PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DI ERA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.58822/tbq.v8i1.200Kata Kunci:
Pengembangan Profesionalisme, Guru, Era DigitalAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang profesionalisme pembangunan. Merupakan metode penelitian kualitatif yang berbentuk penelitian kepustakaan, yang diperoleh dari hasil penelaahan berbagai publikasi dengan menggunakan jurnal, tesis atau makalah penelitian yang relevan dengan penelitian tersebut. Metode penelitian ini digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini terlihat dari disahkannya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Takarannya serta Peraturan Pemerintah Nomor 74 tentang Guru di Indonesia, yang berupaya memajukan profesi guru melalui perlindungan hukum, pemerintah menunjukkan komitmennya untuk menjadikan guru sebagai profesi yang berdaya dan dihormati. Guru harus memiliki kualifikasi yang diperlukan agar dapat menggunakan teknologi digital secara efektif, mengingat perkembangannya yang pesat. Pemanfaatan inovasi dan kreativitas dalam penerapan teknologi pendidikan dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi terkini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan profesionalisme guru untuk meningkatkan kompetensi profesional guru. Seorang pendidik yang profesional perlu terus menjadi lebih kompeten agar dapat terus menjadi lebih baik.
Referensi
Firmadani, F. (2021). Strategi pengembangan kompetensi profesional guru sekolah menengah atas. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(2), 192-207.
Hamid, A. (2020). Profesionalisme Guru Dalam Proses Pembelajaran. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(1), 1-17.
Jubaidah. (2011). Profesionalisme Guru Dan Hubungannya Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mi Al-Munawwarah Kecamatan Sape Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (Iain) Mataram. Fakultas Tarbiyah. Program Dual Mode System.
Mustofa, M. (2007). Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru Di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 4(1), 76-88.
Notanubun, Z. (2019). Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru Di Era Digital (Abad 21). Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(2), 54-64.
Nasriyah, N., Pratiwi, N., Ayu, S., & Halim, A. (2021). Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Digital. In Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multi Disiplin 4, 187-192.
Sianturi, M. V., & Simanjuntak, M. P. U. (2024). Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru di Era Digital. Jurnal Pendidikan Agama dan Teologi, 2(1), 180-190.
Saerang, H. M., Lembong, J. M., Sumual, S. D. M., & Tuerah, R. M. S. (2023). Strategi pengembangan profesionalisme guru di era digital: Tantangan dan peluang. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 65-75.
Sadriani, A., Ahmad, M. R. S., & Arifin, I. (2023,). Peran Guru Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Era Digital. In Seminar Nasional Dies Natalis 1, (62) 32-37..
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Zahara Salma, Mutiah Nasution, M. Ardiansyah Panjaitan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International