PEMANFAATAN E-LEARNING DI MADRASAH IBTIDAIYAH
DOI:
https://doi.org/10.58822/tbq.v8i2.237Kata Kunci:
Pemanfaatan ELearning, Madrasah IbtidaiyahAbstrak
Di era modern seperti saat ini teknologi informasi telah mengalami
perkembangan yang sangat pesat, khususnya dalam ilmu pendidikan
penggunaan internet dalam pendidikan terus berkembang. E-learning
merupakan bentuk pembelajaran yang memanfaatkan perangkatelektronik baik yang menggunakan akses internet maupun tidak. Dalam
dunia pendidikan sendiri penggunaan akses internet sudah banyak
digunakan untuk pemanfaatan aplikasi/system sebagai media
pembelajaran. Salah satu sarana belajar yang digunakan di madrasah
adalah e-learning yang dapat digunakan di computer, laptop maupun
gawai. Hasilnya, pembelajaran mejadi lebih efektif tanpa harus
bertatap muka. Dapat dilaksanakan realtime sebagaimana
pembelajaran tatap muka pada umumnya, hanya saja baik guru
maupun peserta didik wajib menyediakan kuota akses internet, karena
e-learning diakses menggunakan jaringan internet. E-learning bisa
menjadikan peserta didik lebih aktif dalam belajar dimanapun dan
kapanpun mereka membutuhkan. E-learning dalam pembelajaran
memudahkan siswa dan guru dalam mengakses informasi tentang materi
yang hendak dipelajari.
Referensi
Ika, I., Huddin, I. S., Sardi, S., & Ainun, S. (2022). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ELEARNING PADA MATA PELAJARAN PAI DALAM PEMBENTUKAN
KARAKTER SISWA DI SDN KADEMANGAN 02. el-Moona: Jurnal Ilmu
Pendidikan Islam, 4(2), 69-80.
S c o p e : E d u c a t i o n , E c o n o m y & S a i n s | 19
Insiyah, S. J. (2020). E-learning madrasah dan solusi pembelajaran di tengah-tengah pandemi
Covid-19. Khazanah: Jurnal Edukasi, 2(2), 139-147.
Iqbal, M. (2023). Manajemen Pembelajaran PAI Berbasis E-Learning di Madrasah
Ibtidaiyah. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Madrasah
Ibtidaiyah, 2(2), 121-128.
Magdalena, I., Andriyanto, A., & Refaldi, R. R. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran ELearning Menggunakan Whatsapp sebagai Solusi di Tengah Penyebaran Covid-19 di
SDN Gembong 1. AS-SABIQUN, 2(2), 1-16.
Nafi’ah, J. (2021). Adaptasi Pembelajaran E-Learning dan Blended Learning di Era New
Normal pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 23-36.
Puspitoningrum, E., Resya, K. N. P., Syamsuri, S., Pratiwi, E. Y. R., & Mere, K. (2024).
Penerapan E-Learning Sebagai Sumber dan Media Belajar pada Kurikulum Merdeka
di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(1),
-205.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Andini Sukma Suci, Banatul Khoiriyah, Dewi puspita Sari, muhammad Zulham Munte
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International