PERSEPSI SISWA MTs AL-BUKHARY TERHADAP PELAJARAN BAHASA INGGRIS

Penulis

  • Ismi Yulizar STIT Al-Bukhary
  • Siti Aminah STIT Al-Bukhary
  • Evi Khairunnisa Mahasiswa PGMI

DOI:

https://doi.org/10.58822/tbq.v7i1.120

Kata Kunci:

Keywords – Persepsi Siswa, Pelajaran Bahasa Inggris

Abstrak

Abstract-Abstrak

Perkembangan Bahasa Inggris di Indonesia terbilang cukup pesat, dikarenakan Bahasa Inggris telah melekat pada diri disetiap orang Indonesia. Bahasa inggris memiliki arti dan makna yang berbeda bagi setiap orang, terkhusus pada siswa di Indonesia. Persepsi yang berbeda terhadap Bahasa inggris dapat disebabkan dari sudut pandang yang berbeda-beda. Dalam menentukan segala keputusan dan perlakukan yang akan diambil untuk melakukan pengajaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, guru hendaknya mempertimbangkan persepsi siswa dan bagaimana siswa mampu memahami materi pembelajaran. Persepsi belajar siswa merupakan sudut pandang atau pemahaman siswa terhadap materi ataupun informasi yang telah diterima oleh siswa ketika kegiatan belajar berlangsung. Persepsi atau pemahaman materi yang baik dan benar akan membuat siswa mampu memahami materi pelajaran sehingga dapat mencapai kompetensi dan tujuan belajar. Pengabdian pada masyarakat yang dilakukan bertujuan untuk memberikan gambaran tentang cara pandang/persepsi yang siswa terhadap pentingnya pembelajaran bahasa Inggris pada masa sekolah. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah dengan menggunakan metode ceramah, metode diskusi, dan metode demonstrasi. . Hasil yang didapat setelah melakukan beberapa tahapan tersebut ialah dari kegiatan yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan dari seluruh pernyataan dari siswa-siswa tersebut bahwa mereka menganggap pelajaran Bahasa inggris itu penting dan ada beberapa materi yang mereka pilih sebagai materi yang mudah dan sulit. Tenses adalah materi yang mudah sedangkan pronunciation adalah materi yang sulit

Referensi

Astuti, N. T. (2017). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Penguasaan KosakataBahasa Inggris.Deiksis,9(03), 336-349

Meisani, D. R. (2021). Persepsi Siswa terhadap Penerapan Bahasa Inggris sebagai Muatan Lokal di Sekolah Dasar.Didaktika,1(2), 243-253.

Nasution, D. S., Harahap, S. D., Siregar, S. D., & Hasibuan, A. (2021). Pendampingan Bahasa Inggris Pada Anak-Anak Setingkat Sekolah Dasar Di Desa Wisata Pagaran Gala-Gala, Mandailing Natal-Sumut, Dalam Mengahadapi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea) Melalui Metode Drilling Dan Repetition.E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,1(2): 63-72

Niah, S., Syahfutra, W., & Ismanto, E. (2017). Penyamaan Persepsi Pembelajaran Bahasa Inggris Antara Guru Bahasa Inggris Dan Wali Murid Mi Al-Kifayah Pekanbaru.Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI,1(1), 36-41.

Nisa, I. F. (2020). Kebijakan dan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Inggris untuk SD di Indonesia.

Putranti, B. E., & Ambawani, S. (2019). Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Sekolah Dasar di Lingkungan Rt 37 Rw 13 Kelurahan Giwangan Kecamatan Umbulharjo.DHARMA BAKTI, 177-183.

Rahmat, H., & Fauzi, W. H. (2022). Pengenalan pembelajaran bahasa Inggris dasar untuk anak-anak di masa pandemi Covid-19.Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat,18(1), 154-165.

Munthe, M. Z., Ritonga, S., & hasanah Lubis, L. (2022). UPAYA PENINGKATAN KREATIFITAS BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AL AMTSAL DI MIS PERDAMEAN SIGAMBAL RANTAUPRAPAT. Qalam lil Mubtadiin, 1(1).

Rakhmat Jalaluddin.( 2 0 1 1 )PsikologiKomunikasi. Bandung:PTRemajaRosdakaryaWalgito,

Bimo. (2004)PengantarPsikologiUmum. Yogyakarta:AndiOffset

Yulizar, I., & Aminah, S. (2022). MENGAPA BAHASA INGGRIS MENJADI MATA PELAJARAN WAJIB DI INDONESIA.Tarbiyah bil Qalam: Jurnal Pendidikan Agama dan Sains,6(2) : 25-38

Diterbitkan

2023-07-16

Cara Mengutip

Ismi Yulizar, Siti Aminah, & Evi Khairunnisa. (2023). PERSEPSI SISWA MTs AL-BUKHARY TERHADAP PELAJARAN BAHASA INGGRIS. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 7(1). https://doi.org/10.58822/tbq.v7i1.120

Terbitan

Bagian

Articles