TRANSFORMASI DIGITAL DALAM PENDIDIKAN MI/SD
DOI:
https://doi.org/10.58822/tbq.v8i1.197Kata Kunci:
Transformasi Digital, Pendidikan Dasar, Madrasah IbtidaiyahAbstrak
Abstrak
Transformasi digital telah menjadi bagian penting dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Di tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD), adopsi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) membawa perubahan signifikan dalam metode pengajaran, materi pembelajaran, dan keterlibatan siswa. Penelitain ini bertujuan untuk mengeksplorasi berbagai aspek transformasi digital dalam pendidikan MI/SD melalui pendekatan studi naskah. Metode penelitian kualitatif ini melibatkan analisis mendalam terhadap literatur yang relevan untuk mengidentifikasi manfaat, tantangan, dan dampak dari penerapan teknologi dalam pendidikan dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi digital memungkinkan pembelajaran yang lebih interaktif dan fleksibel, memperkaya sumber daya pendidikan, serta meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa. Namun, implementasi teknologi juga menghadapi hambatan seperti keterbatasan akses internet, ketersediaan perangkat, serta kesiapan dan kompetensi guru dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun terdapat berbagai tantangan, transformasi digital dalam pendidikan MI/SD memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mempercepat tercapainya tujuan pendidikan nasional. Dukungan yang berkelanjutan dan kebijakan yang tepat diperlukan untuk mengatasi hambatan tersebut dan memastikan transformasi digital dapat diimplementasikan secara efektif dan inklusif.
Referensi
Clara Novita Anggraini, Dkk, ‘Program Pendidikan Literasi Digital Untuk Guru Sekolah Guru Indonesia Dompet Dhuafa Sumatera Selatan’, Prosiding COSECANT : Community Service and Engagement Seminar, 1.2 (2022), 88–90
Damayanti, Desy, and Ahmad Khairul Nuzuli, ‘Evaluasi Efektivitas Penggunaan Teknologi Komunikasi Dalam Pengajaran Metode Pendidikan Tradisional Di Sekolah Dasar’, Journal of Scientech Research and Development, 5.1 (2023), 208–19 <https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i1.130>
Dewantara, Pandu, and Dewi Surani, ‘Pengaruh Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Adobe Premiere Pro Pro Dalam Meningkatkan Kreatifitas Siswa Kelas XI Melalui Project-Based-Learning (PBL) Di SMKN 1 KOTA SERANG’, Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10.2 (2023), 84 <https://doi.org/10.30998/fjik.v10i2.16668>
Ginusti, Gallis Nawang, ‘The Implementation of Digital Technology in Online Project-Based Learning during Pandemic: EFL Students’ Perspectives’, J-SHMIC : Journal of English for Academic, 10.1 (2023), 13–25 <https://doi.org/10.25299/jshmic.2023.vol10(1).10220>
Imbar Nursetyo, Kunto, Diana Ariani, and Hanin Khalidah, ‘Merancang Flowchart Gamifikasi Pembelajaran’, Jurnal Pembelajaran Inovatif, 6.2 (2023), 81–87 <https://doi.org/10.21009/jpi.062.11>
Listiyoningsih, S, … D Hidayati - Jurnal Ilmiah Profesi, and undefined 2022, ‘Strategi Guru Menghadapi Transformasi Digital (Digital Teachers’ Strategies to Face Digital Transformation)’, Jipp.Unram.Ac.Id, 7.2b (2022), 655–62 <http://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/389>
Nasution, Hasan Bakti, Yusnaili Budianti, and Muhammad Zulham Munthe, ‘Bukhari Iskandar and His Work of Islamic Education in Labuhanbatu’, JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 8.2 (2023), 866–75 <https://doi.org/10.31851/jmksp.v8i2.12504>
Paramita, Adi Suryaputra, Indra Maryati, and Laura Mahendratta Tjahjono, ‘Perancangan Infrastruktur Teknologi Informasi Untuk Aplikasi Penilaian Kolaboratif Pada Perguruan Tinggi’, Technomedia Journal, 8.1 (2023), 1–10 <https://doi.org/10.33050/tmj.v8i1.1933>
Yuangga, Kharisma Danang, ‘Transformasi Digital Dalam Pendidikan Ekonomi: Menyiapkan Generasi Muda Untuk Menghadapi Tantangan Ekonomi Digital’, JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6.6 (2023), 4507–17 <https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2410>
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Muhammad Zulham Munthe, Dwina Putri , Jupriaman
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International