AL-AMTSAL PROFIL KEMATANGAN AQIL BALIGH ANAK PANTI ASUHAN SITI KHADIJAH RANTAUPRAPAT
DOI:
https://doi.org/10.58822/tbq.v7i1.121Kata Kunci:
Kata Kunci –kematangan aqil baligh, kedewasaan, identitas, visi dan tujuan hidup, pengambilan keputusan, tanggung jawab, dan kematangan emosi.Abstrak
Abstract—Abstak
Kematangan aqil baligh yang menandakan anak masuk pada fase dewasa dan kematangan dengan aspek-aspek kematangan seperti identitas, visi mimpi dan tujuan hidup,, pengambilan keputusan, tanggung jawab, dan kematangan emosi. Penelitian ini dilakukan di panti asuhan putri Siti Khadijah Rantauprapat dengan jumlah sampel sebanyak 10 orang dari populasi yang berjumlah 60 orang. Dari penelitian ini sesuai dengan data yang diperoleh bisa digambarkan bahwa tingkat kematangan aqil baligh berada pada peringkat sedang atau cukup matang dengan nilai rata-rata 64. Sedangkan aspek-aspek kematangan aqil baligh seperti identitas, visi dan tujuan hidup, pengambilan keputusan, tanggung jawab, dan kematangan emosi yang semuanya itu berada pada peringkat sedang atau cukup matang dengan nilai rata rata 64. Untuk aspek identitas anak berada pada peringkat sedang atau cukup matang dengan nilai rata-rata 68. Aspek visi dan tujuan hidup anak berada pada peringkat sedang atau cukup matang dengan nilai rata-rata 66. Aspek pengambilan keputusan anak berada pada peringkat sedang atau cukup matang dengan nilai rata-rata 63. Aspek Tanggung jawab anak berada pada peringkat sedang atau cukup matang dengan nilai rata-rata 62. Aspek kematangan emosi anak berada pada peringkat sedang atau cukup matang dengan nilai rata-rata 60. Aspek kematangan yang paling tinggi ada pada aspek identitas dan aspek yang paling rendah adalah aspek kematangan emosi.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. (1997), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta
Djiwandono, Sri Esti Wuryani. (2008) Psikologi Pendidikan, Edisi Revisi, Jakarta: Grasindo.
Gunarsa, S.D., dan Gunarsa, Y.S.(2001) Psikologi Praktis: Anak, Remaja dan Keluarga, Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Hurlock, E.B. (1993) Perkembangan Anak, Jilid I Edisi ke-6, Jakarta: Erlangga,.
Jahja, Yudrik (2011) Psikologi Perkembangan, Jakarta: Kencana,
Mappiare, A. (2000) Psikologi Remaja, Surabaya: Usaha Nasional.
Monks, F.J. dan AMP Roney.(2006), Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagian, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Poniman, F. Dan Mangussara, R. A., (2012) Konsep Palugada, Apa Lu Mau Gua Ada, Jakarta STIFIn Institut
Prasetyo, B. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif : Teori dan Aplikasi. Jakarta : Raja Grafindo
Sears, R.,Rudisill, J., dan Sears Carrie, M. (2006), Consultation Skills for Mental Health Professionals, Canada, Jhon Wiley & Sons, Inc.
Sukardi, (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya Jakarta : PT. Bumi Aksara
Shaughnessy, J. J., Zechmeister, E.B., & (2000) Research Method in Psychology (5th ed). Boston: Mc Graw-Hill, Inc.
Sevilla, Consuelo et. All. (1993). Pengantar Metode Penelitian. Jakarta : Universitas Indonesia Press.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.