PENGARUH PERMAINAN PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA ASSIDDIQI AEK HITETORAS
DOI:
https://doi.org/10.58822/tbq.v8i1.189Kata Kunci:
Permainan Puzzle, Perkembangan KognitifAbstrak
Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Perkembangan Kognitif Pada Anak Kelompok 5-6 Tahun di RA Assiddiqi Aek Hitetoras.
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Apakah permainan puzzle dapat berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak di RA Assiddiqi Aek Hitetoras, Seberapa besar pengaruh permainan puzzle dapat berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak di RA Assiddiqi Aek Hitetoras. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan puzzle dapat berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak di RA Assiddiqi Aek Hitetoras Tahun Ajaran 2021/2022.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pre-tes post tes control design group. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan total sampling yakni dengan melibatkan seluruh peserta didik RA Assiddiqi yang berjumlah 30 orang. Sampel dibagi 2 kelompok yaitu 15 orang kelas kontrol dan 15 orang dikelas eksperimen.
Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS versi 23 untuk uji Normalitas, Homogenitas dan uji Hipotesis. Perkembangan kognitif peserta didik pada kelas kontrol saat pre tes diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,13 dan pada saat post tes diperoleh nilai rata-rata sebesar 6,27. Perkembangan kognitif peserta didik pada kelas eksperimen saat pre tes diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,27 dan pada saat post tes diperoleh nilai rata-rata sebesar 7,33.
Terdapat pengaruh permainan puzzle terhadap perkembangan kognitif peseta didik RA Assiddiqi Aek Hitetoras. Hal ini dapat dilihat dari pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji t, yaitu uji satu pihak dengan taraf signifikan 5%. Uji t satu pihak dimana harga thitung 4,824 dan diketahui ttabel 2,048. Maka kriteria pengujian adalah jika thitung > ttabel maka Ha diterima artinya terdapat pengaruh permainan puzzle terhadap perkembangan kognitif anak.
Referensi
Abdul Mu’thi Abdullah Muhammad, 2017“Be a Genius Teacher”, Terj. Najib Junaidi, Pustaka Elba, Surabaya.
Ahmadi Rulam, 2016, Pengantar pendidikan asas dan filsafat pendidikan, Ar-Ruzz Media,Yogyakarta.
Arikunto Suharismin, 2014, Prosedur Penelitian, Rineka Cipta,Jakarta.
Bukhari, Suryatik, 2021, Metode Dan Model Pembelajaran, Cv Manhaji, Medan.
Darmawan, 2016, Metode Penelitian Kuantitatif, PT Rosdakarya, Bandung.
Demianus, dkk, 2016, Perkembangan Cara Berpikir Anak Usia 2-7 Tahun dengan Menebak Gambar dan Ukuran Melalui Video dengan Teori Kognitif, Jurnal Jafrayy.
Desmita, 2018, Psikologi Perkembangan, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Eralingua, 2017, Keefektifan Penggunaan Media Gambar Puzzle dalam Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana, Volume 1 No 1, Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, Universitas Negeri Makassar, Makassar.
Fadillah M, 2017, Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini, PT Fajar Interpratama Mandiri, Jakarta.
Hermansyah Trimantara, 2019, Megembangkan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun melalui Alat Permainan Edukatif Puzzle”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 2 No. 1
Imas Masturoh, Nauri Anggita T, 2018, Metodologi Penelitian Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.
Holiya, Fadil Djamali, 2018, Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Peningkatan Kosakata Anak Usia Dini di TK Berdikari Sukorambi Jember, Vol 2, Nomor 1, ISSN: 2614-4387, JECIE, Jember.
Jamil Sya’ban, 2018, ayah bunda kapan kita bisa bermain bersama, Bandung Metagraf, Bandung.
Khadijah, 2016, Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini dan Ukuran Melalui Video dengan Teori Kognitif, Jurnal Jafrayy, Perdana Mulya Sarana, Medan.
Khiyarusoleh Ujang, 2016, Konsep Dasar Pengembangan Kongnitif Pada Anak Menurut Piaget, Jurnalc Dia Lektika Jurusan PGSD, Vol.5 No.1, Universitas Peradaban, Jawa Tengah.
Mahardika, 2016, Permainan Edukatif dengan Media Puzzle Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Umur 4-5 tahun TK Islamiyah, Vol 2 No 10, ISSN 2715-2723, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Universitas Tanjungpura, Pontianak.
Musfiroh Tadkiroatun, 2014, Teori dan Konsep Bermain, Universitas Terbuka, Jakarta.
Nuryadi, 2017, Dasar-dasar Statistik Penelitian, Sibuku Media, Yogyakarta.
Paikoh Elo, 2019, Penerapan Metode Bermain P
uzzle dalam Meningkatkan Kognitif pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kasih Ibu Krawangsari Natar Lampung Selatan Tahun Ajaran 2013/2014, Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung.
Sudjono Anas, 2018, Pengantar Statistik Pendidikan, PT Raja Grafindo Persada, Depok.
Ritonga Sahbuki, 2020, Kinerja Guru dan karakter anak usia dini, dosen pada program studi pendidikan islam anak usia dini (PIAUD), Sekolah tinggi ilmu tarbiyah Al-Bukhary (STITA) Labuhanbatu Sumatera Utara, Vol IV, Edisi 2 Juli-Desember
Rohani, 2020, Pengaruh Media Kartu Angka Bergambar Terhadap Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di Paud Tunas Bangsa Pulau Intan, STITA Labuhanbatu, Sumatera Utara.
Rosma, 2016,“ Penanganan Anak Hiperaktif melalui Terapi Permainan puzzle (study kasus) di TK Pratama Kids Sukabumi Bandar Lampung”, Institut Agama Islam Negeri Lampung, Lampung.
Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabet, Bandung.
Sukmadinata Nana Syaodih, 2017, Metode Penelitian Pendidikan, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Syah Muhibbin, 2013, Psikologi Belajar, ,Raja Grapindo PersadaEdisi Revisi, Jakarta.
Supena Asep, 2018, Pedoman Penilaian Pembelajaran AUD, Direktorat Pembinaan Pada Anak Usia Dini, Jakarta.
Suyadi, 2014, Teori Pembelajaran Anak Usia Dini dalam kajian neurosains, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Suyadi, 2015, Konsep Dasar Paud, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Tadjuddin Nilawati, 2014,Meneropong perkembangan Anak Perspektif Al-quran, Herya Medik, Depok.
Ulfa Maulidya, 2018, Bermain dan Permainan Anak, IAIN Syekh Nurjati, Cirebon.
Wandi Sustiyo, 2013, Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga di SMA Karangturi Kota Semarang, Journal Of Physical Education, Vol 2, ISSN: 2252-6773, Semarang.
Widoyoko, 2012, Tehnik Penyusunan Instrument Penelitian, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Wulandari Heny, 2014, Kesehatan& Gizi Untuk Anak Usia Dini, Fakta Press, Bandar Lampung.
Yudha, Rudyanto, 2016, Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK, Depdiknas, Bandung
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 AMALIA NURHAKIKI, Bukhari Is, Abdullah, Muhammad Zulham Munthe
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu by Tarbiyah bil Qalam is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International