PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASISPROYEK TERHADAP KREATIVITAS SISWA DI MIS MIFTAHUL HIDAYAH PADA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Penulis

  • Nurulita Hasanah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu Sumatera Utara
  • Galih Orlando Sekolah Tinggi Ilmu TarbiyahAl-BukharyLabuhanbatu Sumatera Utara
  • Yuli Yani Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu Sumatera Utara
  • Muhammad Zulham Munthe Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Bukhary Labuhanbatu Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.58822/tbq.v8i1.188

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Berbasis proyek, Kreativitas.

Abstrak

Pengaruh Model PembelajaranBerbasisProyekTerhadapKreativitasSiswa di MIS Miftahul Hidayah Pada Tahun Pelajaran 2022/2023. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Sekolah Tinggi IlmuTarbiyah Al-Bukhary (STITA) Labuhanbatu.

Masalah yang menjadipokokutamadalampenelitianiniadalahapakahterdapatpengaruh dan seberapabesarpengaruh yang diterapkandari model pembelajaranberbasisproyekterhadapkreativitassiswa pada matapelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP). Penelitianinibertujuanuntukmembuktikansignifikansidaripengaruh model pembelajaranberbasisproyekterhadapkreativitassiswa di MIS Miftahul Hidayah Sumber Mulyo, KecamatanMarbau, KabupatenLabuhanbatu Utara.

                Penelitianinimenggunakanmetodekuantitatif, penelitianinidilaksanakan di sekolah MIS Miftahul Hidayah dengansampelsebanyak 35 siswa. Instrumenpengumpulan data yang digunakandalampenelitianiniyaituobservasi, dokumentasi dan angketkreativitassiswadenganmenggunakanskalalikert. Adapun teknikanalisis data yang digunakandalampenelitianiniadalah uji hipotesis.

Hasil penelitianmenunjukkanbahwapenggunaan model pembelajaranberbasisproyek sangat berpengaruh dan efektifuntukmeningkatkankreativitas, semangatbelajar dan mutusiswa di MIS Miftahul Hidayah. Kelayakandalammenerapkan model pembelajaranberbasisproyekinidapatdilihatdarihasil uji hipotesismenggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) denganmemperolehnilaithitung = 2,183 sedangkanttabel = 2,035, sehingga Ha diterima dan Ho ditolakataubisadikatakanterdapatpengaruh yang signifikandari model pembelajaranberbasisproyekterhadapkreativitassiswa

Referensi

Ahmad Rafiq, 2020, Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat, Global Komunika, Jakarta, Vol.1, No.1.

AhyarDasep Bayu, 2021, Model-Model Pembelajaran, Pradina Pustaka, Bakipandeyan, Jawa Tengah.

Anggraini Dewi Putri, Siti Sri Wulandari, 2020,Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa, Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), Vol.9, No.2, doi.10.26740

ArikuntoS, 2017, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

FitriHasanatul dkk, 2022, Analisis Pembelajaran SBdP Menggunakan Model Project Based Learning Terhadap Kreativitas Peserta Didik Di Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol.6, No.2.

HidayatAhmad, 2021, Menulis Narasi Kreatif Dengan Model Project Based Learning Dan Musik Instrumental Teori Dan Praktik Di Sekolah Dasar, Deepublish.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), 2022, Pengertian Seni Budaya, jenis-jenis, Fungsi Dan Contohnya.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017, Kamus besar bahasa indonesia badanpengembangan dan pembinaan bahasa.

KabanHermawan Raka dkk, 2020, Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar,Jurnal Basicedu, Vol.5, No.1 doi.10.31004.

LovisiaEndang, 2018, Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar, Science and Physics Education Journal (SPEJ), Vol.2, No.1, doi.10.31539.

M. Mansyur, 2022, Keterampilan Seni Rupa SD, Deepublish, Yogyakarta.

NoviyanaHesti, 2017, Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa, JURNAL E-dumath, Vol.3, No.2, doi.10.26638.

Pujiasti Asri Dea, 2022, Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Kolase Mata Pelajaran SBDP Di Kelas IV SD, Elementary: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, Vol.2, No.2, doi.10.51878.

SalamSofyan dkk, 2020, Pengetahuan Dasar Seni Rupa, Badan Penerbit UNM, Makassar

Sari Taula Rona, Angreni Siska, 2018, Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa, jurnal varidika, Vol.30, No.1, doi.10.23917.

Tinenti Rosinda Yanti, 2018,Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) Dan Penerapannya Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas, Deepublish, Yogyakarta.

Undang-undang Republik Indonesia, Nomor 20 tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional.

Pekerti Widia dkk, 2021, Metode Pengembagan Seni, Universitas Terbuka, Tangerang.

Diterbitkan

2024-06-25

Cara Mengutip

Nurulita Hasanah, Galih Orlando, Yuli Yani, & Muhammad Zulham Munthe. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASISPROYEK TERHADAP KREATIVITAS SISWA DI MIS MIFTAHUL HIDAYAH PADA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 8(1). https://doi.org/10.58822/tbq.v8i1.188