PEMANFAATAN E-LEARNING DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Penulis

  • Andini Sukma Suci Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Banatul Khoiriyah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu
  • Dewi puspita Sari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu
  • muhammad Zulham Munte Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu

DOI:

https://doi.org/10.58822/tbq.v8i2.237

Kata Kunci:

Pemanfaatan ELearning, Madrasah Ibtidaiyah

Abstrak

Di era modern seperti saat ini teknologi informasi telah mengalami
perkembangan yang sangat pesat, khususnya dalam ilmu pendidikan
penggunaan internet dalam pendidikan terus berkembang. E-learning
merupakan bentuk pembelajaran yang memanfaatkan perangkatelektronik baik yang menggunakan akses internet maupun tidak. Dalam
dunia pendidikan sendiri penggunaan akses internet sudah banyak
digunakan untuk pemanfaatan aplikasi/system sebagai media
pembelajaran. Salah satu sarana belajar yang digunakan di madrasah
adalah e-learning yang dapat digunakan di computer, laptop maupun
gawai. Hasilnya, pembelajaran mejadi lebih efektif tanpa harus
bertatap muka. Dapat dilaksanakan realtime sebagaimana
pembelajaran tatap muka pada umumnya, hanya saja baik guru
maupun peserta didik wajib menyediakan kuota akses internet, karena
e-learning diakses menggunakan jaringan internet. E-learning bisa
menjadikan peserta didik lebih aktif dalam belajar dimanapun dan
kapanpun mereka membutuhkan. E-learning dalam pembelajaran
memudahkan siswa dan guru dalam mengakses informasi tentang materi
yang hendak dipelajari.

Referensi

Ika, I., Huddin, I. S., Sardi, S., & Ainun, S. (2022). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ELEARNING PADA MATA PELAJARAN PAI DALAM PEMBENTUKAN

KARAKTER SISWA DI SDN KADEMANGAN 02. el-Moona: Jurnal Ilmu

Pendidikan Islam, 4(2), 69-80.

S c o p e : E d u c a t i o n , E c o n o m y & S a i n s | 19

Insiyah, S. J. (2020). E-learning madrasah dan solusi pembelajaran di tengah-tengah pandemi

Covid-19. Khazanah: Jurnal Edukasi, 2(2), 139-147.

Iqbal, M. (2023). Manajemen Pembelajaran PAI Berbasis E-Learning di Madrasah

Ibtidaiyah. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Madrasah

Ibtidaiyah, 2(2), 121-128.

Magdalena, I., Andriyanto, A., & Refaldi, R. R. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran ELearning Menggunakan Whatsapp sebagai Solusi di Tengah Penyebaran Covid-19 di

SDN Gembong 1. AS-SABIQUN, 2(2), 1-16.

Nafi’ah, J. (2021). Adaptasi Pembelajaran E-Learning dan Blended Learning di Era New

Normal pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan

Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 23-36.

Puspitoningrum, E., Resya, K. N. P., Syamsuri, S., Pratiwi, E. Y. R., & Mere, K. (2024).

Penerapan E-Learning Sebagai Sumber dan Media Belajar pada Kurikulum Merdeka

di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(1),

-205.

Diterbitkan

2024-12-25

Cara Mengutip

Andini Sukma Suci, Banatul Khoiriyah, Dewi puspita Sari, & muhammad Zulham Munte. (2024). PEMANFAATAN E-LEARNING DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 8(2). https://doi.org/10.58822/tbq.v8i2.237