Analisis Penggunaan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Di SMP Al-Mukmin Benteng Hilir

Penulis

  • Irfan Fiddin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu

DOI:

https://doi.org/10.58822/tbq.v9i1.279

Kata Kunci:

Metode Cooperative Integrated Reading And Composition, Hasil Belajar Aqidah

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang pembelajaran dan pemahaman Aqidah bagi siswa kelas VIII SMP Al Mukmin, dengan upaya pendekatan menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini dengan menggunakan metode penelitian tindekan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa  terdapat kenaikan yang signifikan hasil belajar aqidah dengan penerapan langkah-langkah model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition. Dalam siklus I saat pengambilan data belum diterapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition hasil belajar siswa masih cukup rendah, yaitu dengan menunjukkan nilai hasil belajar  Kemudian pada saat sudah diterapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition hasil belajar siwa meningkat menjadi 57,5% pada siklus I dengan nilai rata-rata 72,02%. Pada siklus II setelah menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition, menunjukkan hasil rata-rata 85,0%. Hal ini menunjukan terdapat kenaikan yang signifikan sebesar 12,98%.

Referensi

Ariyana, I Komang Sesara, and I Nengah Suastika, ‘Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Sebagai Salah Satu Strategi Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar’, Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22.1 (2022), p. 203, doi:10.33087/jiubj.v22i1.2016

Dozan, Wely, ‘Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Surat Al-Alaq Ayat 1-5’, Ta’limuna, 9.02 (2020), pp. 153–69

Kartika, Yuni, Muhammad Tamrin, and Muhajir Musa, ‘Implementasi Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran PAI DI SMA Negeri 5 Kota Kupang’, Ta Lim Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2.1 (2023), pp. 60–69, doi:10.59098/talim.v2i1.893

Resti Nur Lailia Qodriani, Asrori, and Rusman, ‘Implementasi Metode Pembelajaran Kuis Interaktif Berbasis Mentimeter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam’, Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7.2 (2022), pp. 326–39, doi:10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).9689

Utari Ramadhani, Marhan Hasibuan, ‘Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ )Materi Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Min Sihite Dolok Sanggul’, 1.2 (2019), p. 116

Yuniendel, Ratna Kasni, Ainil Mardiah, and Zulvia Trinova, ‘Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Tazakka: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 1.01 (2023), pp. 40–52, doi:10.24036/tazakka.v1i01.8

Diterbitkan

2025-06-11

Cara Mengutip

Irfan Fiddin. (2025). Analisis Penggunaan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Di SMP Al-Mukmin Benteng Hilir. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 9(1). https://doi.org/10.58822/tbq.v9i1.279