PERKEMBANGAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.58822/tbq.v8i2.232Kata Kunci:
Education, InclusiveAbstrak
Jurnal ini mengulas tentang Perkembangan Pendidikan Inklusif di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang bagaimana sejarah pendidikan inklusif disekolah tepatnya diindonesia sampai pada perkembangannya di pendidikan saat ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi literatur yang mengambil sumber atau acuan yang terpercaya dari beberapa buku. Kegiatan yang dilakukan pada penelitian ini yaitu pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengelolah bahan penelitian yang sesuai dengan masalah yang ada. Adapun penjelasan pada jurnal ini memuat tentang pengertian dari pendidikan inklusif, sejarah pendidikan inklusif di Indonesia sampai penjelasan tentang bagaimana perkembangan pendidikan inklusif di Indonesia.
Referensi
Carol Ann Tomlinson. (2001). The Differentiated Classroom: Responding to the Needs of All Learners. ASCD (Association for Supervision and Curriculum Development).
David Smith. (2012). Sekolah Inklusif Konsep dan Penerapan Pembelajaran. Nuansa.
Dr. Daniel dan Dr. Warsiah. (2008). Metodologi Penelitian. RajaGrafindo Persada.
Geniofam. (2010). Mengasuh dan Mensukseskan Anak Berkebutuhan Khusus. Gerai Ilmu.
Tarmansyah. (2009). Perspektif Pendidikan Inklusif Pendidikan Untuk Semua. UNP Press.
Tony Ainscow. (2005). Developing Inclusive Education Systems: The Role of School Leaders. UNESCO.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Muhammad Zein Damanik, Mala Hayati Siahaan, Sri Murniati Damanik

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International