PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP MOTIVASI BELJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SD NEGERI 112317 TUBIRAN KECAMATAN MARBAU KABUPATEN LABUHANBATU UTARA T.P 2022/2023

Penulis

  • WAHYUNI HALIMATUSYAHDIYAH STITA
  • leli hasanah lubis
  • Ali Sadikin Ritonga
  • Muhammad Zulham Munthe

DOI:

https://doi.org/10.58822/tbq.v8i2.191

Kata Kunci:

Model, Tipe Picture and Picture, Motivasi Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Interaktif Tipe Picture and Picture Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SD Negeri 112317 Tubiran Kecamatan Marbau Kabupaten Labuhanbatu Utara Tahun Pelajaran 2022/2023 Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif (Quasi Experiment) dengan sampel penelitian dengan tehnik total sampling, Kelas III Seluruhnya berjumlah 30 Siswa sebagai kelas kontrol dan kelas Eksperimen peneliti melaksanakan kegiatan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture  (menyajikan gambar, tanya  jawab, diskusi).

                        Instrumen penelitian menggunakan tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal  dan dilaksanakan oleh siswa SD Negeri 112317 Tubiran sebanyak 30 peserta yang valid dalam soal tersebut ada 14  soal, jadi peneliti mengambil 14 soal yang valid untuk menjadi alat ukur penelitian. Teknik analisis data menggunakan uji t berpasangan dengan taraf signifikan a=0,05 Hasil Uji Hipotesis data Post Test penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual diperoleh thitung >ttabel (1,900>2,019). Sehingga Ha diterima H0 ditolak. Maka terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada Perubahan Pada Makluk Hidup SD Negeri 112317 Tubiran Kcematan Marbau Kabupaten Labuhanbatu Utara tahun pelajaran 2022/2023.

Referensi

Agama RI, Departemen, 2000, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Jakarta.

A.M, Sardiman, 2014, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Rajawali Pers, Jakarta.

Alizamar, 2016, Teori Belajar dan Pembelajaran, Media Akademi,Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi, 2013, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.

Djali, 2017, Psikologi Pendidikan, PT Bumi Aksara, Jakarta.

Fillmore H. Standford, Sardiman, 2018, Motivasi Belajar, Mangkunegara, Rajawali Pers, Jakarta.

Hamadayana, 2014, Model-model Pengajaran danPembelajaran,Pustaka Pelajar,Yogyakarta.

Hamalik,Oemar, 2014, Kurikulum dan Pembelajaran, PT Bumi Akasara, Jakarta.

Hanaky, Hujair AH, 2013, Media Pembelajan Interaktif-Inovatif, Kaukaba Dipantara, Yogyakarta.

Hidayat, 2017, Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Kemampuan Menulis,Pustaka Pelajar,Bogor.

Huda, 2013, Model-model Pengajaran dan Pembelajaran,Pustaka Pelajar,Yogyakarta.

Ismi Yulizar, Siti Aminah Hasibuan, 2022, Hasil Belajar dan Model Pembelajaran Talking Stick, Tarbiyah bil Qalam, STITA Labuhanbatu, Vol.VI, Edisi.1.

Jusmawati, 2019, Manajemen Kelas, CV. AA.Risky, Banten.

Komara, Endang, 2014, Belajar dan Pembelajaran interaktif, PT Refika Aditama, Bandung.

M.Sobry Sutikno, Pupuh Faturrohman , 2014, Strategi Belajar Mengajar,Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Pemahaman Konsep Umum dan Islami, PT Rafika Aditama, Bandung.

Majid, Abdul, 2017, Strategi Pembelajaran, PT Remaja Rosda Karya, Bandung.

Mudjiono, Dimyati, 2015, Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta.

Normawati, Feni, 2020, Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik, Tulungagung.

Rusman, 2017, Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Kencana, Jakarta.

Rustaman,Nurhayani, 2018, Materi dan Pembelajaran IPA SD, Universitas Terbuka,Tanggerang Selatan.

Sahbuki Ritonga, 2022, Minat dan Motivasi Dalam Menentukan Pilihan, Tarbiyah bil Qalam, STITA Labuhanbatu, Vol.VI , Edisi.1.

Sardiman, 2018, Motivasi Belajar, Rajawali Pers, Jakarta.

Shoimin, 2014, Model-model pengajaran dan Pembelajaran, Pustaka Pelajar,Yogyakarta.

Sugiyono, 2018, Metode Pengumpulan Data, Stei Indonesia, Jakarta.

Suprijono, 2014, Model-model Pengajaran dan Pembelajaran, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Suryabrata, Sumadi, 2014, Psikologi Pendidikan, Rajawali Pers, Jakarta.

Suryani, Nunuk, dkk, 2018, Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya, PT Remaja Rosda Karya, Bandung.

Susilawati, 2018, Implemetasi Model Pembelajaran Picture and Picture, kaukaba Dipantara, Yogyakarta.

Wali, Ahmad, 2017, Strategi Pembelajaran IPA, Pustaka Belajar, Yogyakarta.

Widodo, 2015, Evaluasi Program Pembelajaran, Pustaka Belajar, Yogyakarta.

Yulistiani, 2014, Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Kemampuan Menulis, Pustaka Pelajar,Bogor

Diterbitkan

2024-12-25

Cara Mengutip

WAHYUNI HALIMATUSYAHDIYAH, leli hasanah lubis, Ali Sadikin Ritonga, & Muhammad Zulham Munthe. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP MOTIVASI BELJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SD NEGERI 112317 TUBIRAN KECAMATAN MARBAU KABUPATEN LABUHANBATU UTARA T.P 2022/2023. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 8(2). https://doi.org/10.58822/tbq.v8i2.191