HUBUNGAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN LINGKUNGAN BELAJAR DI MADRASAH TSANAWIYAH ALBUKHARY RANTAUPRAPAT

Penulis

  • Dahman Hasibuan STIT Al-Bukhary Labuhanbatu

Kata Kunci:

Minat Belajar, Pendidikan Lingkungan, Madrasah Tsanawiyah.

Abstrak

Minat belajar merupakan salah satu aspek yang perlu
diperhatikan dalam proses pembelajaran, banyak penelitian
yang membahas upaya peningkatan minat belajar, namun
masalah ini masih terus menjadi dilema dalam dunia
pendidikan, oleh karena itu dalam penelitian ini diungkap
kembali sejauhmana hubungan minat belajar dengan
lingkungan belajar. Disadari bahwa pendidikan memegang
peran yang penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya
manusia, dan salah satu faktor peningkatan kualitas tersebut
adalah melalui pendidikan. Membicarakan pendidikan tidak
terlepas dari peran pendidik sebagai guru dan peran
lingkungan belajar siswa.
Guru mempunyai peran yang penting untuk menentukan
keberhasilan pendidikan, karena guru harus bisa
membangkitkan minat dan motivasi siswa untuk belajar
sehingga mudah mencapai keberhasilan belajarnya.
Lingkungan belajar meliputi sekolah, keluarga dan
masyarakat. Lingkungan selalu mengitari manusia dari waktu
ke waktu, sehingga antara manusia dan lingkungan terdapat
hubungan timbal balik dimana lingkungan mempengaruhi
manusia dan sebaliknya manusia juga mempengaruhi
lingkungan. Minat belajar peserta didik perlu ditingkatkan
terlebih-lebih minat belajar pada matapelajaran Pendidikan
Agama Islam, kerena Pendidikan Agama Islam adalah
merupakan bagian yang penting dalam peningkatan karakter
peserta didik. Dan tidak berlebihan juka matapelajaran
Pendidikan Agama Islam adalah bagian dari Character
Building bangsa. dalam proses belajar mengajar, lingkungan
merupakan sumber belajar yang berpengaruh dalam proses
belajar dan perkembangan anak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang
termasuk lingkungan belajar dan factor-faktor lingkungan
belajar apa saja yang dapat mempengaruhi minat belajar
Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah serta
sejauhmana hubungan antara minat belajar dengan lingkungan
belaj. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian korelasi
dimana penelitian yang dilakukan mengenai apa yang sedang
diamati tanpa mengubah system pelaksanaannya (Operation
Research).

Diterbitkan

2022-11-29

Cara Mengutip

Dahman Hasibuan. (2022). HUBUNGAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN LINGKUNGAN BELAJAR DI MADRASAH TSANAWIYAH ALBUKHARY RANTAUPRAPAT. Tarbiyah Bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 3(1). Diambil dari https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/10

Terbitan

Bagian

Articles