EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME BERBASIS DARING MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MASA COVID-19 DI STITA LABUHANBATU
Kata Kunci:
model pembelajaran, konstruktivisme berbasis daring, masa covid-19Abstrak
Penyebaran virus covid-19 menjadi penyebab diterapkannya berbagai
kebijakan untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 di Indonesia.
Dalam bidang Pendidikan, Kementerian Pendidikan di Indonesia mengeluarkan
kebijakan yaitu dengan merubah sitem belajar mengajar di sekolah dan Kampuskampus dengan menggunakan sistem dalam jaringan (daring).
Perubahan situasi dan kondisi ini menuntut dunia pendidikan tidak terkecuali
pendidikan kewarganegaraan, untuk mengembangkan sebuah model pembelajaran
yang bisa mengikuti perkembangan situasi dan kondisi, salah satunya yaitu melalui
model pembelajaran konstruktivisme berbasis daring yang diterapkan pada mata
kuliah Pendidikan Kewarganegaraan pada masa covid-19.
Pengembangan model pembelajaran konstruktivisme berbasis daring berfungsi
untuk menjadi mediasi dalam menjawab tantangan pendidikan di masa Covid-19.
Model pembelajaran konstruktivisme berbasis daring dapat dijadikan alat bantu
model pembelajaran dengan cara memanfaatkan internet sebagai media dan sumber
pembelajaran. Sehingga proses pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik
dan dapat dikemas lebih menarik serta informasi materi pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan pun dapat dengan mudah diakses meski dalam masa pandemi
covid-19.