PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS III MDTA NURUL UMMI DUSUN PURWOSARI SIGAMBAL
DOI:
https://doi.org/10.58822/tbq.v7i2.165Abstrak
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menegetahui adakah peningkatan pengaruh penggunaan media gambar terhadap motivasi belajar Siswa kelas III MDTA Nurul Ummi pada mata pelajaran Akidah Akhkak.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media gambar (X), dan variabel terikat penelitian ini adalah motivasi belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MDTA yang berjumlah 40 siswa. Teknik sampling yang digunakan peneliti ini adalah random sampling. Sampel dalam penelitian ini ada 20 siswa. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah angket dan post test siswa kelas III, dan data sekunder dalam penelitian ini adalah dokumentasi, serta arsip-arsip kegiatan yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, post test dan dokumentasi. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS V:23.
Dari Hasil penelitian Setelah dilakukan uji hipotesis untuk melihat pengaruh media gambar terhadap motivasi belajar Siswa yaitu digunakan uji t. Uji t satu pihak dimana Ha di terima dan Ho ditolak jika thitung ≥ ttabel dan Ho diterima dan Ha ditolak jika thitung ≤ ttabel. Harga thitung diperoleh 4,661 dan data ttabel diketahui 1,686. Maka kriteria pengujian data diperoleh thitung ≥ ttabel yaitu 4,661 ≥ 1,686. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan dalam penggunaan media gambar terhadap moivasi belajar pada mata pelajaran akidah akhlak Siswa kelas III MDTA Nurul Ummi Dusun Purwosari Sigambal.
Referensi
Ibrahim, 2007, Membangun Akidah dan Akhlak, Tiga Serangkai, Surakarta
Ifrianti, S & Zasti, Y “Terampil Peningkatan Motivasi Belajar PAI Melalui Metode Pembelajaran Questions Students Have pada Siswa Kelas IV SDN I Hajimena Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016”. TERAMPIL Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Vol. 3 No.1
Jamarah, S, 2017, Prestasi belajar dan kompetensi guru, surabaya, usaha Nasional Jaya, I & Ardat, 2013, Penerapan Statistik Untuk Pendidikan, Bandung: CitaPustaka
Media Pritis
Sadiman, A, ddk, 2011, Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan
Pemanfaatannya, Jakarta: Rajawali pers
Sanjaya, W, 2006, Strategi pembelajaran berorientasi stndart proses pendidikan, Jakarta, Kencana
Sudjana, 2002, Metode Statistika, Bandung: Tarsito
Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta