam siklus I saat pengambilan data belum diterapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition hasil belajar siswa masih cukup rendah, yaitu dengan menunjukkan nilai hasil belajar Kemudian pada saat sudah diterapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition hasil belajar siwa meningkat menjadi 57,5% pada siklus I dengan nilai rata-rata 72,02%. Pada siklus II setelah menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition, menunjukkan hasil rata-rata 85,0%. Hal ini menunjukan terdapat kenaikan yang signifikan sebesar 12,98%.
Referensi
Ariyana, I Komang Sesara, and I Nengah Suastika, ‘Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Sebagai Salah Satu Strategi Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar’, Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22.1 (2022), p. 203, doi:10.33087/jiubj.v22i1.2016
Dozan, Wely, ‘Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Surat Al-Alaq Ayat 1-5’, Ta’limuna, 9.02 (2020), pp. 153–69
Kartika, Yuni, Muhammad Tamrin, and Muhajir Musa, ‘Implementasi Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran PAI DI SMA Negeri 5 Kota Kupang’, Ta Lim Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2.1 (2023), pp. 60–69, doi:10.59098/talim.v2i1.893
Resti Nur Lailia Qodriani, Asrori, and Rusman, ‘Implementasi Metode Pembelajaran Kuis Interaktif Berbasis Mentimeter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam’, Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7.2 (2022), pp. 326–39, doi:10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).9689
Utari Ramadhani, Marhan Hasibuan, ‘Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ )Materi Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Min Sihite Dolok Sanggul’, 1.2 (2019), p. 116
Yuniendel, Ratna Kasni, Ainil Mardiah, and Zulvia Trinova, ‘Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Tazakka: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 1.01 (2023), pp. 40–52, doi:10.24036/tazakka.v1i01.8
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Irfan Fiddin

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International