Persepsi Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Implementasi Kecerdasan Buatan (AI) Dalam Proses Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.58822/tbq.v9i1.275Kata Kunci:
Persepsi Guru, Pendidikan Agama Islam, Kecerdasan Buatan, Literasi AI, Pembelajaran DigitalAbstrak
Perkembangan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dalam dunia pendidikan membuka peluang baru sekaligus tantangan, terutama bagi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang harus menyeimbangkan inovasi teknologi dengan nilai-nilai keislaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi guru PAI terhadap implementasi AI dalam pembelajaran, dengan fokus pada literasi AI, kebutuhan pelatihan, hambatan persepsional, dan sikap terhadap AI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode PLS-SEM dan melibatkan 80 guru PAI di Labuhanbatu melalui teknik purposive sampling. Hasil menunjukkan bahwa literasi AI berpengaruh positif terhadap kebutuhan pelatihan, yang kemudian berdampak signifikan terhadap sikap positif terhadap AI. Sebaliknya, hambatan persepsional berdampak negatif terhadap sikap tersebut. Terdapat pula pengaruh tidak langsung antara literasi AI dan sikap guru melalui mediasi kebutuhan pelatihan. Penelitian ini menegaskan pentingnya peningkatan literasi AI serta pelatihan yang relevan untuk mendukung kesiapan guru PAI dalam memanfaatkan AI secara efektif dan sesuai nilai Islam.
Referensi
Amalia, Anisa, and others, Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence (AI) Di Sekolah (Penerbit NEM, 2024)
Aribyan, Ananta Nur, and Bagus Setiawan, ‘Persepsi Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMA Negeri 1 Durenan’, Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Jupendis), 3.1 (2025), pp. 65–82
Daulay, Musnar Indra, and Dahraini Hannum Daulay, ‘Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Untuk Anak Usia Dini’, Jurnal Mutiara Pendidikan, 5.1 (2025), pp. 158–67
Dewi, Citra Trisna, Nur Wulandari Fitri, and Ovi Soviya, ‘Neurosains Dalam Pembelajaran Agama Islam’, Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 6.2 (2018), pp. 259–80
Fahmi, Ikhsan Nur, ‘Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Islam Dalam Pembelajaran PAI Dan Implikasinya Terhadap Sikap Sosial Siswa Di SMA MA’ARIF NU 1 Kemranjen Kabupaten Banyumas’ (Institut Agama Islam Negeri Purwokerto (Indonesia), 2021)
Hildawati, Hildawati, and others, Literasi Digital: Membangun Wawasan Cerdas Dalam Era Digital Terkini (PT. Green Pustaka Indonesia, 2024)
Idhar, Idhar, ‘Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Akhlak Mulia Peserta Didik’, Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan, 8.1 (2017)
Maryana, Ina, ‘Desain Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Era Society 5.0: Pendekatan Kajian Literatur’, Journal of Society and Development, 4.2 (2025)
Neneng, Neneng, and others, ‘Konsep Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Almuhajirin Perum Baros Kencana Kota Sukabumi’, Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1.3 (2023), pp. 35–45
Oktavianus, Arnolus Juantri E, Lamhot Naibaho, and Djoys Anneke Rantung, ‘Pemanfaatan Artificial Intelligence Pada Pembelajaran Dan Asesmen Di Era Digitalisasi’, Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 5.2 (2023), pp. 473–86
Purnomo, Dimas, Muhammad Afif Marta, and Gusmaneli Gusmaneli, ‘Pemanfaatan Media Interaktif Dalam Strategi Pembelajaran PAI Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik’, Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3.2 (2025), pp. 64–77
Raharjo, Budi, ‘Teori Etika Dalam Kecerdasan Buatan (AI)’, Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 2023, pp. 1–135
Satiadharmanto, Deddi Fasmadhy, and others, ‘Membangun Karakter Anak Di Era Digital: Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Perlindungan Hukum’, Maximal Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya Dan Pendidikan, 2.1 (2024), pp. 97–108
Sunardi, Stanislaus, and others, Strategi Mutakhir Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra (Sanata Dharma University Press, 2023)
Tarumasely, Yowelna, and others, Perubahan Paradigma Pendidikan Melalui Teknologi AI; Membaca Perubahan Motivasi Dan Kemandirian Belajar Siswa Di Indonesia (Academia Publication, 2024)
Wang, Claudia, and others, ‘Peran Teknologi Dalam Transformasi Pendidikan Di Indonesia’, Kemdikbud, 4.2 (2023), pp. 1–7
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Sudirman Sudirman, Intan Kumalasari, Taufiq Hidayat siregar, Susrianingsih, Leli Hasanah Lubis

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International