PERKEMBANGAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI INDONESIA

Penulis

  • Muhammad Zein Damanik STAI Panca Budi Perdagangan
  • Mala Hayati Siahaan STAI Panca Budi Perdagangan
  • Sri Murniati Damanik STAI Panca Budi Perdagangan

DOI:

https://doi.org/10.58822/tbq.v8i2.232

Kata Kunci:

Education, Inclusive

Abstrak

Jurnal ini mengulas tentang Perkembangan Pendidikan Inklusif di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang bagaimana sejarah pendidikan inklusif disekolah tepatnya diindonesia sampai pada perkembangannya di pendidikan saat ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi literatur yang mengambil sumber atau acuan yang terpercaya dari beberapa buku. Kegiatan yang dilakukan pada penelitian ini yaitu pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengelolah bahan penelitian yang sesuai dengan masalah yang ada. Adapun penjelasan pada jurnal ini memuat tentang pengertian dari pendidikan inklusif, sejarah pendidikan inklusif di Indonesia sampai penjelasan tentang bagaimana perkembangan pendidikan inklusif di Indonesia.

Referensi

Carol Ann Tomlinson. (2001). The Differentiated Classroom: Responding to the Needs of All Learners. ASCD (Association for Supervision and Curriculum Development).

David Smith. (2012). Sekolah Inklusif Konsep dan Penerapan Pembelajaran. Nuansa.

Dr. Daniel dan Dr. Warsiah. (2008). Metodologi Penelitian. RajaGrafindo Persada.

Geniofam. (2010). Mengasuh dan Mensukseskan Anak Berkebutuhan Khusus. Gerai Ilmu.

Tarmansyah. (2009). Perspektif Pendidikan Inklusif Pendidikan Untuk Semua. UNP Press.

Tony Ainscow. (2005). Developing Inclusive Education Systems: The Role of School Leaders. UNESCO.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-25

Cara Mengutip

Zein Damanik, M., Hayati Siahaan, M., & Murniati Damanik, S. (2024). PERKEMBANGAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI INDONESIA . Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 8(2). https://doi.org/10.58822/tbq.v8i2.232