PENGARUH METODE MENDONGENG TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AR-RAUDHATUL JANNAH SIGAMBAL
DOI:
https://doi.org/10.58822/tbq.v8i1.193Kata Kunci:
Metode Mendongeng, Perkembangan BahasaAbstrak
Pengaruh Metode Mendongeng Dapat Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Di TK Ar-Raudhatul Jannah Sigambal. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah metode mendongeng dapat berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak di TK Ar-Raudhatul Jannah Sigambal dan berapa besar pengaruh metode mendongeng dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak di TK Ar-Raudhatul Jannah Sigambal.
Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Kuantitatif dengan pre test post test control design group. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan total sampling yakni dengan melibatkan seluruh peserta didik TK Ar-Raudhatul Jannah Sigambal yang berjumlah 40 siswa. Sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu 20 siswa kelas control dan 20 siswa kelas eksperimen.
Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS versi 23 untuk uji Normalitas, uji Homogenitas, dan uji Hipotesis. Peningkatan perkembangan bahasa anak kelas kontrol pada tema binatang dan tidak diberikan perlakuan metode mendongeng diperoleh nilai rata-rata pre tes sebesar 5.1 dan nilai rata-rata post tes sebesar 7,65. Peningkatan perkembangan bahasa anak kelas eksperimen pada tema binatang dengan menggunakan metode mendongeng diperoleh nilai rata-rata pre tes sebesar 4,7 dan nilai rata-rata post tes sebesar 9,85. Hasil pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji t, yaitu uji satu pihak dengan taraf signifikan 5%. Uji pengaruh nilai post-tes kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh thitung = 4,762 sedangkan ttabel = 2,10092 atau thitung ≥ ttabel ( 4,762 ≥ 2,10092) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak artinya terdapat pengaruh metode mendongeng terhadap peningkatan perkembangan bahasa anak TK Ar-Raudhatul Jannah Sigambal.
Referensi
Abdullah SaniRidwan, 2013, Inovasi Pembelajaran, Bumi Aksara, JakartaRukiyah, 2018, Dongeng, Mendongeng dan Manfaatnya, ISSN : 2598-3040Vol.2, Universitas Diponegoro, Semarang
Affandi Muhammad dkk, 2013, Model dan metode pembelajaran di sekolah, Unissa Press, Semarang
AsmawatiLuluk, 2014, Perencanaan Pembelajaran PAUD, PT.Remaja Rosdakarya, Bandung
Beaty J Janice, 2014, Observasi Perkembangan Anak Usia Dini, Kencana, Jakarta
Dalman, 2014, keterampilan membaca, Rajawali, Jakarta
Darmawan, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, PT Remaja Rosdakarya, Bandung
DhieniNurbiana dkk, 2018,Metode Pengembangan Bahasa, Universitas Terbuka, Tangerang Selatan
HildayaniRini dkk, 2015, Psikologi Perkembangan Anak, Universitas Terbuka. Tangerang selatan
Hoff Erika, 2014, Language Development, Wadsworth Cengage Learning, United
Holiya, FadilDjamali, 2018, Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Peningkatan Kosakata Anak Usia Dini di TK Berdikari Sukorambi Jember, Vol 2, Nomor 1, ISSN: 2614-4387, JECIE, Jember
HurlockBElizabeth, 2014, Psikologi Perkembangan, Erlangga, Jakarta
Karmila Mila & Purwadi, 2019, Pembelajaran Bahasa untuk Anak Usia Dini,UPT
Kultsum Umi, 2018, Pendidikan dalam kajian hadits tekstual dan kontekstual, Cinta Buku Media, Tangerang Selatan
Mansur, 2014, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, Pustaka Pelajar, Yogyakarta
Marliani Rosleny, 2015, Psikologi Perkembangan, CV. Pustaka Setia, Bandung
Masturoh Imas dan Anggita T Nauri, 2018, Metodologi Penelitian Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta
Musthofa Yanto, 2017, Bahasa Mencerdaskan Bangsa, Yayasan batutis Al-ilmi, Bekasi
Nuryadi, 2017, Dasar-dasar Statistik Penelitian, Sibuku Media, Yogyakarta
Pedoman Penilaian Pembelajaran AUD, 2015, Direktorat pembinaan Pada AnakUsia Dini, Penerbitan Universitas PGRI Semarang Press, Semarang
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014. Jakarta
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014. Jakarta
Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 137 Tahun 2013. Jakarta
PuspitasariNur Aini, dkk, 2018, Keterampilan Mendongeng, Nuansa Grafika, Jakarta Selatan
Rimsasi Dwi Suryani, 2018, Menganalisis metode pembelajaran dongeng, Universitas Muhammadiyah, Sidoarjo
Rohmadi Muhammad dkk, 2016, Soft skill & spiritual skill pustakawan dalam layanan prima pustaka, ISI Press, Surakarta
Sareb PutraMasri, 2018, Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini, Indeks, JakartaYunny Wulandari Komang Tatis, 2018, Pengaruh Terapi Bercerita Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Pra sekolah, Vol 6, Nomor 1, ISSN: 2303-1298, Universitas Udayana, Bali
Sudjono Anas, 2018, Pengantar Statistik Pendidikan, PT Raja Grafindo Persada, Depok
Sugiyono, 2014,Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabet Bandung
Sukardi, 2017, Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta, Bumi Aksara
Suryadi, Dahlia, 2014, Implementasi dan Inovasi Kurikulum PAUD 2013, PT Remaja Rosdakarya, Bandung
SusantoAhmad, 2014, Perkembangan Anak Usia Dini, Kencana
Suyadi, Ulfa Mulidya, 2016, Konsep dasar PAUD, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung
Taufiqurrahman Safikri & Suyadi, 2019, Analisis Aspek Perkembangan Bahasa Anak UsiaDasar dalam Proses Pembelajaran, Jurnal Pendidikan, Vol.8, ISSN 2549-6611, UIN Ar-Rainy Banda Aceh
UlfaZakariyah, 2019, Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini, Ar-Ruzz Media, Yogyakarta
Undang-undang No 20 tahun 2003, tentang Sitem Pendidikan Nasional pasal 28 ayat (1). Jakarta
UptonPenney, 2012, Psikologi Perkembangan, Erlangga. Bandung
Wandi Sustiyo dkk, 2013, Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga di SMA Karangturi Kota Semarang, Journal Of Physical Education, Vol 2, ISSN: 2252-6773, Semarang
Widoyoko, 2012, Tehnik Penyusunan Instrument Penelitian, Pustaka Pelajar, Yogyakarta
Wijana D Widarmi, 2013, Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Terbuka, Tangerang Selatan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Elly Agustina, Suryatik, Azhar, Jupriaman
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International