Korelasi Antara Prophetic Intelligence (Kecerdasan Kenabian) Terhadap Prestasi Belajar PAI Di SMP Al-Furqan MQ Tebuireng Jombang
DOI:
https://doi.org/10.58822/tbq.v9i1.274Kata Kunci:
Kecerdasan Kenabian, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama IslamAbstrak
Penelitian ini merupakan penelitian yang digunakan untuk menemukan dan mendeskripsikan apakah ada hubungan atau korelasi antara kecerdasan kenabian dengan prestasi belajar di SMP aL-Furqan MQ. Kecerdasan kenabian merupakan suatu metode kecerdasan yang tidak hanya melihat kemampuan seseorang hanya dari kecerdasan intelektualnya saja, melainkan dari ruhaniyyah dan bathiniyyahnya.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. korelasi adalah teknik menganalisis statistik untuk mencari hubungan dari dua variabel. Hubungan dua variabel itu bisa terjadi karena adanya hubungan sebab akibat atau hanya kebetulan. Desain penelitian ini dengan menyebarkan angket yang berisi peertanyaan-pertanyaan tentang kecerdasan kenabian (x) dan nilai rapor PAI sebagai variable prestasi belajar (Y). Berdasarkan hasil yang didapatkan bahwa, Kecerdasan Kenabian siswa SMP AL-Furqan MQ Tebuireng Jombang termasuk berada pada kategori Sedang sebanyak 57 Siswa dengan Prosentase 55%. Prestasi belajar siswa SMP AL-Furqan MQ Tebuireng Jombang termasuk berada pada kategori Sedang yaitu ssebanyak 53 Siswa dengan Prosentase 51%. Serta terdapat korelasi antara kecerdasan kenabian dengan prestasi belajar PAI, sebesar 39% atau 0,390 > 0.05. itu artinya, bahwa setiap kenaikan nilai kecerdasan kenabian akan naik pula nilai prestasi belajar PAI.
Referensi
Adz-Dzakiey, Hamdani Bakran. Psikologi Kenabian: Prophetic Psychology: Menghidupkan Potensi Dan Keperibadian Kenabian Dalam Diri. Pustaka Al-Furqan, 2007.
Arikunto, Suharsimi. “Manajemen Penelitian,” 2005.
———. “Metodepenelitian.” Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Djazari, Moh, Diana Rahmawati, And Mahendra Adhi Nugroho. “Pengaruh Sikap Menghindari Risiko Sharing Dan Knowledge Self-Efficacy Terhadap Informal Knowledge Sharing Pada Mahasiswa Fise Uny.” Nominal Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen 2, No. 2 (2013): 181–209.
Goleman, Daniel. “Emotional Intelligence, New York, Ny, England.” Bantam Books, Inc, 1995.
Hardinata, Mullia, Nasrun Nasrun, And Darman Darman. “Hubungan Lingkungan Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Memelihara Baterai Kelas X Teknik Kendaraan Ringan Smk Negeri 1 Padang.” Automotive Engineering Education Journals 4, No. 1 (2015).
Hm, Ely Manizar. “Mengelola Kecerdasan Emosi.” Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, No. 2 (2016): 198–213.
Hosna, Rofiatul. “Pengembangan Model Pembelajaran Sinektik Di Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Pendidikan Islam 28, No. 2 (2013): 237–52.
Idawati, Khoirotul, And Hanifudin Mahadun. “The Role Of Spiritual Leadership In Improving Job Commitment, Organizational Citizenship Behavior And Employee Performance.” Jurnal Aplikasi Manajemen 20, No. 3 (2022): 578–93.
Kibtiyah, Asriana. “Kebijakan Dan Strategi Pendidikan Nasional Untuk Mewujudkan Guru Profesional Dalam Melaksanakan Pendidikan Karakter.” Al Tadib: Jurnal Ilmu Pendidikan 11, No. 2 (2021): 107–21.
Mahdy, Emiral, And Imam Ghozali. “Analisis Pengaruh Locus Of Control Dan Kompleksitas Tugas Audit Terhadap Kinerja Auditor Internal (Studi Pada Auditor Internal Pemerintah Yang Bekerja Pada Inspektorat Provinsi Jawa Tengah).” Fakultas Ekonomika Dan Bisnis, 2012.
Mahmud, Amir, And Suriyanti Suriyanti. “Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan.” Center Of Economic Students Journal 5, No. 2 (2022): 86–95.
Meidiawati, Karina, And Titik Mildawati. “Pengaruh Size, Growth, Profitabilitas, Struktur Modal, Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan.” Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (Jira) 5, No. 2 (2016).
Muhson, Ali. “Teknik Analisis Kuantitatif.” Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta, 2006, 183–96.
Mukodi. “Kecerdasan Kenabian; Studi Pemikiran Hamdani Bakran Adz-Dzakiey.” Jurnal Penelitian Pendidikan 1, No. 2 (2009): 138–53.
Sudjana, D R. “Metode Statistika,” 2005.
Sugiyono, Dr. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D,” 2013.
Supratno, Haris, And Resdianto Raharjo. “Multicultural And Character Education As The Model Of Mental Revolution Movement To Prevent Santri Radicalism” 108, No. Soshec 2017 (2018): 156–59.
Zidane Ardiansyah, Ryan Gunawan, And Ani Nur Aeni. “Penyuluhan Pentingnya Akhlakul Karimah Bagi Mahasiswa Dalam Menjalani Kehidupan Perkuliahan.” Jurnal Pengabdian Untukmu Negeri 5, No. 2 (2021): 151–56.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Askoning, Haris Supratno, Hanifuddin, Khoirotul Idawati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International