MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI UNTUK KELAS V MIS AL - AZHAR BAR DIAGRAM MEMANFAATKAN MEDIA UMUM.

Penulis

  • Suliyana Mahasiswa PGMI
  • Jupriaman
  • Yuliyani

DOI:

https://doi.org/10.58822/tbq.v7i2.167

Kata Kunci:

Kata Kunci: Minat Dan Keterampilan Membaca Audio Visual

Abstrak

Kajian ini berencana untuk menentukan (1) tingkat minat membaca puisi dengan menggunakan media umum, (2) tingkat kemampuan membaca puisi siswa kelas 5 MIS Al-Azhar Bagan Sharp edge menggunakan media umum. Ujian ini dipimpin di MIS Al-Azhar Bagan Sharp edge pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dalam ulasan ini, hanya terbatas pada masalah "Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat". Ilmuwan memanfaatkan media umum untuk membangun keunggulan dan kemampuan siswa dalam memahami puisi. Spekulasi penelitian ini adalah: (1) pemanfaatan media umum dapat membangun keunggulan siswa dalam memahami puisi,

pemanfaatan media umum dapat lebih mengembangkan kemampuan membaca siswa dalam memahami puisi. Nilai normal pada kondisi dasar sebelum penggunaan media umum dalam pembelajaran adalah 66 dan pada siklus utama terdapat peningkatan nilai normal siswa menjadi 72,5. Hal ini menunjukkan peningkatan kemampuan membaca puisi siswa dengan pemanfaatan media umum sebesar 6,5 tempat. Peningkatan kemampuan membaca syair diperoleh dari korelasi nilai normal siswa pada kondisi dasar dengan nilai normal pada siklus primer. Pada siklus kedua nilai normal kemampuan membaca puisi siswa meningkat menjadi 77,5, hal ini menunjukkan peningkatan 5 poin dari siklus utama. Dengan demikian, peningkatan yang terjadi tidak hanya pada kelebihan siswa dan kemampuan pemahaman puisi saja, tetapi jumlah siswa yang mencapai KKM 75 juga meningkat. Kondisi yang mendasarinya adalah tingkat siswa yang sampai di KKM ada 5 siswa yang sampai di KKM (20%) dan 5 siswa yang belum sampai di KKM (setengah). Pada siklus utama terdapat 5 siswa yang mencapai KKM (setengah) dan lebih dari 5 siswa yang belum mencapai KKM (setengah) peningkatannya adalah 20%. Pada siklus II terdapat 7 siswa yang mencapai KKM (70%) dan lebih dari 3 siswa yang belum mencapai KKM (30%), hal ini menunjukkan adanya peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM. sebesar 20%.

Referensi

Al-Quranul Karim.

Adi Suprayitno, 2020, Menyusun PTK ERA

0, CV Budi Utama, Yogyakarta,

Andayani, Yayuk, 2008. Kuliah Seminar

Kimia. Mataram Pustaka : FKIP Unram.

Departemen Pendidikan Nasional.

(2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pusat

Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia

Pustaka Utama.

E Mulyasa, 2005. Menjadi Kepala Sekolah

yang professional, Penerbit CV Budi

Utama Bandung.

Emi Tiningsih, 2020, Mariaunus Subandowo dan Rertno Danu Rusmawati, Pengembangan Permainan Kartu Hurus Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Siswa Kelompok A. Jurnal Education and development. Vol 8. No 2.

Indri Mulyani. 2008, Peningkatan Kemampuan

Membaca Permulaan Melalui Media,

Permainan Kartu Huruf Siswa Kelompok

B DI TK Aba Miliran Kelurahan

Mujamuju. Jurnal Pendidikan Siswa Usia

Dini, Vol 7, No 2. P-ISSN: 1411-8173 E-

ISSN: 2528-5092

Khusnul Laely, 2013, Peningkatan

Kemampuan Membaca Permulaan

Melalui Penerapan Media Kartu Gambar.

Vol 7. Edisi 2, P-ISSN 1693-1602 E-

ISSN 2503-0566

Lexy J. Moleong. 2002 Metodologi Penelitian

Kualitatif, Penerbit Remaja Rosdakarya

Karawang

Mohammad Fauziddin dan Makhyatul Fikriya, 2020, Mengenal Kosakata Bahasa Arab Melalui Kartu Huruf Hijaiyah Yang Dilengkapi Kosakata. Jurnal For Aerly Childhood Education Research. Vol 1. No 1, (2020).

Nining Hadini, 2017, Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Melalui kegiatan Permainan Kartu Kata Di Tk Al-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur, Jurnal Empowerment, Vol 6 No 1

Nurul Hidayah, 2020, Membangun Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Bermain Kartu Huruf. jurnal eL-Santry. Vol 1. No 1

Rrizky Agustina, 2014, Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Siswa Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf Kelompok A di RA Muslimat NU Donorojo 1Mertoyu dan Magelang,

Suharsimi Arikunto, 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta

: Rineka Cipta.

Sumarni,2015, Penigkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Kerja Kelompok Dalam Pembelajaran Ipa Disekolah Dasar, pontianak, Hal 4

Tri rahayu, 2014. Perkembangan kemampuan membaca anak berdasarkan alat evaluasi

membaca berbasis portofolio. FPBS ,U1Sadiman, A.S, 2009, Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Penerbit: Rajawali Pers, Jajkarta.

Diterbitkan

2023-12-25

Cara Mengutip

Suliyana, Jupriaman, & Yuliyani. (2023). MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI UNTUK KELAS V MIS AL - AZHAR BAR DIAGRAM MEMANFAATKAN MEDIA UMUM. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 7(2). https://doi.org/10.58822/tbq.v7i2.167