MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI UNTUK KELAS V MIS AL - AZHAR BAR DIAGRAM MEMANFAATKAN MEDIA UMUM.
DOI:
https://doi.org/10.58822/tbq.v7i2.167Kata Kunci:
Kata Kunci: Minat Dan Keterampilan Membaca Audio VisualAbstrak
Kajian ini berencana untuk menentukan (1) tingkat minat membaca puisi dengan menggunakan media umum, (2) tingkat kemampuan membaca puisi siswa kelas 5 MIS Al-Azhar Bagan Sharp edge menggunakan media umum. Ujian ini dipimpin di MIS Al-Azhar Bagan Sharp edge pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dalam ulasan ini, hanya terbatas pada masalah "Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat". Ilmuwan memanfaatkan media umum untuk membangun keunggulan dan kemampuan siswa dalam memahami puisi. Spekulasi penelitian ini adalah: (1) pemanfaatan media umum dapat membangun keunggulan siswa dalam memahami puisi,
pemanfaatan media umum dapat lebih mengembangkan kemampuan membaca siswa dalam memahami puisi. Nilai normal pada kondisi dasar sebelum penggunaan media umum dalam pembelajaran adalah 66 dan pada siklus utama terdapat peningkatan nilai normal siswa menjadi 72,5. Hal ini menunjukkan peningkatan kemampuan membaca puisi siswa dengan pemanfaatan media umum sebesar 6,5 tempat. Peningkatan kemampuan membaca syair diperoleh dari korelasi nilai normal siswa pada kondisi dasar dengan nilai normal pada siklus primer. Pada siklus kedua nilai normal kemampuan membaca puisi siswa meningkat menjadi 77,5, hal ini menunjukkan peningkatan 5 poin dari siklus utama. Dengan demikian, peningkatan yang terjadi tidak hanya pada kelebihan siswa dan kemampuan pemahaman puisi saja, tetapi jumlah siswa yang mencapai KKM 75 juga meningkat. Kondisi yang mendasarinya adalah tingkat siswa yang sampai di KKM ada 5 siswa yang sampai di KKM (20%) dan 5 siswa yang belum sampai di KKM (setengah). Pada siklus utama terdapat 5 siswa yang mencapai KKM (setengah) dan lebih dari 5 siswa yang belum mencapai KKM (setengah) peningkatannya adalah 20%. Pada siklus II terdapat 7 siswa yang mencapai KKM (70%) dan lebih dari 3 siswa yang belum mencapai KKM (30%), hal ini menunjukkan adanya peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM. sebesar 20%.
Referensi
Al-Quranul Karim.
Adi Suprayitno, 2020, Menyusun PTK ERA
0, CV Budi Utama, Yogyakarta,
Andayani, Yayuk, 2008. Kuliah Seminar
Kimia. Mataram Pustaka : FKIP Unram.
Departemen Pendidikan Nasional.
(2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia
Pusat
Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia
Pustaka Utama.
E Mulyasa, 2005. Menjadi Kepala Sekolah
yang professional, Penerbit CV Budi
Utama Bandung.
Emi Tiningsih, 2020, Mariaunus Subandowo dan Rertno Danu Rusmawati, Pengembangan Permainan Kartu Hurus Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Siswa Kelompok A. Jurnal Education and development. Vol 8. No 2.
Indri Mulyani. 2008, Peningkatan Kemampuan
Membaca Permulaan Melalui Media,
Permainan Kartu Huruf Siswa Kelompok
B DI TK Aba Miliran Kelurahan
Mujamuju. Jurnal Pendidikan Siswa Usia
Dini, Vol 7, No 2. P-ISSN: 1411-8173 E-
ISSN: 2528-5092
Khusnul Laely, 2013, Peningkatan
Kemampuan Membaca Permulaan
Melalui Penerapan Media Kartu Gambar.
Vol 7. Edisi 2, P-ISSN 1693-1602 E-
ISSN 2503-0566
Lexy J. Moleong. 2002 Metodologi Penelitian
Kualitatif, Penerbit Remaja Rosdakarya
Karawang
Mohammad Fauziddin dan Makhyatul Fikriya, 2020, Mengenal Kosakata Bahasa Arab Melalui Kartu Huruf Hijaiyah Yang Dilengkapi Kosakata. Jurnal For Aerly Childhood Education Research. Vol 1. No 1, (2020).
Nining Hadini, 2017, Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Melalui kegiatan Permainan Kartu Kata Di Tk Al-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur, Jurnal Empowerment, Vol 6 No 1
Nurul Hidayah, 2020, Membangun Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Bermain Kartu Huruf. jurnal eL-Santry. Vol 1. No 1
Rrizky Agustina, 2014, Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Siswa Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf Kelompok A di RA Muslimat NU Donorojo 1Mertoyu dan Magelang,
Suharsimi Arikunto, 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta
: Rineka Cipta.
Sumarni,2015, Penigkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Kerja Kelompok Dalam Pembelajaran Ipa Disekolah Dasar, pontianak, Hal 4
Tri rahayu, 2014. Perkembangan kemampuan membaca anak berdasarkan alat evaluasi
membaca berbasis portofolio. FPBS ,U1Sadiman, A.S, 2009, Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Penerbit: Rajawali Pers, Jajkarta.