Pengaruh Model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Biologi

Penulis

  • Wita Ferwati Universitas Al Washliyah Labuhanbatu (UNIVA)

Kata Kunci:

Talking Stick, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar biologi dengan menggunakan model
pembelajaran talking stick. Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bilah Barat. Sampel dalam penelitian terdiri dua kelas yaitu kelas XI MIA-1 dan XI MIA-2
ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas eksperimen adalah kelas XI MIA-1 diajarkan dengan model
pembelajaran talking stick dan kelas kontrol yaitu XI MIA-2 dengan pembelajaran konvensional. Data yang digunakan
dalam penelitian ini berupa pilihan berganda yang telah divalidkan oleh validator. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa terjadi peningkatan hasil belajar yang dilihat dari nilai rata-rata ulangan harian (UH). Rata-rata Hasil ulangan
harian biologi pada kelas Eksperimen yaitu 83,67. Sedangkan di kelas kontrol Rata-rata Hasil ulangan harian biologi
yakni 55,67. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar biologi.

Diterbitkan

2022-11-30

Cara Mengutip

Wita Ferwati. (2022). Pengaruh Model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Biologi. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 3(2). Diambil dari https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/16

Terbitan

Bagian

Articles